Doa Saat Cuaca Sedang Panas

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 23 Oktober 2019 06:00
Doa Saat Cuaca Sedang Panas
Cuaca panas bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Dream - Dalam beberapa hari belakangan, sebagian kota di Indonesia mengalami cuaca panas. Suhu udara sampai di atas 35 derajat Celcius.

Cuaca panas dirasakan di sejumlah wilayah. Terutama di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Cuaca panas tidak bisa dianggap sepele. Karena suhu ekstrem bisa menimbulkan sejumlah gangguan pada fungsi tubuh.

Salah satu gangguan yang bisa terjadi yaitu heatstroke. Tidak sedikit kasus orang meninggal akibat suhu ekstrem.

Menjaga kondisi tubuh tetap fit saat cuaca panas tentu jadi salah satu langkah yang direkomendasikan. Selain itu, dianjurkan membaca doa ini.

1 dari 5 halaman

Doa Cuaca Panas

 Doa Cuaca Panas

Allahumma khaffif 'anna wa 'anil muslimin, allahumma qina syarra hadza al har, wahminaa minhu wa mimma yaḥmilu min adza. Allahumma la taj'al fihil maradh wa lal halak li ahadin min 'ibadika. Allahumma khaffif hararatas syamsi, wa atsaraha 'alayna. Allahumma ajirna min nari jahannama ya rahim. Allahumma ajirna min harri jahannama ya ghafiraad dzanbi, wa qabilat taubah, ya ghafur, ya rahim.

Artinya,

" Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan Engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapapun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima tobat. Ya Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih."

2 dari 5 halaman

Doa Masuk Rumah Kosong Tak Terawat

Dream - Rumah menjadi tempat kita bernaung. Juga sebagai tempat kita melepas lelah maupun merayakan berbagai kebahagiaan.

Mungkin kita banyak menemukan rumah-rumah kosong yang lama ditinggalkan pemiliknya. Saking lamanya, rumah tersebut terbengkalai lantaran tidak dirawat.

Seringkali kita merinding setiap kali melihat rumah terbengkalai. Muncul rasa was-was, khawatir ada hal aneh di dalam rumah tersebut.

Belum lagi jika masuk ke rumah tersebut. Kita harus meyakinkan diri agar bisa mengusir rasa takut.

Ketika masuk ke dalam rumah tak terawat, dianjurkan mengucap doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Masuk Rumah Tak Terawat

 Doa Masuk Rumah Tak Terawat

Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis sholihin.

Artinya,

" Keselamatan bagi kita semua dan hamba-hamba Allah yang baik prilakunya dan santun tutur katanya."

4 dari 5 halaman

Doa Singkat Saat Terlanjur Menggibah Orang Lain

Dream - Membicarakan keburukan orang lain pada dasarnya tidak memberikan manfaat apapun. Bahkan cenderung semakin menguatkan kebencian pada sesama.

Sehingga wajar jika Islam melarang umatnya untuk membicarakan keburukan orang lain. Dalam fikih, aktivitas ini dikenal dengan ghibah.

Gibah bisa muncul tanpa kita sadari. Ketika berbincang dengan teman, terkadang tidak sengaja kita malah berghibah tentang orang lain.

Kita mengulas keburukannya satu per satu. Obrolan makin menjadi saat lawan bicara juga mengungkapkan hal sama.

Secara tidak langsung, kebencian pada orang yang dibicarakan semakin bertambah. Kita pun sampai lupa kebaikan orang yang dibicarakan.

Ketika terlanjur mengghibah orang lain, segeralah berhenti. Kemudian ucapkan doa ini, yang terdapat dalam hadis riwayat Al Baihaqi.

5 dari 5 halaman

Doa Terlanjur Mengghibah

 Doa setelah mengghibah

Allahummaghfir lana wa lahu.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah kami dan ampunilah dia (orang yang dighibahi)."

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara