Doa Saat Bangun dari Tidur Karena Mengigau

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 20 Agustus 2019 06:01
Doa Saat Bangun dari Tidur Karena Mengigau
Kadang kala kita bangun di tengah malam karena mengigau.

Dream - Kita pasti pernah mengalami terbangun dari tidur di malam hari. Sebabnya bisa bermacam-macam, mulai mimpi buruk, hendak buang air atau mengigau.

Mengigau merupakan aktivitas tubuh yang berjalan tanpa kesadaran kita. Seringkali igauan berupa suara seperti rintihan, ada pula yang sampai berbicara.

Kadangkala mengigau disebabkan karena kita sedang bermimpi. Ada juga yang terjadi disebabkan kondisi tubuh yang kurang fit.

Kita tidak pernah sadar sedang mengigau, hanya merasa tiba-tiba terbangun. Jika mengalami kejadian ini, dianjurkan untuk membaca doa berikut.

Doa ini diriwayatkan Ibnu Majah dai Ubadah bin Shamit, dari Rasulullah Muhammad SAW.

 

1 dari 5 halaman

Doa Mengigau

 Doa Mengigau

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syaiin qadir. Alhamdulillah wa subhanallah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la hawla wa la quwwata illa billah. Allahummaghfirli.

Artinya,

" Tiada Tuhan selain Allah, yang Esa, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia atas segala sesuatu berkuasa. Segala puji bagi Allah dan tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah. Ya Allah, ampunilah aku."

2 dari 5 halaman

Doa Mengurangi Penderitaan Akibat Penyakit

Dream - Sakit bisa jadi cobaan yang diberikan kepada Allah kepada umatnya. Meski demikian, tak sedikit dari kita yang merasa tidak sanggup menahan penderitaan akibat sebuah penyakit.

Mungkin kita sudah sering mendengar orang berputus asa karena menderita sebuah penyakit yang susah diobati. Banyak di antara mereka bahkan memutuskan bunuh diri.

Jelas itu bukanlah solusi. Dilarang agama. Kita harus bersabar. Terus melakukan ikhtiar berobat. Selain itu juga dianjurkan untuk berdoa meminta kesembuhan dan kekuatan.

Untuk mengurangi penderitaan yang timbul karena sakit, dianjurkan membaca doa ini:

3 dari 5 halaman

Doa Mengurangi Penderitaan Karena Sakit

 Doa mengurangi penderitaan karena sakit

Ya rabbal awwalina wal aakhririna, wa ya khairal awwaliina wal akhiriina, wa yaa dzal quwwatil matiini, wa yaa rahimal masaaakiina, wa yaa arhamar raahimiina

Artinya,

" Wahai Tuhan yang disembah oleh kaum yang dahulu dan yang terakhir, wahai Sebaik-baiknya yang pertama dan yang terakhir, wahai Pemilik Kekuatan Yang Kokoh, wahai Penyayang kaum Muslim, wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi."

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Berkah Kesehatan Lewat Makanan

Dream - Setiap makhluk membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Pada manusia, makanan tersedia dalam berbagai bentuk olahan.

Selain sebagai sumber energi, makanan juga menjadi sumber kenikmatan. Lewat beragam olahan, makanan terasa lezat disantap.

Lebih dari itu, makanan juga bisa menjadi sarana untuk memulihkan maupun menjaga kesehatan tubuh. Makanan tertentu juga bisa berfungsi sebagai obat penyakit.

Untuk itu, jangan langsung menyantap setiap makanan yang tersaji di depan kita. Dianjurkan untuk berdoa agar meraih berkah kesehatan dari makanan yang akan dikonsumsi.

Sahabat Abdullah Ibnu Mas'ud RA rutin membaca doa di bawah setiap kali akan makan. Doa tersebut tercantum dalam hadis diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Berkah Makanan

 Doa Mohon Berkah Makanan

Bismillah khoirul asmai lillahi fil ardli wa fis samai la yadlurru ma'as mihi daun. Allahummaj'al fihi barokatan wa syifaan.

Artinya,

" Dengan nama Allah, sebaik-baik nama bagi Allah di bumi dan di langit, tidak membahayakan bersama nama-Nya penyakit apa pun. Ya Allah jadikanlah padanya berkah dan kesembuhan."

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham