Doa Saat Mengalami Musibah

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 1 Februari 2020 06:03
Doa Saat Mengalami Musibah
Musibah tentu mendatangkan kesedihan yang mendalam.

Dream - Musibah memang hal yang tidak diinginkan terjadi oleh semua orang. Tetapi, datangnya musibah tidak dapat ditolak.

Musibah bisa terjadi karena apa saja. Baik bencana alam, kecelakaan ataupun lainnya.

Tentu, mengalaminya menghadirkan perasaan duka mendalam. Apalagi jika musibah terjadi pada sesuatu yang sangat disayangi.

Misalnya, anak yang ada dalam kandungan keguguran. Orangtuanya tentu sangat merasakan kesedihan terutama sang ibu.

Namun begitu, seorang Muslim dituntut untuk sabar dan ikhlas. Musibah harus diterima, sesakit apapun perasaan yang muncul.

Ketika mengalami musibah, bacalah doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada Ummu Salamah, yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

1 dari 5 halaman

Doa Musibah

Doa Musibah© Dream.co.id

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Allahumma'jurni fi mushibati wa akhlif li khoiran minha

Artinya,

" Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Tidak Keracunan Makanan

Dream - Keracunan memang bukan hal baru dalam kehidupan manusia. Tidak bisa dipungkiri, makanan bisa menjadi sarana menghantarkan racun.

Sebabnya, makanan masuk dan langsung dicerna oleh lambung. Segala jenis zat dalam makanan pun seketika diserap tubuh.

Banyak sekali kasus keracunan yang terjadi di sekitar kita. Baik itu tidak disengaja maupun memang disengaja dengan niat jahat di baliknya.

Keracunan yang tidak disengaja bisa terjadi akibat reaksi kimia dari bahan-bahan masakan. Bisa karena pengolahan yang tidak higienis, kondisi bahan yang sudah tidak layak, ataupun sebab lainnya.

Meski mungkin kasus biasa, keracunan tidak bisa dianggap kejadian sepele. Bisa sampai terlambat atau salah penanganan, keracunan bisa menyebabkan kematian.

Tentunya kita dianjurkan berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Agar terhindar dari bahaya keracunan, dianjurkan membaca doa ini yang terdapat dalam kitab Mushannad Ibnu Abi Syaibah.

3 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Keracunan

Doa terhindar dari keracunan© Dream.co.id

Bismillahi khoirul asmai lillahi fil ardli wa fis samai la yadhurru ma 'asmihi da un. Allahummaj'al fihi barakatan wa 'afiyatan wa syifaan.

Artinya,

" Dengan nama Allah, sebaik-baik nama Allah di langit maupun di bumi, bersama nama-Nya tidak ada penyakit yang dapat membahayakan. Ya Allah, jadikanlah di dalamnya (makanan) keberkahan, kesehatan dan kesembuhan."

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Usia Panjang yang Selalu Dipenuhi Ketaatan

Dream - Waktu terus bergerak dan tahun selalu berganti. Setiap yang ada di dunia selalu timbul dan tenggelam.

Momen bertambah usia menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Tahun berganti, usia manusia terus bertambah.

Fisik manusia pun terus berubah. Dari bayi tanpa daya menjadi manusia dengan segenap kemampuannya.

Sepanjang berjalannya usia, tentu kita ingin mengisinya dengan hal-hal positif. Tidak hanya seputar duniawi namun juga demi kepentingan akhirat.

Setiap bertambah usia, kita dianjurkan untuk memohon yang terbaik kepada Allah SWT. Salah satunya dengan mengucap doa panjang umur di bawah ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Panjang Umur

Doa Panjang Umur© Dream.co.id

Allahumma inna nas'aluka thulal 'umuri biththo'ati wakhtim lana bil a'malish sholikhat.

Artinya,

" Ya Allah, kami memohon kepada-Mu panjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan amalan yang baik."

Beri Komentar