Doa Saat Melihat Bulan di Malam Hari

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 1 Januari 2020 18:00
Doa Saat Melihat Bulan di Malam Hari
Bulan muncul di malam gelap menakutkan.

Dream - Bulan mungkin jadi penghias malam. Bulan tampak indah saat dipandang di malam gelap.

Namun demikian, malam bisa berubah menjadi saat yang mengerikan. Banyak kejahatan terjadi di malam hari, termasuk segala perbuatan sihir.

Di sebagian masyarakat, sihir menjadi ancaman yang kerap ditakuti. Praktik sihir masih lestari hingga saat ini meski zaman sudah modern.

Karena kebencian tidaklah mengenal zaman. Kapanpun kebencian bisa muncul dan menjelma menjadi kejahatan.

Saat melihat bulan di malam hari, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut adalah surat Al Falaq.

 

1 dari 5 halaman

Doa Lihat Bulan

 Doa Lihat Bulan© Dream.co.id

Bismillahir rahmanir rahim. Qul a'udzu bi rabbil falaq. Min syarri ma kholaq. Wa min syarri ghosiqin idza waqob. Wa min syarrin naffatsati fil 'uqod. Wa min syarri hasidin idza hasad.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah; Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh. Dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

2 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun Baru Agar Terlindung dari Keburukan

Dream - Dalam beberapa jam lagi, kita menyambut datangnya tahun baru masehi. Segala harapan menjadi lebih baik tersemat di tahun selanjutnya.

Pergantian tahun dialami oleh semua orang. Bergantinya tahun merupakan penanda kehidupan yang terus berjalan.

Alam beraktivitas seperti biasa, dengan waktu yang terus berjalan ke depan. Hal tersebut berpengaruh terhadap kebiasaan manusia baik fisik maupun kejiwaan.

Yang muda semakin menua, yang kecil mendewasa. Tumbuhan bersemai hingga panen terjadi. Semua kejadian di alam terjadi secara berulang berdasarkan garisnya.

Bagi seorang mukmin, pergantian tahun membawa harapan untuk pribadi yang lebih baik. Meninggalkan segala keburukan dan kekurangan masa sebelumnya dan membuka lembaran baru kehidupan.

Ketika tahun baru, dianjurkan untuk memanjatkan doa agar menjadi pribadi lebih baik di masa mendatang.

3 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun

 Doa Awal Tahun© Dream.co.id

Allahumma antal ilahul qodim, wa hadzihi sanatun jadidah. Fa as'aluka fihal 'ishmata minas syaithon, wal quwwata 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighola bi ma yuqorribuni ilaika ya karim, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Ya Allah, Engkaulah Tuhan Yang Maha Terdahulu. Hari ini adalah tahun yang baru. Maka aku memohon kepada-Mu perlindungan dari setan, kekuatan mengendalikan hawa nafsu dari amarah yang buruk, dan disibukkan dengan sesuatu yang mendekatkanku kepada Engkau, Yang Maha Mulia, Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan."

4 dari 5 halaman

Doa Akhir Tahun, Dibaca di Pengujung Hari

Dream - Tinggal sehari lagi, 2019 akan berakhir. Fajar tahun baru akan menyingsing dan kita bakal ada di 2020.

Satu tahun berjalan, tentu ada banyak sekali pengalaman yang sudah dijalani. Ada haru, duka, maupun kesenangan.

Tentu semua menjadi kenangan di tiap-tiap orang. Serta menjadi penghias kisah hidup.

Pun demikian dalam hal ibadah. Kita mungkin banyak memiliki kekurangan dalam ibadah selama setahun belakangan.

Menutup tahun, dianjurkan untuk membaca doa ini. Lewat doa, kita mohonkan ampunan atas segala kesalahan yang pernah terjadi kepada Allah SWT.

 

5 dari 5 halaman

Doa Akhir Tahun

 Doa Akhir Tahun© Dream.co.id

Allahumma ma 'alimtu fi hadzihis sanah mimma nahaitani 'anhu fa lam atub 'anhu, wa lam tardlahu wa lam tansahu, wa halimta 'alayya ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'utani ilat taubati mim ba'di jara'ati 'ala ma'shiyyatika, fa inni astaghfiruka faghfirli.

Wa ma 'alimtu fiha mimma tardlahu wa wa'adtani 'alaihis sawab, fa as'alukallahumma ya karim ya dzal jalali wal ikram an tataqabbalahu minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, apa yang kulakukan di tahun berupa yang Engkau larang, aku belum bertobat darinya. Dan Engkau (tentu) tidak meridhai perbuatan itu lagi dan tidak (akan) melupakannya. (Namun) Engkau begitu lembut meski Engkau mampu membalas perilaku aku. Engkau mengajak aku untuk bertobat setelah aku larut dalam perbuat maksiat kepada-Mu. Maka, sungguh, aku memohon ampunan-Mu, ampunilah Aku.

Dan, apa yang aku lakukan di tahun ini yang Engkau ridhai dan janjikan ganjaran padanya, maka aku bermohon pada-Mu Ya Allah Yang Maha Mulia, Yang Maha Memiliki Keagungan dan Kemuliaan, untuk menerima amalku, dan tidak memupuskan harapanku pada-Mu. Dan Allah senantiasa berselawat dan memohon selamat kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., keluarganya dan para sahabatnya."

Beri Komentar