Doa Agar Harapan yang Diinginkan Bisa Terwujud

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 12 Juli 2020 18:02
Doa Agar Harapan yang Diinginkan Bisa Terwujud
Doa ini diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadisnya.

Dream - Setiap kita memiliki harapan, tentunya sangat menginginkannya terwujud. Apalagi jika harapan itu sifatnya besar dan menyangkut hajat hidup saat ini dan masa depan.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan rezeki dan pekerjaan. Atau agar bisa menempuh pendidikan di institusi idaman.

Bisa juga yang berkaitan dengan sesuatu yang mungkin sulit terwujud namun bukan berarti tidak bisa. Seperti kesembuhan dari sakit menahun dan lain sebagainya.

Semua harapan itu bisa terwujud selama kita menyandarkan diri pada Allah. Juga tidak lelah untuk memohon kepada-Nya.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa khusus agar harapan kita bisa terwujud. Terutama untuk harapan yang kita sangat menginginkannnya terwujud.

Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah, diriwayatkan dari Usman bin Hunaif.

 

1 dari 5 halaman

Doa Harapan Bisa Terkabul

 Doa Agar Harapan Bisa Terwujud© Dream.co.id

Allahumma ini as'aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi'hu fiyya.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada Engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku."

2 dari 5 halaman

Doa Syukur Atas Nikmat Tiap Hari

Dream - Nikmat Allah tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Setiap hari, kita merasakan begitu banyaknya nikmat Allah yang diberikan.

Seperti nikmat tidur, makan, beraktivitas dan masih banyak lagi. Semua itu kita terima sehingga kehidupan bisa terus berlangsung.

Apa jadinya jika nikmat itu tak ada? Rasanya akan sulit bagi kita menjalani hidup.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu bersyukur. Berterima kasih kepada Allah atas nikmat yang kita terima setiap harinya.

Iringi hal tersebut dengan mengucap doa ini. Doa tersebut tercantum dalam riwayat Imam Nasai dari sahabat Ibnu Umar RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Syukur Nikmat Tiap Hari

 Doa syukur nikmat© Dream.co.id

Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha. Allahumma inni as’alukal 'afiyah.

Artinya:

" Ya Allah, Engkau telah menciptakan jiwaku, dan Engkau juga yang akan mengambilnya. Mati dan hidup jiwa ini adalah milik-Mu. Jika Engkau memberikan nyawa pada jiwa itu, tolong jagalah. Tapi jika Engkau cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Aku memohon pada-Mu keselataman (agama dan duniaku)."

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Kebaikan Saat Tertimpa Musibah

Dream - Setiap musibah melanda, tidak ada perasaan yang dialami seseorang selain kesedihan. Bahkan kesedihan yang muncul sampai mendalam.

Perasaan tidak ikhlas pun menyelinap di tengah kesedihan yang terjadi. Seperti tidak terima dengan apa yang dialami.

Sebagai manusia beriman, kita tidak boleh larut dalam kesedihan tersebut. Jangan sampai kita justru melakukan kerugian akibat rasa sedih itu.

Musibah bisa dialami siapa saja. Bahkan pada orang yang sangat baik sekalipun.

Kita dituntut untuk selalu ikhlas setiap kali tertimpa musibah. Sembari berdoa agar Allah menggantinya dengan yang lebih baik.

Berikut doa tertimpa musibah agar diganti dengan yang lebih baik, diriwayatkan Imam Abu Daud dari Ummu Salamah RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Mendapat Ganti Lebih Baik Saat Musibah Terjadi

 Doa Saat Dilanda Musibah© Dream.co.id

Inna lillahi wa inna ilahi raji‘un. Allahumma 'indaka ahtasibu mushibati, fa'ajirni fiha, wa abdilni biha khoiram minha.

Artinya,

" Kami milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, aku gantungkan (pahala) musibahku. Berikanlah aku pahala dan gantikan dengan nikmat yang lebih baik sebab musibah itu."

Beri Komentar