Doa Mengusir Kekhawatiran Akibat Pandemi Corona

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 April 2020 06:01
Doa Mengusir Kekhawatiran Akibat Pandemi Corona
Khawatir membuat hidup tak tenang.

Dream - Pandemi virus corona Covid-19 telah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hingga ke kampung-kampung.

Angka penderita Covid-19 dari hari ke hari terus meningkat. Bukan hanya di DKI Jakarta namun juga daerah lain.

Kondisi semacam ini tentu membuat kita merasa khawatir. Meski sudah melakukan upaya pencegahan, ada ketakutan jika sampai tertular.

Kekhawatiran tertular atau mungkin menulari orang lain itulah yang membuat orang berusaha tinggal di rumah. Mencegah keluarga kita yang dekat maupun jauh di kampung halaman menerima akibat kesembronoan kita nekat pergi di saat ada wabah.

Sebaik-baiknya mengusir kecemasan dan kekhawatiran ini hanyalah dengan berdoa memohon pelrindungan Allah SWT. Untuk meminta dihilangkan rasa takut itu, dianjurkan membaca doa ini. 

1 dari 5 halaman

Doa Usir Kekhawatiran

 Doa Tak Khawatir© dream.co.id

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang."

2 dari 5 halaman

Doa Mohon Kelancaran Rezeki di Tengah Himpitan Pandemi Corona

Dream - Saat ini, sebagian dari saudara kita mungkin mengalami kesulitan mencari rezeki. Salah satu penyebabnya, pandemi virus corona.

Banyak orang diminta berdiam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sejumlah instansi pemerintah maupun perusahaan swasta mewajibkan karyawan bekerja dari rumah.

Demikian pula yang terjadi pada dunia pendidikan. Aktivitas belajar mengajar dijalankan jarak jauh melalui jaringan internet.

Sayangnya, ada sebagian saudara kita yang bisa terus berada di rumah. Mereka harus berada di luar rumah untuk mencari nafkah.

Para pedagang asongan, pedagang sayur, dan seluruh pekerja sektor informal terkena dampak dari wabah ini. Pendapatan mereka turun drastis akibat semakin sedikit orang belanja ataupun bepergian ke luar rumah.

Dalam kondisi ini, hal yang bisa dilakukan adalah memohon kepad Allah agar situasi kembali pulih dan virus corona segera lenyap. Agar rezeki dapat lancar diterima, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Kelancaran Rezeki

 Doa Kelancaran Rezeki© dream.co.id

Allahumma ya ghoniyu ya mughni aghnini ginan abadan wa ya 'azizu ya mu'izzu a'izzani bi-i'zazin 'izzata qudratika, wa ya muyassiral umuri yassir li umurad dun-ya waddini ya khoira man yurja ya Allah.

Artinya,

" Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, Ya Allah."

4 dari 5 halaman

Doa Nabi Ibrahim Ketika Ditimpa Kemalangan

Dream - Tak ada yang bisa menjamin seseorang terbebas dari kemalangan. Meskipun sudah berhati-hati, kemalangan tetap saja bisa datang.

Penyebab kemalangan bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena kelalaian atau kecerobohan, bisa jadi karena berbuatan yang keliru.

Tertimpa kemalangan membuat seseorang merasa sulit. Dia bisa terluka ataupun harta benda dan apapun yang dicintainya hilang.

Dalam kondisi ini, dia akan berada dalam situasi sulit. Tidak jarang orang tertekan karena mengalami kesusahan ditimpa kemalangan.

Ada baiknya membaca doa yang dilafalkan Nabi Ibrahim AS ketika tertimpa kemalangan akibat ulah Firaun. Doa tersebut terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 73.

 

5 dari 5 halaman

Doa Nabi Ibrahim

 Doa Nabi Ibrahim© dream.co.id

Khasbunallah wa ni'mal wakil.

Artinya,

" Cukuplah Allah menjadi Penolong kamu dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."

Beri Komentar
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang