Doa Saat Bingung Menghadapi Pilihan Tak Meyakinkan

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 10 September 2021 20:00
Doa Saat Bingung Menghadapi Pilihan Tak Meyakinkan
Keraguan membuat masalah tidak cepat terselesaikan.

Dream - Memilih sesuatu kerap kita hadapi dalam hidup. Tentu kita akan membuat pertimbangan tersendiri sebelum menjatuhkan pilihan mana yang dianggap terbaik.

Kita akan mudah memilih jika pilihan yang ada tak membawa efek besar bagi kehidupan kita. Namun lain halnya jika salah satu dari pilihan itu akan berdampak tidak buruk bagi kita ataupun orang-orang di sekeliling

Manusia ada kalanya harus berhadapan dengan pilihan yang tidak menyakinkan. Kita pun ragu untuk menjatuhkan pilihan. Di saat berada dalam kebingungan tersebut, kita senantiasa memanjatkan doa agar diberi keputusan terbaik.

Apapun kendala yang kita anggap berat, keputusan harus segera dibuat. Meski harus terlebih dahulu menghadapi kebinungan, menjatuhkan pilihan di antara dua hal dengan lebih cepat akan membuat masalah tidak menjadi semakin membesar.

Ketika berhadapan dengan pilihan yang tidak meyakinkan lantas menjadi bingung, segera tenangkan pikiran. Kemudian ucapkan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Bingung Pilihan Tak Meyakinkan

تَوَكَّلْتُ عَلَى اْلحَيِّ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ اَبَدًا والْحَمْدُ للهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَداً وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيراً

Tawakkaltu 'alal hayyil ladzi la yamutu abadan. Walhamdulillahil ladzii lam yattakhidz waladan walam yakullahu syarikun fil mulki wa lam yakullahu waliyyun minadz dzulli wa kabbirhu takbira.

Artinya,

" Aku pasrah terhadap Dzat yang tidak akan mati selamanya. Dan, segala puji bagi Allah, Dzat yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Saat Dihadapkan Pada Pilihan Sulit

Dream - Berhadapan dengan pilihan sulit sering dialami banyak orang. Masing-masing pilihan bernilai baik dan punya kelebihan sendiri-sendiri.

Akibatnya, kita menjadi bimbang. Akhirnya kita sulit mengambil keputusan untuk menjatuhkan pilihan.

Hal ini berlaku hampir di semua kondisi. Baik terkait pendidikan, rezeki, pekerjaan, bahkan jodoh.

Kadangkala, hati kita sudah condong pada pilihan satu. Tetapi, pilihan lain juga tampak baik.

Karena itulah, sangat disarankan kita untuk memohon kepada Allah agar dipilihkan yang terbaik. Doa ini bisa kita baca agar bisa mengambil keputusan tepat saat menghadapi pilihan sulit.

 

3 dari 5 halaman

Doa Pilihan Sulit

اللَّهُمَّ  خِرْ لِيْ وَاخْتَرْ لِيْ اَللَّهُمَّ اَسْئَلُكَ التَّوْفِيْقَ لِمَحَابِّكَ مِنَ اْلاَعْمَالِ وَصِدْقَ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ وَحُسْنَ الظَّنِّ بِكَ

Allahumma khirli wakhtarlii. Allahumma as alukat taufiqo li mahabbika minal a'mali wa shidqot tawakkuli 'alaika wa husnadh dhonni bika.

Artinya:

" Ya Allah, pilihkanlah untukku (yang lebih baik/bermanfaat) dan pilihlah untukku. Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengerjakan amal-amal yang Engkau cintai, (aku memohon) kepasrahan yang benar kepada-Mu, dan berperasangka yang baik kepada-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Menetapkan Pilihan Pasangan Hidup

Dream - Sudah menjadi ketentuan Allah, setiap makhluk diciptakan berpasang-pasangan. Jadi, setiap orang pasti punya jodoh.

Tapi kapan jodoh bisa kita dapatkan, itu soal waktu. Semua diatur oleh Allah SWT.

Nah, bagi yang sudah niat kuat memiliki pasangan dan sedang menjalin keseriusan dengan lawan jenis, dianjurkan untuk taaruf. Mengenali pribadi masing-masing agar bisa sama-sama memahami.

Ketika proses taaruf atau kenalan, kamu mungkin merasa sangat berharap dia adalah jodohmu. Kamu pun berusaha agar hal itu terwujud.

Eits, ingat, jodoh itu rahasia Allah. Jangan terlalu berharap namun pasrahkan kepada Allah.

Ketika menjalani proses taaruf, yakinkan hati dan luruskan niat untuk membina rumah tangga. Agar kamu tepat dalam menetapkan pasangan hidup, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Pilih Pasangan

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَقْدِرُ وَلآ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلآ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ فَإِنْ رَأَيْتَ لِيْ فِيْ (.......) خَيْرًا فِى دِيْنِيْ وَآخِرَتِيْ فَاقْدِرْهَا لِيْ

Allahumma innaka taqdiru wa la aqdiru wa la a'lamu wa anta 'allamul ghuyubi. Fa in ra'aita li fi (...) khairan fi dini wa akhirata faqdirha li.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Men-takdir-kan, dan bukanlah aku yang men-takdir-kan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (...) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya."

Tanda dalam kurung di atas diisi dengan nama calon pasangan dan walinya.

Sumber: NU Online.

Beri Komentar