Doa Saat Mendapatkan Nikmat yang Membahagiakan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Juli 2019 06:02
Doa Saat Mendapatkan Nikmat yang Membahagiakan
Nikmat membuat hidup terasa berkah.

Dream - Dalam hidup, hal yang dicari manusia adalah rahmat dan nikmat dari Allah SWT. Tentu, nikmat itu telah mendapatkan ridha dari Allah.

Mendapatkan nikmat tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Hidup berjalan dengan ringan dan menyenangkan.

Allah memberikan nikmat kepada setiap makhluknya. Nikmat merupakan wujud kasih sayang Allah yang diberikan tanpa syarat.

Sedangkan kita patut memanfaatkan nikmat itu dengan sebaik-baiknya. Selain itu, patut pula kita bersyukur atas segala nikmat yang diperoleh.

Agar Allah senantiasa memberikan nikmat-Nya pada kita, dianjurkan membaca doa ini. Doa ini bisa dilafalkan kapan pun, termasuk usai sholat.

1 dari 5 halaman

Doa Mendapatkan Nikmat

Doa mendapatkan nikmat© dream.co.id

Allahumma inna nas aluka minan ni'mati tamamaha wa minal 'ishmati dawamaha wa minar rohmati syumulaha wa minal 'afiyati hushulaha wa minal 'aisyi arghadahu wa minal 'umri as'adahu wa minal ihsani atammahu wa minal in'ami a'ammahu wa minal fadhli a'zabahu wa minal luthfi anfa'ahu. Allahumma kun 'alaina wa la takun 'alaina.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu karunia kenikmatan sempurna, perlindungan abadi, kasih sayang yang menghampar, kesejahteraan, kehidupan yang paling menyenangkan, umur yang paling membahagiakan, kebaikan yang paling sempurna, kenikmatan yang paling luas, keutamaan yang paling baik, juga kemurahan yang paling bermanfaat. Ya Allah, jadikanlah apapun bermanfaat pada kami, jangan jadikan apapun membahayakan kami."

(ism)

2 dari 5 halaman

Doa Berangkat Kerja Saat Rezeki Terasa Sulit

Dream - Rezeki sulit tentu membuat hidup tidak nyaman. Pikiran berkecamuk, terbayang bagaimana cara memenuhi kebutuhan esok hari.

Apalagi jika gaji bulanan sudah habis, sementara kebutuhan masih banyak. Di kondisi ini, kerja jadi tidak tenang. Bahkan dalam kondisi tertentu harus menahan lapar.

Belum lagi pada mereka yang berprofesi sebagai pedagang kecil. Kondisinya jauh lebih bergejolak. Sekarang punya uang, belum tentu besok pasti dapat.

Namun begitu, tugas manusia adalah berusaha demi meraih rezekinya. Entah dia bekerja sebagai karyawan, buruh kasar, pedagang, dan lain sebagainya.

Sedangkan rezeki merupakan urusan Allah. Setelah berusaha, manusia patut meminta kepada Sang Maha Pemilik Rezeki.

 

3 dari 5 halaman

Doa Keluar Rumah untuk Cari Rezeki

Ketika mengalami rezeki sulit, ada baiknya saat melangkah ke luar rumah untuk berusaha agar membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Doa Berangkat Usaha© dream.co.id

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha'ika, wa barik li fîma quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta, wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

4 dari 5 halaman

Doa Dapat Rezeki Karena Ditraktir Makan

Dream - Sudah jadi pemahaman bersama, makan adalah kebutuhan utama semua orang. Makanan juga merupakan rezeki.

Sebagai rezeki, makanan bisa kita dapatkan dengan mengupayakannya. Caranya dengan memasak atau membeli dengan upah dari hasil usaha.

Namun demikian, ada kalanya kita mungkin diajak makan orang lain. Semua biaya ditanggung oleh orang tersebut dan kita hanya tinggal makan. Istilahnya, ditraktir makan.

Tentu, ditraktir makan jadi kebahagiaan tersendiri bagi kita. Namun begitu, jangan sampai melupakan kebaikan orang yang mentraktir kita.

Mungkin kita tidak bisa membalas kebaikan orang tersebut dalam waktu dekat. Jika demikian, balaslah dengan mendoakan orang itu.

5 dari 5 halaman

Doa Ditraktir Makan

Berikut doa untuk orang yang telah mentraktir kita makan.

Doa ditraktir makan© dream.co.id

Allahumma barik lahum fi ma razaqtahum, waghfir lahum, warhamhum.

Artinya,

" Tuhanku, berkatilah mereka (yang mentraktirku) pada nikmat yang Kau anugerahkan kepada mereka. Ampuni dan rahmatilah mereka."

Beri Komentar