Doa Agar Memiliki Hati yang Bersih

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 13 Juli 2020 06:01
Doa Agar Memiliki Hati yang Bersih
Hati menjadi kunci dari diri seseorang.

Dream - Hati menjadi penentu kecenderungan manusia. Hati menggerakkan diri manusia condong kepada kebaikan atau keburukan. Setiap manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa. Entah itu kecil maupun besar.

Kesalahan tidak semata muncul karena faktor di luar diri manusia. Namun peran paling besar ada pada hati manusia.

Hati yang buruk akan cenderung membuat seseorang condong pada keburukan. Hati yang demikian perlu dibersihklan agar kehidupan seseorang menjadi tenteram.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah. Dianjurkan pula membaca doa ini agar hati menjadi bersih.

1 dari 5 halaman

 Doa Bersihkan Hati© Dream.co.id

Allahumma tsabbit 'ilmaha fi qolbi waghfirli dzanbi waghfir lil mukminina wal mukminati wa qulil hamdu lillahi wa salamun 'ala 'ibadihil ladzinashthofa.

Artinya,

" Ya Allah, tetapkan ilmu kalimat itu di dalam hatiku, ampunilah dosa-dosaku, dan ampunilah orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Dan katakan, segala puji bagi Allah, dan keselamatan atas hamba-hamba-Nya yang Dia pilih."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Harapan yang Diinginkan Bisa Terwujud

Dream - Setiap kita memiliki harapan, tentunya sangat menginginkannya terwujud. Apalagi jika harapan itu sifatnya besar dan menyangkut hajat hidup saat ini dan masa depan.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan rezeki dan pekerjaan. Atau agar bisa menempuh pendidikan di institusi idaman.

Bisa juga yang berkaitan dengan sesuatu yang mungkin sulit terwujud namun bukan berarti tidak bisa. Seperti kesembuhan dari sakit menahun dan lain sebagainya.

Semua harapan itu bisa terwujud selama kita menyandarkan diri pada Allah. Juga tidak lelah untuk memohon kepada-Nya.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa khusus agar harapan kita bisa terwujud. Terutama untuk harapan yang kita sangat menginginkannnya terwujud.

Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah, diriwayatkan dari Usman bin Hunaif.

 

3 dari 5 halaman

Doa Harapan Bisa Terkabul

 Doa Agar Harapan Bisa Terwujud© Dream.co.id

Allahumma ini as'aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi'hu fiyya.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada Engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku."

4 dari 5 halaman

Doa Saat Mendengar Bacaan Ayat Alquran Tentang Rahmat Allah

Dream - Alquran merupakan Kitab Suci yang di dalamnya memuat banyak hal dalam kehidupan. Baik yang berhubungan dengan kehidupan jasmani maupun rohani.

Tidak sedikit ayat yang berisi ketentuan mengenai perintah, larangan, kisah hikmah, bahkan petunjuk. Banyak pula ayat yang menerangkan sifat Allah.

Salah satu sifat Allah adalah 'Rahmat' atau 'Maha Pengasih'. Allah memberikan segala hal yang dibutuhkan makhluk-Nya meliputi rezeki, kesehatan, kesempatan, dan lain sebagainya.

Sifat ini terjelaskan di banyak ayat Alquran. Seperti dalam Surat Al Furqan ayat 1.

" Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al Furqan (Alquran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam."

Membaca maupun mendengarkan ayat Alquran merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Ini agar kita dapat memetik hikmah dari setiap ayat tersebut.

Ketika mendengar ayat yang menerangkan rahmat Allah, dianjurkan untuk membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mendengar Ayat Rahmat

 Doa Ayat Rahmat© Dream.co.id

Rabbighfir warham wa anta khairur rahimin.

Artinya,

" Ya Tuhanku, ampuni dan kasihi aku, Engkaulah sebaik-baik Dzat Yang Penyayang."

Sumber: NU Online.

Beri Komentar