Doa Saat Mengalami Kerugian, Diamalkan Usai Baca Surat Ad Dhuha

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 3 September 2021 06:01
Doa Saat Mengalami Kerugian, Diamalkan Usai Baca Surat Ad Dhuha
Surat Ad Dhuha bisa menjadi jalan keluar ketika mengalami kerugian.

Dream - Hidup terasa menyedihkan saat kita diuji dengan kerugian usaha. Kita menjadi merasa serba sulit dan semangat mengembangkan usaha menjadi semakin berat.

Kerugian bisa kita alami dalam kondisi apapun termasuk ketika kita memiliki usaha. Bisa jadi kita diuji dengan dagangan yang tidak laku atau menjadi korban kejahatan seperti penipuan.

Saat mengalaminya, Alquran bisa menjadi jalan keluar karena di dalamnya terdapat banyak sekali petunjuk.

Salah satunya, terdapat pada Surat Ad Dhuha yang mengupas tentang keutamaan waktu Dhuha.

Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam Abwabul Faraj menjelaskan para ulama salaf membiasakan diri membaca Surat Ad Dhuha ketika mengalami kerugian. Biasanya dibaca usai mendirikan Sholat Sunah Dhuha.

Usai membaca surat tersebut, para alim ulama ini membiasakan membaca doa ini. Insya Allah, kerugian tersebut segera diganti oleh Allah.

 

1 dari 3 halaman

Doa Saat Merugi, Usai Surat Ad Dhuha

يَا جَامِعَ الْعَجَائِبِ، يَا رَادٌّ كُلِّ غَائِبِ، يَاجَامِعَ الشَّتَاتِ، يَامَنْ مَقَالِيْدُ الْأُمُوْرِ بِيَدِهِ، اِجْمَعْ عَلَيَّ ضَائِعِيْ، أَوْ اِجْمَعْ ضَائِعِ فُلَاِن عِلِيْهِ، لاَجَامِعَ إِلاِّ أَنْتَ

Ya jami'al aja'ibi, ya radda kullil ghoibi, ya jami'asy syatati, ya man maqalidil umuri biyadihi, ijma' 'alayya dlai'i, aw ijma' dlai'i Fulani 'alaihi, la jami'a illa anta.

Artinya,

" Wahai Sang Penghimpun segala hal menakjubkan. Wahai Sang Pengembali segala sesuatu yang tidak ada. Wahai Sang Penghimpun segala hal yang terpencar. Wahai yang di tangan-Nya ada kunci segala urusan. Himpunlah bagiku barangku yang hilang. Atau himpunlah barang hilang si fulan baginya. Tidak ada yang menghimpunnya baginya selain Engkau."

Sumber: Islami.co

2 dari 3 halaman

Doa Usai Membaca Surat Ad Dhuha Agar Dicukupkan Kekayaan

Dream - Nama Ad Dhuha terkesan mengandung keberkahan. Bagaimana tidak, nama ini identik dengan ibadah pagi yang banyak manfaatnya, sholat sunnah Dhuha.

Meski secara syariat hanya berhukum sunat, Sholat Sunah Dhuha dianjurkan untuk orang yang ingin mendapatkan manfaat tertentu. Seperti dilancarkan rezeki materi, dijauhkan dari bala dan sakit, serta dimudahkan segala urusan hidup.

Ad Dhuha sendiri juga merupakan nama dari salah satu surat dalam Alquran. Ini termasuk dalam daftar surat-surat pendek di juz 30.

Surat Ad Dhuha berisi pesan mengenai waktu Dhuha. Waktu yang mustajab untuk berdoa.

Surat Ad Dhuha dapat kita baca untuk segala kebutuhan. Karena surat ini, seperti surat-surat lainnya dalam Alquran, mengandung banyak keutamaan.

Selesai membaca Surat Ad Dhuha, dianjurkan untuk mengamalkan doa ini. Doa ini agar kita dicukupkan kekayaan dan diberi petunnuk.

 

3 dari 3 halaman

Doa Setelah Baca Surat Ad Dhuha

اَللَّهُمَّ يَاغَنِىُّ يَامُغْنِى، أَغْنِنِى غِنًى لاَ أَخَافُ بَعْدَهُ فَقْراً وأَهْدِنِى فَإنِّى ضَالٌّ وَعَلِّمْنِى فَإِنِّىْ جَاهِلٌ

Allahumma ya ghaniyyu ya mugni aghnini ghinal la akhofu ba'dahu faqran wahdini fainni dlallun wa 'allimni fainni jahilun.

Artinya,

" Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Mencukupi, cukupkanlah aku dengan kekayaan yang setelahnya aku tidak takut miskin, dan berilah aku petunjuk karena aku sesat dan ajarilah aku karena aku bodoh."

Sumber: Bincang Syariah.

Beri Komentar