Doa Pengiring Ucapan Basmalah

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 25 Juli 2020 18:03
Doa Pengiring Ucapan Basmalah
Basmalah sering kita ucapkan ketika memulai sesuatu.

Dream - Basmalah, lafal yang biasa kita ucapkan ketika memulai sesuatu. Baik bekerja, makan, belajar, membuka buku, khususnya mulai membaca Alquran.

Lafal basmalah mengandung makna kita sedang akan melakukan kebaikan atas nama Allah. Harapannya, kita mendapatkan rahmat dari setiap perbuatan baik yang dikerjakan.

Sesuatu yang dilakukan dengan diawali dengan basmalah diyakini akan membawa kebaikan. Selain itu, tentu saja agar mendapatkan berkah.

Selain itu, membaca basmalah juga bertujuan agar hajat kita terkabul. Hal ini khususnya ketika kita sedang berdoa.

Agar lebih berkah, dianjurkan mengiringi bacaan basmalah dengan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Iringi Basmalah

Doa iringi basmalah© Dream.co.id

Allahumma ya muyassira kulli 'asir, yassir muradi bi fadllikal wasi'i.

Artinya,

" Ya Allah, Dzat Yang Memudahkan segala hal yang sulit, mudahkanlah keinginanku dengan anugerah-Mu yang luas."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Merasa Tidak Enak Badan dan Alami Gejala Sakit Ringan

Dream - Demam, batuk, pilek, sakit kepala, merupakan sebagian dari gejala sakit yang kerap muncul. Terutama untuk sakit ringan yang dalam beberapa hari bisa sembuh.

Biasanya gejala ini muncul ketika badan terasa tidak enak. Bisa karena kelelahan atau faktor cuaca, sementara sistem imun tubuh sedang menurun.

Ketika mengalami kondisi ini, biasanya kita akan banyak istirahat. Memperbanyak minum air hangat dan obat-obatan ringan untuk memulihkan kondisi.

Selain itu, ada baiknya berdoa memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Seperti dijalankan para ulama dahulu ketika mereka sedang sakit.

Saat mengalami gejala sakit ringan, dianjurkan membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Sakit Ringan

Doa sakit ringan© Dream.co.id

Ilahi, kullama an'amta 'alayya nikmatan qalla 'indaha syukri wa kullama ibtalaitani bi baliyyatin qalla 'indaha shabri fa ya man qalla syukri 'inda ni'amihi fa lam yakhdzulni wa ya man qalla 'inda bala-ihi shabri fa lam yu'aqibni wa ya man raani 'alal ma'ashi fa lam yafdlahni, iksyif dlurri.

Artinya,

" Ya Tuhanku, setiap kali Engkau memberikan nikmat kepadaku, aku sedikit mensyukurinya, setiap kali Engkau memberiku cobaan, aku sedikit bersabar. Wahai Dzat, yang syukurku sedikit atas nikmat-Nya dan Dia tidak menghinakanku, wahai Dzat, yang sabarku sedikit atas cobaan-Nya dan Dia tidak menyiksaku, wahai Dzat yang melihat aku berbuat maksiat dan Dia tidak mencelaku, hilangkanlah bahayaku."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Bertawakal di Kala Kesulitan Seperti Diajarkan Jibril kepada Rasulullah

Dream - Tak ada yang bisa lepas dari kesulitan. Tidak juga orang saleh, bahkan para nabi sekalipun. Kesulitan tentu amat mengganggu. Membuat hidup merasa tertekan.

Jalan satu-satunya agar kesulitan hilang adalah bagaimana menyelesaikannya. Bukan secara singkat namun proses yang panjang dan serius.

Selain itu, kita harus yakin penolong dalam setiap kesulitan tidak lain adalah Allah. Kekuatan Allah akan membantu kita lepas dari kesulitan hidup.

Rasulullah Muhammad SAW juga pernah menghadapi kesulitan. Rasulullah pun mengucap doa yang diajarkan Malaikat Jibril, seperti termaktub dalam riwayat Imam Hakim dari Abu Hurairah RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Tawakal

Doa Tawakal© Dream.co.id

Tawakkaltu 'alal hayyilladzi la yamutu. Alhamdulillahilladzi lam yattakhidz waladan wa lam yakullahu syarikun fil mulki wa lam yakullahu waliyyun minadz dzulli wa kabbirhu takbiran.

Artinya,

" Aku pasrah kepada Zat Yang Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Segala puji bagi Allah yang tidak mengambil anak, dan tidak memiliki sekutu dalam kerajaan-Nya, dan tidak memiliki pembela dari kehinaan, dan besarkanlah Allah sebesar-besarnya."

Beri Komentar