Doa Akhir Tahun, Dibaca di Pengujung Hari

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 30 Desember 2019 20:01
Doa Akhir Tahun, Dibaca di Pengujung Hari
Akhir tahun, waktu yang tepat untuk memohon ampunan.

Dream - Tinggal sehari lagi, 2019 akan berakhir. Fajar tahun baru akan menyingsing dan kita bakal ada di 2020.

Satu tahun berjalan, tentu ada banyak sekali pengalaman yang sudah dijalani. Ada haru, duka, maupun kesenangan.

Tentu semua menjadi kenangan di tiap-tiap orang. Serta menjadi penghias kisah hidup.

Pun demikian dalam hal ibadah. Kita mungkin banyak memiliki kekurangan dalam ibadah selama setahun belakangan.

Menutup tahun, dianjurkan untuk membaca doa ini. Lewat doa, kita mohonkan ampunan atas segala kesalahan yang pernah terjadi kepada Allah SWT.

 

1 dari 5 halaman

Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun© Dream.co.id

Allahumma ma 'alimtu fi hadzihis sanah mimma nahaitani 'anhu fa lam atub 'anhu, wa lam tardlahu wa lam tansahu, wa halimta 'alayya ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'utani ilat taubati mim ba'di jara'ati 'ala ma'shiyyatika, fa inni astaghfiruka faghfirli.

Wa ma 'alimtu fiha mimma tardlahu wa wa'adtani 'alaihis sawab, fa as'alukallahumma ya karim ya dzal jalali wal ikram an tataqabbalahu minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, apa yang kulakukan di tahun berupa yang Engkau larang, aku belum bertobat darinya. Dan Engkau (tentu) tidak meridhai perbuatan itu lagi dan tidak (akan) melupakannya. (Namun) Engkau begitu lembut meski Engkau mampu membalas perilaku aku. Engkau mengajak aku untuk bertobat setelah aku larut dalam perbuat maksiat kepada-Mu. Maka, sungguh, aku memohon ampunan-Mu, ampunilah Aku.

Dan, apa yang aku lakukan di tahun ini yang Engkau ridhai dan janjikan ganjaran padanya, maka aku bermohon pada-Mu Ya Allah Yang Maha Mulia, Yang Maha Memiliki Keagungan dan Kemuliaan, untuk menerima amalku, dan tidak memupuskan harapanku pada-Mu. Dan Allah senantiasa berselawat dan memohon selamat kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., keluarganya dan para sahabatnya."

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Mengarahkan Pandangan ke Langit

Dream - Langit tercipta dengan penuh keindahan. Warna biru yang cerah berpadu gumpalan awan putih sanggup menentramkan hati.

Menatap langit bisa jadi sarana kita melepas lelah. Sekaligus mengagumi keindahannya.

Tidak sedikit orang suka memandang langit untuk menikmati keindahannya.

Selain itu, aktivitas memandang langit bisa mengantarkan kita pada pengalaman ruhiyah. Kita jadi bersyukur dengan keindahan yang tertangkap mata.

Ketika memandang langit, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan petikan dari Surat Ali Imran ayat 191.

 

3 dari 5 halaman

Doa Pandangi Langit

Doa lihat langit© Dream.co.id

Rabbana ma khalaqta hadza bathilan subhanaka faqina 'adzaban nar.

Artinya,

" Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa Neraka.

4 dari 5 halaman

Doa Sambut Anak Pulang dari Sekolah atau Pesantren

Dream - Liburan selalu jadi momen menyenangkan bagi anak-anak sekolah. Apalagi buat mereka yang mondok di pesantren nan jauh dari orangtua.

Para santri selalu memanfaatkan masa liburnya untuk pulang kampung. Melepas rindu pada orangtua dan mengisinya dengan membantu kegiatan rumah.

Demikian pula dengan anak sekolah. Meski hanya sebentar, rasa rindu mereka pada orangtua dan rumah sudah tak terbendung.

Belum lagi membayangkan wajah orangtua yang begitu bahagia melihat anaknya pulang. Hal itu jadi motivasi tersendiri bagi anak untuk selalu kangen suasana rumah.

Ketika anak sedang pulang, dianjurkan untuk menyambut mereka dengan penuh kebahagiaan. Selain itu, dianjurkan pula membaca doa ini ketika anak sampai di rumah dari sekolah atau pesantren.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sambut Anak Pulang Sekolah atau Pesantren

Doa Sambut Anak© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi nasharaka wa a'azzaka wa akramaka.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menolongmu, mengagungkanmu dan memuliakanmu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar