Doa Awal Tahun Baru Agar Bisa Lalui Penuh Berkah

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 1 Januari 2021 06:00
Doa Awal Tahun Baru Agar Bisa Lalui Penuh Berkah
Tahun baru telah tiba, membawa harapan baru bagi semua.

Dream - Hari ini kita sudah berada di tahun yang baru, 2021. Tentu banyak sekali harapan yang ingin kita raih di tahun ini. Terlebih banyak cobaan harus dihadapi selama tahun 2020 karena munculnya pandemi.

Mengingat 2020 merupakan tahun yang memprihatinkan, kita tidak ingin apa yang sudah terjadi terulang lagi. Namun begitu, kita patut paham pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pemerintah berencana memulai vaksinasi di pekan pertama Januari ini. Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi kita semua.

Semua berharap vaksin bisa segera datang. Dengan begitu, kehidupan dapat berangsur normal meski tidak sepenuhnya.

Tetap jalankan protokol 3M dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sebisa mungkin hindari kerumunan karena dapat menjadi media penularan.

Di tahun baru ini, kita sangat berharap kehidupan menjadi lebih baik. Mengawali tahun ini, dianjurkan membaca doa agar kita dapat meraih keberkahan.

1 dari 5 halaman

Doa Pembuka Tahun

Doa Pembuka Tahun© Dream.co.id

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwalu wa ala fadllikal adzimi wa karimi judikal mu'awwal. Wa hadza 'ammun jadidun qad aqbala. As'alukal ishmata fihi minas syaithoni wa awliya'ihi wal 'auna ala hadzihin nafsil ammarati bis su'. Wal istighala bima yuqarribuni ilaika zulfa ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

2 dari 5 halaman

Baca Doa Ini Sebelum Membuka Paket Belanja Online

Dream - Belanja online kini banyak digemari masyarakat. Tak perlu repot pergi ke toko, barang bisa dibeli melalui ponsel atau layar komputer. Apalagi sejak pandemi Covid-19 muncul. Belanja online jadi alternatif masyarakat untuk membeli barang.

Selain tidak repot, belanja online juga dinilai relatif aman karena tidak adanya interaksi tatap muka antara pembeli dan penjual.

Betapa bahagianya kita saat mendengar ucapan 'Paket' dari petugas jasa logistik. Belanja kita sudah sampai dan bisa dimanfaatkan.

Tetapi, dianjurkan untuk membaca doa ini sebelum membuka paket tersebut. Doa ini sebagai bentuk syukur kita.

 

3 dari 5 halaman

Doa Sebelum Buka Paket Belanja Online

Doa Buka Paket© Dream.co.id

Allahumma inni as'aluka khairahu wa khaira ma jubila alaihi. Wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma jubila alaihi.

Artinya,

" Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (barang ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (barang yang dimaksud) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya."

Sumber: Islami

4 dari 5 halaman

Doa Rasulullah yang Selalu Dibaca Setiap Usai Sholat

Dream - Doa setelah sholat sangat dianjurkan dilakukan setiap muslim. Inilah waktunya kita berzikir dilanjutkan memanjatkan doa karena termasuk salah satu waktu yang dianggap mustajab.

Dengan berzikir dan berdoa, kita punya kesempatan lebih lama berinteraksi dengan Allah. Lebih lama waktu untuk khusyuk mengingat Allah.

Ada banyak jenis zikir dan doa yang bisa dibaca usai sholat. Bahkan kita bisa memohon apapun kepada Allah.

Rasulullah Muhammad SAW punya satu doa yang diajarkan kepada umatnya. Doa ini dibaca setiap kali selesai sholat.

 

5 dari 5 halaman

Doa Rasulullah Usai Sholat

Doa Usai Sholat© Dream.co.id

Allahumma inni as aluka fi'lal khoirati wa tarkal munkarati wa hubbal masakin. Wa idza aradta bi 'ibadika fitnatan, faqbidhni ilaika ghoira maftunin.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq untuk bisa mengamalkan semua kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, dan bisa mencintai orang-orang miskin. Jika Engkau menghendaki untuk menimpakan ujian (fitnah) bagi hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah aku, tanpa terkena fitnah itu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar