Doa Saat Berbuka Puasa Qadha Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 Desember 2021 06:00
Doa Saat Berbuka Puasa Qadha Ramadan
Puasa qadha wajib dilakukan untuk mengganti puasa Ramadan yang ditinggalkan.

Dream - Saat Ramadan, tentu tidak semua orang bisa berpuasa. Ada beberapa orang yang dibolehkan meninggalkan puasa Ramadan.

Di antaranya, wanita haid, wanita nifas, orang sakit. Selain itu, orang yang sedang berperjalanan jauh.

Terhadap orang-orang tersebut, dibolehkan tidak berpuasa. Syaratnya, wajib mengganti di hari lain sebanyak puasa yang ditinggalkan.

Puasa pengganti dikenal dengan istilah Qadha. Pelaksanaannya sama seperti semua puasa.

Tetapi karena qadha, maka tidak boleh dibatalkan di tengah jalan. Karena, hukumnya tidak mengubah puasa Ramadan.

Saat berbuka puasa qadha, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Buka Puasa Qadha

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthortu.

Artinya,

" Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa, dengan rezeki-Mu aku membatalkannya."

Sumber: Iqra.id.

 

2 dari 5 halaman

Doa Setelah Menyantap Makanan yang Terjamin Kehalalannya

Dream - Halal menjadi isu sangat penting bagi seluruh umat Islam di dunia. Mungkin bagi muslim yang tinggal di Indonesia, makanan halal bukan hal istimewa karena mayoritas penduduknya beragama Islam.

Berbeda kondisinya jika tinggal atau berkunjung ke negara-negara minoritas muslim. Makanan halal jadi bahan konsumsi yang agak sulit didapat. Kalaupun diklaim halal, masih ada keraguan tentang cara mengolah masakan tersebut

Bahkan di negara tetangga saja, mencari makanan halal bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, pedagang makanan di sana yang non-Muslim cukup banyak.

Untuk memastikan, ada baiknya bertanya kepada penjual makanan tentang kehalalan produknya. Kita bisa lebih tenang jika pedagang tersebut dapat menunjukkan tanda halal.

Jika sudah terjamin kehalalannya, maka kita bisa makan dengan tenang. Setelah itu, jangan lupa membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Usai Makan Makanan Halal

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ وَتَنْزِلُ اْلبَرَكَاتُ اَللَّهُمَّ اَطْعِمْنَا طَيِّبًا وَاسْتَعْمِلْنَا صَالِحًا

Alhamdulillahil ladzi bi ni'matihi tatimmush shalikhatu wa tanzilul barakatu. Allahumma ath'imna thoyyiban wasta'milna shalihan.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya kebaikan-kebaikan menjadi sempurna dan berkahan turun. Ya Allah, berilah kami makanan yang baik dan bantulah kami berbuat amal shalih."

Sumber: Bincang Syariah.

4 dari 5 halaman

Doa Meraih Berkah dari Makan dan Minum Seperti Diajarkan Rasulullah

Dream - Makanan dan minuman adalah sumber energi bagi tubuh kita. Selain menjadi kenyang, setiap asupan sehat yang masuk dalam perut membawa beragam zat untuk kebutuhan tumbuh kembang kita.

Tapi lebih dari itu, makanan dan minuman adalah karunia Allah. Diberikan Allah kepada para hamba-Nya agar bisa terus beraktivitas. Sudah sewajarnya kita senantiasa mengucapkan doa syukur atas nikmat yang diterima hampir setiap detik dalam kehidupan ini.    

Dengan perut kenyang, kita bisa terus bekerja. Juga terus memperbanyak amalan shaleh. Selain itu, terus bertobat dari segala kesalahan. Sehingga catatan pahala jadi berat demi kehidupan akhirat kita.

Agar senantiasa mendapatkan berkah dari makan dan minum yang dilakukan setiap hari, maka dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri.

 

5 dari 5 halaman

Doa Berkah Makan dan Minum

الحمد لله الذي أطعمنا وسقانا وجعلنا مسلمين

Alhamdulillahil ladzi ath'amana wa saqona waj'alana muslimin.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang sudah memberi kami makan, minum, dan menjadikan kami orang-orang muslim."

Sumber: Islami.co.

Beri Komentar