Doa Usai Sholat Isya yang Pahalanya Seperti Sholat Semalaman

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 Oktober 2020 20:00
Doa Usai Sholat Isya yang Pahalanya Seperti Sholat Semalaman
Malam adalah waktu yang tepat untuk bermunajat.

Dream - Malam mungkin identik dengan istirahat karena seluruh aktivitas biasanya sudah selesai. Namun di balik rezeki istirahat itu, malam adalah waktu yang dianjurkan untuk beribadah. Orang yang bangun malam untuk ibadah akan mendapatkan keutamaan tersendiri dari Allah SWT.

Orang bangun malam telah merelakan sebagian waktu istirahatnya untuk bermunajat kepada Allah. Dia dapatkan keutamaan di saat banyak orang terlelap dalam tidurnya.

Tetapi, memang tidak semua orang dapat bangun malam. Mungkin karena kelelahan atau bisa jadi jadwal padat yang harus dijalani.

Ketika tidak bisa bangun malam, dianjurkan membaca doa yang merupakan petikan Surat Al Baqarah ayat 286. Doa ini dibaca usai sholat Isya, keutamaannya yaitu pahalanya setara dengan ibadah sepanjang malam.

 

1 dari 5 halaman

Doa Usai Sholat Isya

Doa Usai Sholat Isya© Dream.co.id

Rabbana la tuakhidzna in nasina au akhtha'na. Rabbana wa la tahmil 'alaina isran kama hamaltahu alal ladzina min qablina. Rabbana wa la tuhammilna ma la thaqata lana bih. Wa'fu 'anna waghfir lana warhamna anta maulana fanshurna alal qaumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

2 dari 5 halaman

Doa Diberi Kecukupan Rezeki dan Nikmat

Dream - Kesulitan hidup tentulah ada dan semua orang bisa mengalaminya. Tetapi, tingkat kesulitan itu berbeda-beda karena kemampuan setiap orang tidaklah sama.

Sejatinya, kesulitan dalam hidup, khusunya rezeki dan nikmat, semata didatangkan Allah untuk menguji hamba-nya. Sekuat apa seorang hamba menjalani kesulitan hidup, akan menentukan di mana letaknya kelak di Akhirat.

Sebagai hamba Allah, kita harus berusaha untuk lepas dari segala kesulitan. Akan lebih baik dampaknya jika kita mengiringinya dengan memohon kepada Allah.

Doa ini dianjurkan dibaca agar rezeki dan nikmat kita dicukupkan Allah SWT.

 

3 dari 5 halaman

Doa Cukup Rezeki

Doa Cukup Rezeki© Dream.co.id

Allahumma ya hadiyal mudlillina wa rahimal mudznibina wa muqila 'atsaratil 'atsirina irham 'abdaka dzal khothoril 'azhiimi wal muslimiina kullahum ajma’in, waj'alna minal ahyail marzuqinal ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhadai wash shalihina, amin ya rabbal 'alamin.

Artinya,

" Ya Allah, wahai Dzat Yang Memberi Petunjuk orang-orang yang tersesat, Dzat Yang Maha Pengasih terhadap orang-orang yang berbuat dosa, wahai Dzat Yang Menyedikitkan kesalahan orang-orang yang bersalah, kasihanilah hamba-Mu yang memiliki bahaya besar, (dan kasihanilah) semua kaum muslimin. Jadikanlah kami termasuk orang-orang hidup dicukupkan rizeki, yaitu orang-orang yang engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, orang-orang syuhada dan orang-orang shaleh. Kabulkanlah, wahai Tuhan semesta Alam."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Agar Lancar Bayar Utang

Dream - Membayar utang, bagi sebagian orang bisa jadi hal menyenangkan. Sebab, utang bisa berkurang hingga lunas.

Begitu utang terbayar, beban berkurang sedikit demi sedikit. Apalagi jika utang sudah lunas, rasanya plong di hati.

Sayangnya, tidak selamanya kita berada dalam kondisi mampu. Belum lagi jika mengalami situasi yang serba sulit.

Kita harus berhati-hati dalam mengatur keuangan. Meski begitu, utang harus tetap dibayar agar bebas dari beban berat.

Agar diberikan kelancaran dalam membayar utang, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Lancar Bayar Utang

Doa Lancar Bayar Utang© Dream.co.id

Ya man yakfi min kulli syaiin wa la yakfi minhu syaiun. Ya Allahu ya rabba muhammadin, iqdli 'annid daina.

Artinya,

" Wahai Zat yang tidak membutuhkan segala sesuatu dan segala sesuatu membutuhkan-Nya. Ya Allah, wahai Tuhan Muhammad, lunasilah dariku utang."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar