Doa Perpisahan Kelas 6, Harapan Agar Tegar Saat Menghadapi Masa Depan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 25 Mei 2022 06:01
Doa Perpisahan Kelas 6, Harapan Agar Tegar Saat Menghadapi Masa Depan
Bacaan doa perpisahan kelas 6.

Dream – Sekolah menjadi tempat menimba ilmu sekaligus tempat melatih sosialisasi bagi buah hati. Selain belajar materi pelajaran, para murid sekolah juga belajar tentang akhlak, moral, dan sosial.

Selama enam tahun jenjang sekolah dasar, tiga tahun sekolah menengah pertama dan tiga tahun sekolah menengah atas. Tentu saja di setiap jenjang tersebut akan menyisakan banyak kesan dan kenangan yang sulit dilupakan.

Hampir di setiap kelulusan, pihak sekolah berusah menggelar pesta perpisahan untuk memberikan kesan seklaigus mengenang masa-masa indah. Bagi para pendidik, acara perpisahan sekolah menjadi momen untuk melepas para murid melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat acara perpisahan kelas 6, suasana haru tampak dari wajah para murid, guru, dan orang tua. Sekolah tetap menjadi tempat yang sangat dirindukan oleh para murid.

Di tengah suasana haru biru, biasanya dibacakan doa perpisahan kelas 6 oleh guru atau murid.

1 dari 2 halaman

Doa Perpisahan Kelas 6

Tidak ada doa perpisahan kelas 6 yang mutlak. Artinya doa apapun bisa dipanjatkan asalkan baik dan sesuai dengan momen perpisahan sekolah. Salah satunya doa perpisahan kelas 6 berikut ini, yang berhasil Dream rangkum dari sahijab.com.

Teks doa perpisahan kelas 6:

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu atas nikmat dan rahmat-Mu sehingga pada hari ini, (hari, tanggal, bulan dan tahun). Kami berkumpul di tempat ini guna mengikuti acara perpisahan murid-murid kami. Oleh karenanya Ya Allah, anugerahilah acara ini.

Ya Allah, Yang Maha Kuasa

Kami menyadari sepenuhnya bahwa Engkaulah Tuhan Yang Maha Kuasa dari segala sesuatu. Engkau yang memegang segala rahasia Hamba-Mu. Engkaulah ya Allah yang mempergilirkan siang dan malam, bulan ke bulan serta tahun ke tahun. Sehingga perpisahan anak-anak kami tak terelakkan dan terlaksana pada saat ini atas izin-Mu ya Allah. Oleh karenanya ya Allah limpahkanlah kepada kami semua, berupa kekuatan, kesehatan, kemampuan dan maunah pertolongan-Mu, guna membangun generasi yang cerdas di masa-masa yang akan datang.

2 dari 2 halaman

Ya Allah Yang Maha Pemberi

Kami memahami bahwa siswa kami yang baru selesai menamatkan pendidikannya di tempat ini adalah hamba-Mu yang dhaif, yang senantiasa membutuhkan bimbingan dan petunjuk-Mu ya Allah. Oleh karenanya itu bimbing dan berilah petunjuk-Mu untuk melanjutkan pendidikakannya ke jenjang yang lebih tinggi, karena Engkaulah zat yang Maha Pemurah dan Maha Pemberi.

Ya Allah Yang Maha Pengampun,

Kami menyadari bahwa segala karunia tanpa berkah-Mu akan hambar tak bermakna, segala abdi tanpa restu-Mu akan sirnah ditelan pamrih, segala dosa dan ampunan-Mu hidup ini tak bermakna, segala upaya tanpa sentuhan kasih sayang-Mu akan sia-sia tak berarti. Untuk itu ya Allah satu padukan hati pemimpin kami dengan rakyatnya, guru dengan sesamanya guru, guru dengan siswanya, orang tua dengan putra putrinya, suami dengan istrinya sehingga terjalin keluarga yang harmonis, guna bersama-sama membangun negara kami khususnya daerah kami…. yang kami cintai menuju daerah yang " Baldatun Thoiyyibatun Warabbun Ghafur" .

Amin ya Rabbal Alamin.

Itulah teks doa perpisahan kelas 6 yang bisa kamu baca saat acara perpisahan sekolah. Doa tersebut menjadi harapan para guru dan murid serta orang tua agar para siswa diberikan keberkahan, kelancaran dan kesuksesan dalam belajar dan beribadah.

Beri Komentar