Doa Rasulullah Saw Agar Hujan Berhenti dan Terhindar dari Banjir

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 10 Desember 2020 12:00
Doa Rasulullah Saw Agar Hujan Berhenti dan Terhindar dari Banjir
Rasulullah Saw tidak melarang umatnya untuk berdoa kepada Allah agar hujan berhenti turun.

Dream – Kini kita sudah memasuki musim penghujan. Akhir-akhir ini cuaca seringkali mendung dan turun hujan dengan intensitas ringan maupun berat. Bahkan tak jarang terjadi bencana akibat hujan lebat, seperti angin kencang, pohon tumbang, sampai banjir.

Sejatinya, hujan merupakan berkah dari Allah SWT bagi umat manusia. Hujan turun untuk mengatasi bencana kekeringan yang melanda suatu daerah. Hujan adalah suatu hal yang sangat dinantikan bagi kondisi semacam itu.

Akan tetapi jika hujan turun secara terus-menerus manusia akan kewalahan mengahadapinya. Air menggenang di mana-mana dan kadangkala menyebabkan banjir di daerah-daerah tertentu. Tak jarang pula di antara kita merasakan hujan sebagai hambatan untuk beraktivitas.

1 dari 4 halaman

Waktu yang Mustajab Saat Hujan

Ilustrasi© Shutterstock

Menurut Rasulullah SAW, waktu hujan turun merupakan salah satu waktu yangs angat mustajab untuk berdoa. Imam Syafi’i meriwayatkan dalam kitab Al Umm dengan sanad yang mursal, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda, ‘carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu iqamah, serta ketika turunnya hujan.’

Sehingga ketika hujan turun, dianjurkan kepada umat Muhammad SAW untuk berdoa. Karena waktu tersebut memberikan kemungkinan besar untuk dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Jadi Sahabat Dream jangan sampai kamu sia-siakan waktu hujan tersebut untuk berdoa ya!

2 dari 4 halaman

Doa Agar Hujan Berhenti

Karena suatu sebab, seringkali hujan membawa malapetaka bagi umat manusia. Seperti adanya bencana banjir dan tanah longsor, pohon tumbang dan angin kencang. Meski kadang penyebab bencana banjir dan tanah longsor merupakan akibat ulah manusia sendiri.

Namun jika banjir datang dan hujan tak kunjung turun, atau hujan menghambat aktivitasmu, maka diperbolehkan bagi umat Islam untuk berdoa agar hujan berhenti.

Ternyata Rasulullah Saw tidak melarang umatnya untuk berdoa kepada Allah agar hujan berhenti turun. Dalam sebuah riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw mengajarkan doa agar hujan berhenti. Berikut doa agar hujan berhenti:

Ilustrasi© dream.co.id

ALLOHUMMA HAWAALAINAA WA LAA ‘ALAINAA, ALLAHUMMA ‘ALAL AHKAAMI WADH DHIROOBI, WA BUTHUUNIL AUDIYATI, WA MANAABITSIS-SYAJARATI.

Artinya:

“ Ya Allah berilah hujan dis ekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

3 dari 4 halaman

Doa Saat Hujan Turun

Ilustrasi© Pixabay

Selain doa agar berhenti hujan, Rasulullah Saw juga mengajarkan kepada umatnya supaya berdoa ketika turun hujan agar mendatangkan manfaat bagi manusia. Berikut doa saat hujan turun agar mendatangkan manfaat dan berkah:

Ilustrasi© dream.co.id

ALLAHUMMA SHOYYIBAN NAFI’AN

Artinya:

“ Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat (untuk makhluk hidup, manusia, tumbuhan, dan binatang).”

4 dari 4 halaman

Dzikir Setelah Hujan Turun

Ilustrasi© freepik.com

Selain membaca doa ketika hujan agar mendatangkan manfaat, ada pula dzikir yang cocok dipanjatkan setelah turun hujan.

Berikut dzikir setelah turun hujan:

Ilustrasi© dream.co.id

MUTHIRNA BI FADHLILLAAHI WA ROHMATIHI

Artinya:

“ Kita diberi hujan dari langit karena karunia dan rahmat Allah.”

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar