Doa Ridha Menerima Ketetapan Allah

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 22 Oktober 2020 20:00
Doa Ridha Menerima Ketetapan Allah
Hati mungkin ada perasaan tidak terima pada ketetapan Allah.

Dream - Setiap makhluk diciptakan Allah qadhanya masing-masing. Manusia tinggal menjalani ketetapan tersebut.

Memang, ketetapan Allah di mata manusia mungkin tidak memuaskan. Ada pula yang menganggap itu tidak adil.

Yang lain dapat ketetapan baik, sementara kita tidak demikian. Mungki dalam hati kecil kita ada perasaan tidak terima.

Ketika hal itu muncul, segeralah istighfar. Kemudian pahamkan diri qadla yang ditetapkan Allah tentu berdasarkan perhitungan yang tidak kita pahami.

Agar hati kita bisa ridha menerima ketetapan Allah, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Ridha Atas Takdir dari Allah

Doa RIdha© Dream.co.id

Allahumma radldlini bi qadlaika wa shabbirni 'ala balaika wa awzi'ni syukra ni'amaika.

Artinya,

" Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Saat Bepergian Agar Diberi Kemudahan di Perjalanan

Dream - Bepergian sudah jadi bagian dari kehidupan manusia bahkan menjadi kegiatan wajib bagi sebagian orang. Karena urusan pekerjaan atau bisnis, seseorang diharuskan pergi menempuh jarak yang jauh ke suatu tempat.

Saat bepergian jauh mereka menggunakan berbagai pilihan moda transportasi mulai dari mobil, angkutan laut, atau pesawat terbang.

Ketika bepergian, kita mungkin mengalami sejumlah kesulitan. Seperti tak leluasa bergerak, badan yang kelelahan dan lain sebagainya.

Belum lagi jika menghadapi persoalan yang mengganggu. Waktu perjalanan akan bertambah lebih lama.

Agar mendapat kemudahan selama perjalanan, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Ketika Bepergian

Doa Bepergiand© Dream.co.id

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir. Wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya,

" Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah. Dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Usai Sholat Isya yang Pahalanya Seperti Sholat Semalaman

Dream - Malam mungkin identik dengan istirahat karena seluruh aktivitas biasanya sudah selesai. Namun di balik rezeki istirahat itu, malam adalah waktu yang dianjurkan untuk beribadah. Orang yang bangun malam untuk ibadah akan mendapatkan keutamaan tersendiri dari Allah SWT.

Orang bangun malam telah merelakan sebagian waktu istirahatnya untuk bermunajat kepada Allah. Dia dapatkan keutamaan di saat banyak orang terlelap dalam tidurnya.

Tetapi, memang tidak semua orang dapat bangun malam. Mungkin karena kelelahan atau bisa jadi jadwal padat yang harus dijalani.

Ketika tidak bisa bangun malam, dianjurkan membaca doa yang merupakan petikan Surat Al Baqarah ayat 286. Doa ini dibaca usai sholat Isya, keutamaannya yaitu pahalanya setara dengan ibadah sepanjang malam.

 

5 dari 5 halaman

Doa Usai Sholat Isya

Doa Usai Sholat Isya© Dream.co.id

Rabbana la tuakhidzna in nasina au akhtha'na. Rabbana wa la tahmil 'alaina isran kama hamaltahu alal ladzina min qablina. Rabbana wa la tuhammilna ma la thaqata lana bih. Wa'fu 'anna waghfir lana warhamna anta maulana fanshurna alal qaumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Beri Komentar