Doa Saat Kehilangan Barang Penting dan Berharga

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 19 Oktober 2019 06:01
Doa Saat Kehilangan Barang Penting dan Berharga
Kehilangan barang bisa memicu munculnya kejengkelan.

Dream - Kehilangan barang sering terjadi dalam kehidupan manusia. Bisa karena keliru penempatan, lupa tempat meletakkan, atau pencurian.

Rasa tidak ikhlas tentu muncul dalam benak kita begitu mengetahui ada barang hilang. Apalagi barang itu sangat diperlukan dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Belum lagi jika yang hilang adalah barang berharga. Sedih rasanya jika barang tersebut tidak lagi bisa ditemukan.

Jika sampai kehilangan benda berharga atau kesayangan bisa membuat badan terasa lemas membayangkan perjuangan yang sulit mendapatkannya namun hilang dalam sekejap.

Apabila ada barang kita yang hilang, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diriwayatkan Imam Thabrani dari Ibnu Umar RA.

 

1 dari 5 halaman

Doa Kehilangan Barang

 Doa Kehilangan Barang

Bismillahi ya hadi adl dlalal wa raddi adl dlalah, urdud 'ala dlalati bi izzatika wa sulthanika fainnaha min 'athaika wa fadllika.

Artinya,

" Dengan nama Allah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaan-Mu dan kekuasaan-Mu, sesungguhnya itu adalah dari pemberian-Mu dan kemurahan-Mu."

2 dari 5 halaman

Doa Terbebas dari Segala Macam Kesulitan Hidup

Dream - Hidup tidak selalu berjalan nyaman. Ada saat-saat di mana hidup terasa begitu berat. Rezeki terasa sulit diraih, beban pun menjadi semakin berat. 

Apalagi di era serba canggih seperti sekarang. Di zaman teknologi media sosial memegang peranan penting, orang menjadi begitu mudah mencerca saudaranya.

Cercaan demi cercaan menjadikan kehidupan semakin berat. Tidak sedikit orang yang menyerah menghadapinya.

Namun bagi seorang Muslim, menyerah pada kesulitan hidup tidaklah dianjurkan. Karena masih ada Allah, tempat memohon segala sesuatu.

Agar terlepas dari segala beban hidup, memperbanyak doa sembari terus berikhtiar adalah jalan yang harus ditempuh orang beriman. Dianjurkan membaca doa ini, yang merupakan ayat 26 dan 27 Surat Ali Imron.

 

3 dari 5 halaman

Doa Lepas dari Kesulitan Hidup

 doa lepas dari kesulitan hidup

Allahumma malikal mulki tu'til mulka man tasya' wa tanzi'ul mulka mimman tasya' wa tu'izzu man tasya' wa tudzillu man tasya'. Biyadikal khoir inna ala kulli syaiin qadir. Tulijul laila fin nahari wa tulijun nahara fil lail, wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayy, wa tarzuqu man tasya'u bi ghairi hisab.

Artinya,

" Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab."

4 dari 5 halaman

Doa Saat Jiwa Mengalami Depresi

Dream - Setiap orang tentu memiliki beban hidup masing-masing. Hal itu menuntut kemampuan seseorang dalam menghadapinya.

Beban hidup sejatinya bukan untuk dihilangkan namun ditangani dengan cara tepat. Karena pada dasarnya beban dalam kehidupan justru semakin bertambah seiring meningkatnya kemampuan seseorang menghadapinya.

Namun demikian, patut kita sadari kemampuan manusia ada batasnya. Bisa jadi, lantaran tidak kuat menghadapi beban, seseorang menjadi depresi.

Jiwanya mengalami guncangan hebat akibat tekanan yang diterimanya setiap hari. Tidak sedikit kasus bunuh diri terjadi akibat depresi.

Ketika jiwa terguncang ataupun depresi, segera baca doa ini. Doa yang terdapat dalam Surat Ar Rad ayat 28 ini bisa jadi jalan untuk meredam depresi.

 

5 dari 5 halaman

Doa Redam Depresi

 Doa Depresi

Alladzina amanu watathmainnu qulubuhum bi dzikrillahi ala bi dzikrillahi tathmainnul qulubu.

Artinya:

" (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan