Doa Minta Rezeki dan Amalan-Amalan Pembuka Nikmat yang Diajarkan Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 24 Januari 2022 11:01
Doa Minta Rezeki dan Amalan-Amalan Pembuka Nikmat yang Diajarkan Rasulullah
Selain melancarkan rezeki, doa ini juga bisa menenangkan batin saat menghadapi masalah finansial.

Dream – Setiap manusia memiliki kondisi kehidupan ekonomi yang berbeda-beda. Ada yang diberikan kecukupan rezeki sehingga bisa memenuhi setiap kebutuhan dengan sangat mudah. Di sisi lain ada juga manusia yang harus berusaha sangat keras hanya untuk memenuhi kebutuhan makan setiap hari.

Usaha yang dilakukan setiap orang untuk bisa mendapatkan rezeki tentunya berbeda-beda. Usaha yang dilakukan tentu saja harus dibarengi dengan doa. Karena pemilik dari rezeki tersebut adalah Allah SWT. Dialah yang memiliki kuasa untuk membagikan rezeki kepada setiap umat-Nya dalam bentuk apa saja, kapan saja, dan melalui siapa saja.

Sudah sepatutnya sebagai umat Islam yang taat kepada Allah SWT selalu mendekatkan diri kepada-Nya dengan cara berdoa dan melakukan amalan-amalan yang diperintahkan-Nya. Memanjatkan doa minta rezeki setelah menunaikan sholat fardhu dan tak lupa melakukan amalan yang memperlancar rezeki tersebut. Bahkan doa ini jugalah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Berikut adalah doa minta rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah saw dan beberapa amalan yang bisa melancarkan rezeki sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui jatim.nu.or.id dan Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Doa Minta Rezeki yang Diajarkan Rasulullah

Doa Minta Rezeki yang Diajarkan Rasulullah© Shutterstock.com

Dalam upaya mendapatkan rezeki, ada berbagai usaha yang dilakukan setiap manusia. Tentunya dalam mencari rezeki tersebut haruslah dilakukan dengan jalan yang halal agar bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Namun kurang sempurna rasanya jika hanya berusaha saja. Sahabat Dream juga harus mengimbanginya dengan memanjatkan doa minta rezeki.

Berikut adalah doa minta rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra sebagaimana dikutip dari jatim.nu.or.id:

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kau tunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Dengan membaca doa minta rezeki yang diajarkan oleh Rasulullah saw ini, harapannya adalah agar Allah SWT membukakakn pintu rezeki di luar rumah. Selain itu, melalui doa ini juga memohon agar sahabat Dream diberikan ketenteraman batin saat sedang menghadapi kondisi finansial yang sulit.

2 dari 3 halaman

Amalan-amalan yang Bisa Membuka Rezeki

Amalan-amalan yang Bisa Membuka Rezeki© Shutterstock.com

Selain memanjatkan doa minta rezeki, penting bagi sahabat Dream untuk turut menjalankan beberapa amalan yang bisa membukakan rezeki. Berikut adalah amalan-amalannya sebagaimana telah dikutip melalui Merdeka.com.

Beristighfar

Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu beristighfar. Hal ini tidak hanya bisa menenangkan hati, tetapi bisa juga untuk membuka rezeki. Bahkan amalan beristighfar ini juga dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Nuh ayat 10 hingga 12 berikut ini:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

Artinya: Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

Menjalin Silaturahmi

Selain beristighfar, amalan untuk membuka rezeki juga bisa dilakukan dengan cara menjalin silaturahmi. Hal ini dalam upaya untuk menjaga hubungan yang baik dengan sesama manusia. Karena dalam kehidupan ini, kita tidak hanya menjaga hubungan dengan Allah SWT saja tetapi juga hubungan sosial dengan manusia lain pun penting untuk dijaga.

Pentingnya menjalin silaturahmi pun juga dijelaskan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah berikut ini:

مَنْسَرَّهُأَنْيُبْسَطَلَهُفِىرِزْقِهِ،وَأَنْيُنْسَأَلَهُفِىأَثَرِهِ،فَلْيَصِلْرَحِمَهُ

Artinya: Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Banyak Bersedekah

Seperti diketahui bahwa harta yang kita miliki bukanlah sepenuhnya milik kita. Tetapi ada juga hak orang lain di dalamnya yang tentu saja harus diberikan. Oleh karena itu, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bersedekah. Karena hal ini juga menunjukkan kepedulian kita kepada sesama manusia, apalagi bagi saudara-saudara kita yang memang membutuhkan.

Hal ini pun telah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Saba ayat 39 berikut ini:

قُلْاِنَّرَبِّيْيَبْسُطُالرِّزْقَلِمَنْيَّشَاۤءُمِنْعِبَادِهٖوَيَقْدِرُلَهٗۗوَمَآاَنْفَقْتُمْمِّنْشَيْءٍفَهُوَيُخْلِفُهٗۚوَهُوَخَيْرُالرّٰزِقِيْنَ

Artinya: Katakanlah, “ Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba: 39).

3 dari 3 halaman

Amalan-amalan yang Bisa Membuka Rezeki

Bersabar

Dalam mencari rezeki, kesabaran adalah hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan bersabar, maka Allah SWT akan membukakan pintu rezeki tersebut. Jangan sampai kita mengenyampingkan kesabaran dan membuat usaha yang dilakukan justru menjerumuskan pada hal yang tidak baik. Sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah hadis dari Ibnu ‘Abbas ra berikut ini:

مامنمؤمنولافاجرإلاوقدكتباللهتعالىلهرزقهمنالحلالفانصبرحتىيأتيهآتاهاللهتعالىوإنجزعفتناولشيئامنالحرامنقصهاللهمنرزقهالحلال

Artinya: Seorang mukmin dan seorang fajir (yang gemar maksiat) sudah ditetapkan rezeki baginya dari yang halal. Jika ia mau bersabar hingga rezeki itu diberi, niscaya Allah akan memberinya. Namun jika ia tidak sabar lantas ia tempuh cara yang haram, niscaya Allah akan mengurangi jatah rezeki halal untuknya.” (Hilyah Al-Auliya’, 1: 326).

Bertakwa pada Allah SWT

Selain bersabar, amalan lainnya yang bisa membuka rezeki adalah dengan bertakwa pada Allah SWT. Dengan melalui takwa, maka Allah SWT bisa menurunkan rezeki tersebut melalui arah yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Hal ini telah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Ath-Thalaq ayat 2 hingga 3 berikut ini:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا , وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Artinya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Itulah doa minta rezeki yang bisa sahabat Dream baca dan beberapa amalan yang bisa membuka rezeki. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan dilancarkan selalu dalam mencari rezeki yang halal.

Beri Komentar