Doa Mohon Kesembuhan dari Ayat-Ayat Al-Quran, Insya Allah Sembuh dengan Izin Allah SWT

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 12 Januari 2022 11:00
Doa Mohon Kesembuhan dari Ayat-Ayat Al-Quran, Insya Allah Sembuh dengan Izin Allah SWT
Ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran adalah obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Dream – Penyakit adalah salah satu bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Penyakit yang diturunkan antara satu orang dengan orang lain pun bisa berbeda dan bisa juga sama. Namun melalui sakit inilah menjadi cara Allah SWT untuk menguji keimanan, kesabaran, dan keikhlasan seorang manusia.

Allah SWT tidak akan mungkin menurunkan penyakit jika tidak ada penawarnya. Oleh karena itu, ketika ada seseorang yang sakit biasanya akan dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa dokter dan mendapatkan perawatan serta obatnya. Namun, selain melalui pengobatan dari dokter, sahabat Dream juga perlu tahu bahwa ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan Allah SWT juga adalah sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 82 sebagai berikut:

وَنُنَزِّلُمِنَالْقُرْاٰنِمَاهُوَشِفَاۤءٌوَّرَحْمَةٌلِّلْمُؤْمِنِيْنَۙوَلَايَزِيْدُالظّٰلِمِيْنَاِلَّاخَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. Al-Isra: 82).

Doa mohon kesembuhan dari ayat-ayat Al-Quran pun sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw untuk mendoakan sahabatnya atau pun keluarganya yang sakit. Dan doa mohon kesembuhan dari Al-Quran ini atas izin Allah SWT pun telah terbukti mampu menyembuhkan.

Berikut adalah beberapa doa mohon kesembuhan dari Al-Quran sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Ayat-ayat Al-Quran Adalah Obat

Ayat-ayat Al-Quran Adalah Obat© Freepik.com

Di samping menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di dunia, ayat-ayat Al-Quran juga bisa berfungsi sebagai obat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini pun sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan beberapa Nabi yang membaca doa mohon kesembuhan dari ayat-ayat Al-Quran.

Meski begitu, dari keseluruhan ayat yang ada dalam Al-Quran, ada beberapa ayat maupun surat yang khusus digunakan untuk menjadi obat. Seperti dikutip dari muslim.or.id, menurut penjelasan dari Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqith bahwa ayat dalam Al-Quran bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit fisik dan jiwa. Beliau mengatakan sebagai berikut:

ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺎﺀٌ ﻳَﺸْﻤَﻞُ ﻛَﻮْﻧَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻟِﻠْﻘَﻠْﺐِ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮَﺍﺿِﻪِ ; ﻛَﺎﻟﺸَّﻚِّ ﻭَﺍﻟﻨِّﻔَﺎﻕِ ﻭَﻏَﻴْﺮِ ﺫَﻟِﻚَ ، ﻭَﻛَﻮْﻧَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻟِﻠْﺄَﺟْﺴَﺎﻡِ ﺇِﺫَﺍ ﺭُﻗِﻲَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺑِﻪِ ، ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺪُﻝُّ ﻟَﻪُ ﻗِﺼَّﺔُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺭَﻗَﻰ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﺍﻟﻠَّﺪِﻳﻎَ ﺑِﺎﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ، ﻭَﻫِﻲَ ﺻَﺤِﻴﺤَﺔٌ ﻣَﺸْﻬُﻮﺭَﺓٌ

Artinya: Obat yang mencakup obat bagi penyakit hati/jiwa, seperti keraguan, kemunafikan, dan perkara lainnya. Bisa menjadi obat bagi jasmani jika dilakukan ruqyah kepada orang yang sakit. Sebagaimana kisah seseorang yang terkena sengatan kalajengking diruqyah dengan membacakan Al-Fatihah. Ini adalah kisah yanh shahih dan masyhur” (Tafsir Adhwaul Bayan).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dari Al-Quran

Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dari Al-Quran© Unsplash.com

Di dalam Al-Quran ada beberapa surat dan ayat yang bisa dijadikan sebagai doa mohon kesembuhan. Berikut adalah beberapa doa yang dapat sahabat Dream panjatkan sebagaimana dikutip melalui Merdeka.com dan Kapanlagi.com.

Doa Mohon Kesembuhan dari Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah menjadi surat yang sangat familiar bagi umat Islam. Surat ini sering sekali dibaca, terutama dalam sholat wajib maupun sunah. Surat yang menjadi pembuka dalam Al-Quran ini juga bisa dijadikan sebagai doa mohon kesembuhan.

Dalam sebuah riwayat Ad Darimi dari Abu Sa’id menjelaskan bahwa surat Al-Fatihah adalah sebagai asy-syifa atau penyembuh dari setiap racun. Oleh karena itulah, ketika diberikan cobaan berupa sakit oleh Allah SWT, bacalah surat Al-Fatihah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS. Al-Fatihah: 1 – 7).

Doa Mohon Kesembuhan dari Surat Al-Ikhlas

Selain dari surat Al-Fatihah, doa mohon kesembuhan juga bisa dengan membaca doa Al-Ikhlas. Surat ini dibaca sebanyak tiga kali atau tujuh kali yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya saat membaca surat ini harus disertai dengan keyakinan bahwa Allah SWT yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan. Berikut adalah bacaan surat Al-Ikhlas yang bisa kamu lafalkan:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya: Katakanlah (Muhammad): 'Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia." (QS. Al-Ikhlas:1-4)

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dari Al-Quran

Doa Mohon Kesembuhan dari Penyakit untuk Diri Sendiri

Bagi sahabat Dream yang sedang diberi cobaan berupa sakit, selain melakukan pengobatan secara medis, tidak ada salahnya untuk membacakan doa mohon kesembuhan untuk diri sendiri.

Hal ini ada dalam Al-Quran yang mengisahkan tentang Nabi Ayub as yang mengalami sakit tak kunjung sembuh selama bertahun-tahun. Namun dalam menghadapi penyakitnya tersebut, Nabi Ayub as tidak berputus as dan tidak pernah berhenti untuk memanjatkan doa mohon kesembuhan pada Allah SWT.

Doa tersebut ada dalam surat Al-Anbiya ayat 83 yang bunyinya sebagai berikut:

۞وَاَيُّوْبَاِذْنَادٰىرَبَّهٗٓاَنِّيْمَسَّنِيَالضُّرُّوَاَنْتَاَرْحَمُالرَّاحِمِيْنَۚ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “ (Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. Al-Anbiya: 83).

Beri Komentar