Doa Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 17 November 2019 18:00
Doa Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir
Doakan bayi agar jadi anak sholeh dan sholehah.

Dream - Bayi lahir tidak hanya ditunggu oleh orangtua namun banyak orang. Karena kelahiran bayi menghadirkan kebahagiaan tersendiri. 

Di masyarakat Indonesia, terdapat kebiasaan menjenguk bayi baru lahir. Kunjungan itu untuk menengok rupa bayi sekaligus merayakan kebahagiaan bersama dengan orang tuanya.

Kebiasaan ini juga dianjurkan dalam Islam. Karena menjenguk bayi dapat menjadi sarana menyambung silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan.

Selain itu, kunjungan dapat menjadi penguat bagi ibu yang baru melahirkan. Seperti mendapatkan dukungan untuk kembali pulih dari sakit usai melahirkan.

Ketika menjenguk bayi yang baru lahir, dianjurkan membaca doa ini: 

 

1 dari 5 halaman

Doa Jenguk Bayi

 Doa Jenguk Bayi

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya,

" Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya."

2 dari 5 halaman

Doa Penguat Iman, Dibaca Antara Sholat Sunah Qabliyah Subuh

Dream - Iman dalam hati seseorang tidaklah selalu kuat. Buktinya bisa terlihat dengan jelas. Ada kala kita melihat seseorang tekun beribadah. Di hari lain, dia terlihat bermalas-malasan menunaikan kewajibannya kepada Yang Maha Kuasa.

Seseorang yang kelihatannya saleh belum tentu memiliki keimanan kuat. Sebab, iman selalu mendapat ujian untuk mengukur tingkat kekuatannya.

Ujian tidak semata soal keburukan. Ujian iman bahkan bisa berbentuk hal melenakan. Pun tidak hanya dari luar, dari dalam diri manusia ujian bisa datang. Misalnya, muncul sifat buruk tanpa kita sadari seperti riya, ujub, sombong, dan lain sebagainya.

Meski hanya terasa dalam hati, sifat-sifat itu bisa membuat keimanan melemah. Sehingga setiap Muslim diharuskan untuk menghindar dari segala sifat buruk itu dan berusaha menjaga diri dari segala godaan.

Agar keimanan semakin kuat, dianjurkan membaca doa ini setiap kali selesai melaksanakan sholat sunah qabliyah Subuh. Insya Allah, Allah akan menguatkan keimanan kita.

3 dari 5 halaman

Doa Penguat Iman

 Doa Penguat Iman

Ya hayyu ya qoyyum yaabadi'as samawati wal ardhi ya dzal jalali wal ikroom. Ya Allah la ilaha illa anta as aluka an tuhyiya qolbi bi nuri ma'rifatika. Ya Allahu ya Allahu ya Allahu ya arhamar rohimin.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, Yang Menciptakan langit dan bumi, Yang Memiliki keagungan dan kemuliaan. Ya Allah, tiada Tuhan selain Engkau, aku mohon kepada-Mu untuk menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifah-Mu. Ya Allah, ya Allah, ya Allah, wahai Yang Paling Pengasih."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Jadi Pribadi Dikenang Baik

Dream - Tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Setiap orang tentu punya sisi baik maupun buruk.

Hal itu akan berpengaruh pada penilaian orang. Apapun kesan yang kita buat di mata orang lain bisa terpelihara sampai kapanpun.

Bisa kita pahami, orang lain memandang kita dari apa yang mereka tangkap. Selama keburukan yang didapat, kita akan dikenang dengan keburukan itu.

Tentu saja, semua orang ingin dikenang dengan kebaikannya. Sebisa mungkin, keburukan mereka tak meninggalkan kesan kepada orang lain.

Agar dikenang menjadi pribadi yang baik, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan petikan Surat Asy Syuara ayat 84.

 

5 dari 5 halaman

Doa Dikenang Baik

 Doa agar jadi pribadi dikenang baik

Waj’al li lisana shidqin fil akharin.

Artinya,

" Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian."

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting