Doa Rasulullah Memohon Taufiq untuk Amalkan Kebaikan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 April 2020 10:02
Doa Rasulullah Memohon Taufiq untuk Amalkan Kebaikan
Beramal kebaikan bergantung pada keistiqamahan.

Dream - Setiap kebaikan akan membawa manfaat dalam kehidupan. Sehingga, kita sangat dianjurkan untuk banyak berbuat kebaikan.

Hal ini berlaku pada semua aspek kehidupan, terutama agama. Bahkan mengamalkan kebaikan merupakan ajaran utama dalam semua agama, khususnya Islam.

Tetapi, amalan kebaikan bergantung pada diri seseorang. Karena, ada kalanya seseorang tak punya semangat, sehingga dia tak bisa mengamalkan kebaikan.

Dalam Islam, istiqamah dalam menjalankan kebaikan menjadi hal yang penting. Dengan sifat itu, kebaikan akan terus kita lakukan.

Terdapat doa yang dipanjatkan Rasulullah Muhammad SAW dalam rangka memohon keistiqamahan dalam mengamalkan kebaikan.

Doa tersebut rutin dibaca Rasulullah SAW setiap kali selesai sholat, sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi.

 

1 dari 5 halaman

Doa Memohon Petunjuk untuk Terus Beramal

Doa Istiqamah menjalankan kebaikan© dream.co.id

Allahumma inni as-aluka fi’'lal khoirati wa tarkal munkarati wa hubbal masakin. Wa idza arad-ta bi 'ibadika fitnatan, faqbidhni ilaika ghoira maftunin.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq untuk bisa mengamalkan semua kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, dan bisa mencintai orang-orang miskin. Jika Engkau menghendaki untuk menimpakan ujian (fitnah) bagi hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah aku, tanpa terkena fitnah itu."

2 dari 5 halaman

Doa Diberi Keringanan Kala Menjalani Urusan Dunia

Dream - Urusan dunia tak bisa dianggap remeh. Bahkan urusan ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Apa yang kita lakukan di dunia ini dapat membawa akibat pada urusan akhirat.

Dosa yang muncul akibat segala kesalahan kita dapat mengurangi himpunan pahala. Sebaliknya setiap kebaikan sekecil kerikil sekalipun bisa jadi menjauhkan manusia dari siksa api neraka.

Dalam menjalani kehidupan untuk urusan dunia, tidak selamanya manusia diberikan kemudahan dan kelancaran. Seorang pedagang bisa jadi saat ini sedang menghadapi kesabaran karena barang niaga yang tak laku karena wabah Covid-19.

Sementara sebuah keluarga terpaksa menahan diri di rumah tanpa bisa mencari nafkah karena mengikuti anjuran untuk mengisolasi diri demi mencegah tertular atau menulari virus corona kepada orang lain. 

Dalam kondisi seperti saat ini, manusia dianjurkan banyak memohon ampunan kepada Allah dan meminta agar urusan duniawi dimudahkan. Salah satunya dengan membaca doa yang terdapat dalam Alquran, tepatnya Surat Ali Imran ayat 193.

 

3 dari 5 halaman

Doa Dimudahkan Urusan Duniawi

Doa mempermudah urusan duniawi© dream.co.id

Allahumma innana sami'na munadiyan yunadi lil imani an aminu birabbikum fa amanna, rabbana faghfirlana dzunubana wakaffir 'anna sayyiatina watawaffana ma'al abrar.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): 'Berimanlah kamu kepada Tuhanmu', maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Segera Lepas dari Kesulitan Hidup

Dream - Kesulitan hidup kini tengah dirasakan banyak orang. Wabah virus corona membuat orang khawatir sekaligus kehilangan mata pencaharian.

Covid-19 merupakan perkembangan dari penyakit yang berasal dari virus corona biasa. Sebelumnya, virus corona menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya MERS.

Sejumlah penelitian menyatakan Covid-19 sebenarnya bukanlah virus yang kuat. Tetapi, penyebarannya begitu cepat karena manusia enggan melindungi diri dengan cuci tangan dan pakai masker.

Agar tak tertular virus ini, kita dianjurkan berada di dalam rumah. Dampaknya, aktivitas kita di luar lumpuh total.

Berada di situasi seperti sekarang ini tentu terasa sulit. Belum lagi jika kebutuhan pokok mulai menipis.

Agar segera lepas dari kesulitan hidup, ada baiknya membaca doa yant tercantum dalam Surat Al Anbiya' ayat 87. Insya Allah, segala kesulitan akan segera menghilang.

5 dari 5 halaman

Doa Lepas dari Kesulitan Hidup

Doa Bebas dari Kesulitan Hidup© dream.co.id

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadh dholimin.

Artinya,

" Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim."

Beri Komentar