Doa Rasulullah dan Amalan Agar Dilindungi dari Berbagai Penyakit

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 9 Juni 2020 20:01
Doa Rasulullah dan Amalan Agar Dilindungi dari Berbagai Penyakit
Berdoa sebagai bentuk kepasrahan diri setelah melakukan berbagai ikhtiar.

Dream – Penyakit dapat menghampiri siapa saja. Terutama bila daya tahan tubuh sedang melemah. Selain berusaha mengobati, upaya lain yang harus dilakukan adalah dengan berdoa.

Meminta perlindungan dari penyakit yang menyerang. Karena hanya Allah sebaik-baik penolong.

Apapun yang terjadi di kehidupan ini, tentunya memiliki hikmah di baliknya. Termasuk penyakit yang datang melanda. Keikhlasan dan kesabaran sebagai manusia pun di uji.

Meskipun terkadang rasa takut menghampiri, namun yakinlah tiada daya upaya melainkan semuanya karena pertolongan Allah SWT.

Terutama di tengah pandemi virus Covid-19 ini. Berupaya mengikuti semua protokol kesehatan juga harus dibarengi dengan rangkaian doa yang telah dianjurkan. Berdoa adalah sebagai bentuk pengakuan diri atas segala kelemahan.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Mu'min:

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

 

1 dari 2 halaman

Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Penyakit

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Rasulullah telah mengajarkan berbagai amalan kepada umatnya. Termasuk bacaan doa untuk melindungi dari dari berbagai penyakit.  

Berikut adalah salah satu doa yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW. yang telah diriwayatkan dari Abu Dawud.

Doa agar terlindungi dari penyakit© Dream.co.id

Allaahumma inni a'udzu bika minal barashi, wal jununi, wal judzami, wa sayyi'il asqaami.

Artinya:

" Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk."

2 dari 2 halaman

Amalan Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Dilarang mengkonsumsi makanan dan minuman haram

Didalam Alquran telah jelas disebutkan bahwa beberapa makanan tidak dapat dikonsumsi oleh umat muslim. Karena telah ditetapkan keharamannya.

Dalam surat Al A'raf ayat 157, Allah SWT berfirman.

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Alquran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Diharamkannya beberapa jenis makanan dan minuman untuk menghindarkan dari kemudharatan dan menjaga kebersihan hati seseorang.

Berikut ini adalah ayat Alquran yang menerangkan diharamkannya beberapa jenis makanan dan minuman.

“ Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (hewan) yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah.” (QS. An-Nahl: 115)

“ Diharamkan bagimu(memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.” (QS. Al-Maidah: 3)

“ Katakanlah, Tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi karena semua itu kotor atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah...” (QS. Al-Anam: 145)

Menjaga wudhu

Berwudhu telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Wudhu dapat memberikan stimulus kepada lima panca indera manusia. Stimulus tersebut memberikan efek yang baik untuk jaringan dan fungsi kerja organ tubuh. Selain itu, dengan berwudhu, maka area tubuh yang dibasuh akan bersih dari segala jenis kuman dan bakteri.

Senantiasa menjaga wudhu dapat menjadi upaya untuk melindungi dari paparan berbagai penyakit. Seperti terhindar risiko penyakit kanker, flu, sakit kepala, melindungi jantung, ginjal, menjaga kesehatan pusat saraf tubuh.

(Diambil dari berbagai sumber)

 

 

 

Beri Komentar