Doa Dijauhkan dari Sifat Kikir dan Pengecut

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 21 Oktober 2019 06:02
Doa Dijauhkan dari Sifat Kikir dan Pengecut
Sifat kikir menandakan keegoisan seseorang.

Dream - Setiap orang beriman didorong untuk menjadi dermawan. Karena, tidak semua orang memiliki nasib yang sama.

Menjadi dermawan tak perlu menunggu punya banyak harta. Justru lebih baik dampaknya jika memberikan sebagian rezeki kepada saudaranya padahal sedang dalam kesulitan hidup.

Berkah pemberian bukan diukur dari banyak atau sedikitnya namun pada manfaatnya yang terkandung di dalamnya. Meskipun hanya sekeping kue, hal itu bisa sangat bermanfaat bagi orang lain.

Tetapi, patut kita pahami ada sifat buruk yang kerap membayangi. Utamanya sifat kikir, yang mencegah seseorang memberikan sebagian miliknya untuk membantu saudaranya.

Mereka berpikir hartanya terkumpul karena kerja keras sendiri. Sehingga, mereka merasa enggan berbagi dengan sesama.

Sifat buruk ini tentu bisa melanda setiap orang. Oleh karena ini, dianjurkan membaca doa ini sebagai upaya untuk menjauhkan diri dari kekikiran.

1 dari 5 halaman

Doa Menjauh dari Kekikiran

 Doa Berlindung dari Kekikiran

Allahumma inni a'udzu bika minal jubni wal bukhli, wa a'udzu bika min an uradda ila ardzalil 'umur, wa a'udzubika min fitnatid dunya, wa a'udzu bika min fitnatil qabri.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang paling hina (kepikunan), aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kubur."

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Kegelisahan Melanda

Dream - Saat menjalani kehidupannya, manusia tidak bisa lepas dari berbagai masalah. Datangnya masalah bahkan saling silih berganti.

Satu masalah mungkin bisa terselesaikan. Belum tenang, muncul lagi masalah baru.

Tidak jarang, masalah demi masalah tersebut membuat hati merasakan kegelisahan. Hidup pun menjadi tidak tenang.

Dalam kondisi paling parah, kegelisahan bisa mempengaruhi kejiwaan kita. Emosi menjadi tidak stabil dan cenderung ingin menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Ketika hati dilanda kegelisahan, jalan utamanya untuk meredakannya adalah dengan memohon kepada Allah. Bisa dengan cara membaca doa yang diajarkan Rasulullah kepada Ibnu Mas'ud RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Saat Hati Gelisah

 Doa Hati Gelisah

Allahumma ini abduka ibnu abdika ibnu amatika, nasiyati bi yadika, maadin fiya khukmuka, adlun fiyya qadhauka, asaluka bikulli ismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltahu fi kitabika, aw allamtahu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indaka. An taj’al qur’aana rabi’a qalbi, wa nuura sadri, wa jila’a khuzni, wa dzahaba hammi.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu dan hamba sahaya-Mu, nyawaku di tangan-Mu, hukum-Mu kepadaku telah terjadi, keputusan-Mu kepadaku begitu adil. Aku meminta kepadaMu dengan semua nama yang Engkau miliki, nama yang telah Engkau berikan kepada diri-Mu sendiri, atau nama yang telah Engkau turunkan melalui kitab-Mu, atau nama yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu dari ciptaan-Mu. Atau nama yang telah Engkau kuasai dalam ilmu ghaib milikmu. Jadikanlah Alquran sebagai bagian dari hati kami, menyinari hati kami, menghilangkan kesedihan dan kegelisahan kami."

4 dari 5 halaman

Doa Penguat Iman Untuk Para Mualaf, Yuk Ajarkan Mereka

Dream - Di awal masa hijrahnya, seorang mualaf sangat butuh dukungan untuk mempelajari Islam lebih mendalam. Bantuan sekecil apapun bisa membantu mempertebal keimanan mereka terhadap Sang Pencipta dan ajarannnya.

Bagi para mualaf, menjalankan ajaran Islam benar-benar jadi hal baru. Mereka merasa perlu banyak belajar tentang Islam.

Tentu, mereka akan menghadapi banyak cobaan iman ke depannya. Bahkan, potensi untuk kembali kepada keyakinan lama jelas menantang mereka.

Jika Sahabat Dream memiliki rekan atau kerabat yang baru memutuskan memeluk Islam, cobalah membantunya dengan mengajarkan sebuah doa dari Rasulullah Muhammad SAW.

Sang Nabi pilihan telah mengajarkan sebuah doa bagi para mualaf agar mereka istiqomah dalam Islam.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mualaf

 Doa Mualaf

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa 'afini, warzuqni.

Artinya,

" Tuhanku, ampunilah dosaku, kasihanilah aku, berikan petunjuk untukku, afiyatkan aku, dan berikan anugerah-Mu untukku."

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah