Doa Mohon Perlindungan dari Gangguan Setan, Dibaca Hendak Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 8 Januari 2020 20:01
Doa Mohon Perlindungan dari Gangguan Setan, Dibaca Hendak Sholat
Khusyuk dalam sholat bukan perkara mudah.

Dream - Setiap Muslim dianjurkan untuk sholat dalam keadaan tenang dan khusyuk. Semua hal yang mengganggu disingkirkan lebih dulu agar pikiran bisa fokus pada ibadah.

Nyatanya, bisa sholat dengan khusyuk bukan perkara mudah. Ada saja gangguan muncul ketika sholat.

Pikiran tentang barang yang susah dicari atau rencana yang akan dilakukan sering kali terlintas secara tiba-tiba. Pikiran tersebut kerap membuat sholat terganggu.

Kita jadi buru-buru sholat agar segera bisa mencari baraug yang sebelumnya hilang. Kadang pula, ada yang sampai lupa jumlah rakaat yang sudah dijalankan.

Gangguan tersebut sejatinya berasal dari setan. Sehingga, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa agar terlindung dari gangguan tersebut.

Doa ini dibaca ketika hendak memulai sholat. Lafal doa ini seperti tercantum dalam riwayat dari Jubair bin Muth'im, dari ayahnya yang mendengar Rasulullah mengucapkannya.

 

1 dari 5 halaman

Doa Sebelum Sholat

Doa Sebelum Sholat© Dream.co.id

Allahumma inni a'dzubika minasy syaithoni min hamazihi wa nafkhihi wa naftsihi.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari setan, dari kesombongannya, tiupannya dan hembusannya."

2 dari 5 halaman

Doa Selamat dari Segala Musibah Dikutip dari Ayat Alquran

Dream - Meski tidak ada yang menginginkan, musibah tidak bisa tertolak. Pun demikian, musibah bisa terjadi pada semua orang tanpa pandang bulu.

Bisa saja orang yang sedang senang berubah jadi sedih akibat tertimpa musibah. Harta benda yang sudah dikumpulkan dengan susah payah hilang begitu saja.

Bagi orang beriman, musibah tidak boleh dilihat sebagai peristiwa negatif. Melainkan harus dipandang sebagai cobaan. serta ajang melatih diri untuk sabar dan tabah. Manusia juga diuji untuk tidak mudah berputus asa.

Allah SWT telah berjanji mengangkat derajat mereka yang menghadapi musibah dengan penuh kepasrahan. Allah akan mengganti apa yang hilang dari tangan mereka dengan yang lebih baik lagi.

Terdapat doa dalam Alquran yang bisa dibaca agar selamat dari segala musibah. Doa tersebut merupakan ayat 97-98 dari Surat Al Mukminun.

 

3 dari 5 halaman

Doa Selamat Musibah

Doa selamat© Dream.co.id

Rabbi a'udzubika min hamazatisy syayathini wa a'udzubika rabbi ay yahdlurun.

Artinya,

" Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada Engkau yang Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Ampunan Sering Bicara Sedikit `Bekerja`

Dream - Ucapan memiliki peran sangat penting dalam interaksi antar manusia. Lewat ucapan, seseorang bisa menyampaikan maksudnya kepada orang lain.

Lebih dari itu, ucapan juga menjadi cermin kepribadian seseorang. Terutama berkaitan dengan perilaku sehari-hari.

Kita seringkali mengucap segala hal yang bakal dilakukan di masa depan. Apalagi seputar kebaikan-kebaikan di waktu nanti.

Tetapi, kerap pula kita tanpa sadar melupakan apa yang sudah terucap. Akhirnya timbul kesan pandai berucap namun tak bisa berbuat.

Ketika kita merasa terlanjur melakukannya, dianjurkan untuk memohon ampun. Caranya dengan mengucapkan doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Ampunan Ucapan Tanpa Amal

Doa ampunan dari omdo© Dream.co.id

Astaghfirullah min qoulim bila 'amal.

Artinya,

" Aku memohon ampun kepada Allah dari ucapan tanpa amal."

Sumber: NU Online

Beri Komentar