Doa Saat Belanja Baju Biar Dijauhkan dari Sifat Sombong

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 2 September 2020 06:01
Doa Saat Belanja Baju Biar Dijauhkan dari Sifat Sombong
Belanja baju jadi kesenangan tersendiri, tapi hati-hati ya.

Dream - Belanja baju, siapa yang tidak suka? Ditambah jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, rasanya menyenangkan. Knin di di tengah pandemi hobi itu tak lantas menghilang. Kamu masih bisa window shopping dengan melihat-lihat koleksi baju lewat ponsel. Ini jadi kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat kekinian.

Belanja baju memang jadi kegiatan favorit sebagian orang. Apalagi jika bajunya bermerek namun harganya murah.

Eits, hati-hati lho kalau belanja baju. Sebab, baju bisa membuat kita condong para kesombongan.

Misalnya, kita beli barang branded. Tentu rasanya bangga bisa punya barang bermerek apalagi edisi khusus.

Di balik itu, ada bahaya yang mengintai. Jika tidak waspada, kita bisa terjerumus pada kesombongan lho, karena mereka hanya kita yang bisa beli barang itu.

Nah, biar belanja bajumu aman dari kecenderungan sombong, maka bacalah doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Biar Tak Sombong Saat Belanja Baju

Doa tak sombong belanja baju© Dream.co.id

Allahumma lakal hamdu anta kasautanihi as aluka khoirahu wa khoira ma shuni'a lahu wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma shuni'a lahu.

Artinya,

" Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu, Engkaulah Dzat yang memakaikan pakaian kepadaku. Maka aku memohon segala kebaikannya dan kebaikan lain yang lahir darinya. Aku juga memohon perlindungan dari segala keburukannya dan keburukan lain yang lahir darinya."

Sumber: Harakah

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Agar Puasa Diterima

Dream - Dalam beribadah, kita tentu selalu berharap agar diterima. Berharap jadi catatan pahala yang berguna untuk kehidupan akhirat. Termasuk pula dalam berpuasa. Bukan waktu berbuka yang paling kita harapkan tetapi diterimanya amalan.

Syarat puasa diterima yaitu dengan menjauhi segala hal yang membatalkannya. Juga berusaha sekuat tenaga menahan diri dari gejolak emosi.

Jiwa yang tak tenang dan mudah terbawa emosi bisa menjadi penyebab rusaknya puasa. Karena emosi emosi yang tak terkendali dapat mengarahkan kita pada keburukan.

Nah, agar puasa diterima, kita perlu untuk menjaga diri dari kecenderungan buruk. Juga selalu memohon kepada Allah agar puasa kita diterima dan menjadi catatan pahala.

 

3 dari 5 halaman

Doa Puasa Diterima

Doa Puasa Diterima© Dream.co.id

Allahumma taqabbal minni shauma yaumin. Allahumma taqabbal minni sholatan. Allahumma taqabbal minni hasanatan. Innama yataqabbalallaahu minal muttaqin.

Artinya,

" Ya Allah, terimalah dariku puasa hari ini. Ya Allah, terimalah shalat dariku. Ya Allah, terimalah kebaikan-kebaikan dariku. Sesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Istighfar dari Perbuatan Berpotensi Riya

Dream - Hati-hati dalam beramal. Karena ada bahaya riya mengintai. Wejangan itu sering kita dengar dari para pendakwah, ustaz, atau guru mengaji kita. 

Riya adalah salah satu penyakit hati yang harus dihindari. Dampaknya sangat besar terhadap catatan amal kita. Ini merupakan syirik kecil karena membuat kita lupa sejenak kepada Allah.

Kita tergoda untuk mengunggulkan diri dalam beramal, sehingga muncul kesombongan. Hal ini bisa tanpa sadar kita lakukan dalam segala situasi. Apalagi ketika kita bersedekah, bisa muncul dorongan diri lebih unggul dibandingkan yang lain.

Potensi ini sebisa mungkin dihindari. Jikapun sulit, maka pasrahkan pada Allah.

Kemudian segera memohon ampunan dengan membaca lafal doa istighfar ini.

5 dari 5 halaman

Doa Istighfar dari Riya

Doa Istighfar dari riya© Dream.co.id

Allahumma inni astagfiruka min kulli 'amalin aradtu bihi wajhaka fakholathoni fihi ma laisa laka.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon ampunan kepada-Mu dari setiap amal yang aku tujukan hanya kepada-Mu namun kemudian di dalamnya terkotori dengan tujuan selain kepada-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar