Doa Saat Melihat Orang Alami Cobaan

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 2 Juli 2019 06:01
Doa Saat Melihat Orang Alami Cobaan
Cobaan bisa datang kepada siapa saja. Jika selamat, semata karena kasih Allah.

Dream - Dalam beberapa tahun belakangan, Indonesia kerap dilanda musibah hebat. Mulai dari gempa dahsyat, tsunami, hingga banjir parah.

Kejadian itu dapat langsung disaksikan dampaknya. Lewat televisi, kita bisa melihat bagaimana para korban yang bernasib malang

Kejadian serupa bisa terjadi pada kita. Entah kapanpun itu, cobaan bisa datang bahkan dengan bertubi-tubi.

Mungkin bisa jadi keberuntungan bagi kita jika tidak mendapat cobaan semacam itu. Tetapi, patutlah kita sadari semua semata karena kasih sayang Allah.

Ketika menyaksikan orang mengalami cobaan, dianjurkan membaca doa ini. Setelah itu, memberikan empati kepada mereka dan berusaha meringankan bebannya.

 

1 dari 5 halaman

Doa Melihat Orang Dapat Cobaan

 Doa cobaan© dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi 'afani mimma ibtalaka bihi wa fadldlalani 'ala katsirin mimman kholaqo tafdlila.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan aku dari sesuatu yang Allah memberi cobaan kepadamu. Dan Allah telah memberi kemuliaan kepadaku, melebihi orang banyak."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Bisa Lancar Melewati Jembatan di Hari Kiamat

Dream - Setiap kali mengikuti ceramah, kita mungkin kerap mendengar istilah jembatan Sirath. Para ustaz biasanya menggambarkannya dengan jembatan selebar rambut.

Setiap manusia diharuskan melewatinya kelak saat Hari Kiamat tiba. Di bawah jembatan itu ada neraka dengan api menyala-nyala.

Jembatan itu hanya bisa dilewati oleh orang tertentu. Bisa melintas di atasnya, Insya Allah seseorang akan masuk surga.

Penentu keselamatan dalam perjalanan melintasi jembatan sirath tidak lain adalah amal selama di dunia dan rahmat Allah SWT.

Untuk bisa melewati jembatan ini, para ulama mengajarkan sebuah doa. Doa ini bisa dibaca setiap kali usai sholat.

3 dari 5 halaman

Doa Selamat Lewati Jembatan Sirath

 Doa Selamat lewati Jembatan Sirath© dream.co.id

Asyhadu an la ilaha illallahu wahdaha la syarīka lahu ilahan wahidan, wa rabban syahidan, la ma'buda siwahu, wa nahnu lahu muslimun.

Artinya,

" Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah yang Esa. Tiada sekutu bagi-Nya sebagai Tuhan yang Esa dan Tuhan yang menyaksikan. Tiada zat yang (patut) disembah selain-Nya. Kami tunduk kepada-Nya."

Sumber: NU Online

4 dari 5 halaman

Doa Berangkat Kerja Saat Rezeki Terasa Sulit

Dream - Rezeki sulit tentu membuat hidup tidak nyaman. Pikiran berkecamuk, terbayang bagaimana cara memenuhi kebutuhan esok hari.

Apalagi jika gaji bulanan sudah habis, sementara kebutuhan masih banyak. Di kondisi ini, kerja jadi tidak tenang. Bahkan dalam kondisi tertentu harus menahan lapar.

Belum lagi pada mereka yang berprofesi sebagai pedagang kecil. Kondisinya jauh lebih bergejolak. Sekarang punya uang, belum tentu besok pasti dapat.

Namun begitu, tugas manusia adalah berusaha demi meraih rezekinya. Entah dia bekerja sebagai karyawan, buruh kasar, pedagang, dan lain sebagainya.

Sedangkan rezeki merupakan urusan Allah. Setelah berusaha, manusia patut meminta kepada Sang Maha Pemilik Rezeki.

 

5 dari 5 halaman

Doa Keluar Rumah untuk Cari Rezeki

Ketika mengalami rezeki sulit, ada baiknya saat melangkah ke luar rumah untuk berusaha agar membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

 Doa Berangkat Usaha© dream.co.id

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha'ika, wa barik li fîma quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta, wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin