Doa Saat Salaman dan Cium Tangan Orangtua

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 Desember 2021 20:00
Doa Saat Salaman dan Cium Tangan Orangtua
Mencium tangan orangtua merupakan perwujudan bakti anak.

Dream - Dalam ajaran Islam, wajib hukumnya anak berbakti kepada orangtua. Sebab orangtua menjadi kunci seorang anak mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Jika orangtua ridha, maka Allah juga ridha. Sehingga patutlah kita memperhatikan betul petuah orangtua.

Menjadi kewajiban seorang anak pula untuk mendoakan orangtua. Doa dari anak shalih shalihah akan menjadi bekal orangtua di akhirat.

Sebagai bagian dari bakti, ada beberapa perbuatan yang bisa kita lakukan kepada ayah dan ibu. Salah satunya, mencium tangannya saat bersalaman.

Setelah itu, doakan mereka dengan doa ini.

 

1 dari 3 halaman

Doa Cium Tangan Orangtua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Allahummaghfirli dzunubi waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghira. Allahumma rabbana atina fiddunya hhasanatan wa fil akhirati khasanatan wa qinaa 'azaban nar.

Artinya,

" Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka berdua merawatku ketika aku masih kecil. Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 3 halaman

Doa Orangtua Ketika Anak Sulit Dinasihati

Dream - Setiap anak tentu punya karakter masing-masing. Ada yang lemah lembut, beberap lainnya keras kepala. Apapun sifat yang dimilikinya, seorang ibu dan bapak akan selalu menyanyangi buah hati mereka

Para orangtua berusaha memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka. Mengajarkan mana yang baik dan buruk sehingga mereka punya pegangan. Serta tak lepas memanjatkan doa agar memiliki anak sholeh atau sholehah.

Dalam membesarkan dan mendidik anak, para orangtua tentu mengalami banyak tantangan. Mulai dari menghadapi emosi anak yang tidak stabil hingga keras kepalanya anak.

Soal keras kepala, seringkali orangtua kesulitan memberikan nasihat. Anak memilih untuk tetap pada pendiriannya meskipun sebenarnya dapat berdampak buruk.

Ketika mengalami hal ini, kita cukup memasrahkan kepada Allah dengan membaca doa. Salah satunya, mengamalkan doa ini.

 

3 dari 3 halaman

Doa Untuk Anak Yang Susah Dinasehati


‏اللَّهُمَّ بَارِكْ لِى فِى أَوْلاَدِى, وَاحْفَظْهُمْ وَلاَ تَضُرُّهُمْ,
وَوَفِّقْـهُمْ لِطَاعَتِكَ, وَارْزُقْنِى بِرَّهُـمْ,بِرَحْمَتِكَ يَـاأرْحَـمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma barik li fi auladi wahfadhhum wala tadhurruhum wa waffiqhum li tho'atika warzuqni birrahum bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, berkahi aku pada diri anak-anakku, dan jagalah mereka serta janganlah Engkau bahayakan, dan limpahi merek taufik untuk taat kepada-Mu, dan karuniakan kepadaku ketaatan mereka (birrul walidain) kepadaku, dengan rahmat-Mu ya Allah, Dzat yang Maha Penyayang."

Sumber: Laduni.id.

Beri Komentar