Doa Nabi Ibrahim Ketika Ditimpa Kemalangan

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 3 April 2020 20:00
Doa Nabi Ibrahim Ketika Ditimpa Kemalangan
Setiap orang bisa tertimpa kemalangan.

Dream - Tak ada yang bisa menjamin seseorang terbebas dari kemalangan. Meskipun sudah berhati-hati, kemalangan tetap saja bisa datang.

Penyebab kemalangan bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena kelalaian atau kecerobohan, bisa jadi karena berbuatan yang keliru.

Tertimpa kemalangan membuat seseorang merasa sulit. Dia bisa terluka ataupun harta benda dan apapun yang dicintainya hilang.

Dalam kondisi ini, dia akan berada dalam situasi sulit. Tidak jarang orang tertekan karena mengalami kesusahan ditimpa kemalangan.

Ada baiknya membaca doa yang dilafalkan Nabi Ibrahim AS ketika tertimpa kemalangan akibat ulah Firaun. Doa tersebut terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 73.

 

1 dari 5 halaman

Doa Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ibrahim© dream.co.id

Khasbunallah wa ni'mal wakil.

Artinya,

" Cukuplah Allah menjadi Penolong kamu dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."

2 dari 5 halaman

Doa Rasulullah Melindungi Madinah dari Wabah

Dream - Madinah merupakan salah satu dari kota suci bagi umat Islam sedunia. Dikenal sebagai Madinatul Munawwarah yang artinya Kota yang Bercahaya, Madinah menjadi salah satu tujuan umat Islam ketika melaksanakan haji maupun umrah.

Kota ini dibangun sendiri oleh Rasulullah Muhammad SAW. Bahkan hampir sebagian besar waktu dakwah Rasulullah menyebarkan Islam dihabiskan di Madinah hingga meninggal dunia.

Madinah memiliki struktur kota yang jauh lebih rapi. Selain itu, kota ini sangat bersih dengan sistem sanitasi yang sangat bagus.

Dalam catatan sejarah, penduduk Madinah sejak Rasulullah masih hidup tidak pernah terkena wabah. Kota ini diklaim bebas dari wabah apapun.

Rahasianya adalah doa dari Rasulullah untuk melindungi Madinah. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

3 dari 5 halaman

Doa Pelindung Madinah

Doa Pelindung Madinah dari wabah© dream.co.id

Allahumma habbib ilainal madinata kama habbabta makkata aw asyadda, wa shahih-ha wa barik lana fi sha‘iha wa muddiha wa hawwil hummaha ilal juhfah.

Artinya,

" Ya Allah, berikanlah kecintaan kepada kami terhadap Kota Madinah sebagaimana Engkau memberikan kepada kami kecintaan terhadap Mekah, atau bahkan lebih dari Mekah. Jadikanlah Madinah sebagai kota yang sehat, dan berikanlah keberkahan pada takaran sha' dan takaran mudd kami, serta pindahkan penyakitnya ke Juhfah."

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Ganti Lebih Baik Atas Musibah

Dream - Musibah mendatangkan kesedihan bagi yang mengalaminya. Juga kerugian baik materi maupun rohani.

Seseorang bisa kehilangan harta benda akibat musibah. Yang lebih menyedihkan jika ada anggota keluarga kita turut hilang atau menjadi korban.

Kesedihan tentu menimbulkan gejolak dalam hati. Rasa penolakan pasti muncul, bahkan tidak sedikit yang menyesalkan musibah.

Tetapi, ciri orang yang beriman adalah menerima musibah dengan pasrah dan sabar. Sembari memohon kepada Allah SWT agar diberikan ganti dengan yang lebih baik lagi.

Kita bisa membaca doa ini agar Allah memberikan ganti atas musibah yang terjadi.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Ganti atas Musibah

Doa Mohon Ganti© dream.co.id

Allahumma qanni'ni bima razaqtani wakhluf li fihi, wakhluf 'ala kulli ghaibatil li bikhoir.

Artinya,

" Ya Allah berilah kecukupan kepadaku dengan rezeki pemberian-Mu, berilah ganti untukku dalam rezeki itu. Dan berilah ganti kepadaku atas setiap (nikmat) yang hilang dariku dengan ganti yang lebih baik."

Beri Komentar