Doa Saat Sandal Putus di Tengah Perjalanan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 26 September 2019 10:02
Doa Saat Sandal Putus di Tengah Perjalanan
Sandal putus pernah dialami Rasulullah.

Dream - Keberadaan sandal tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Meski sepele, benda ini memiliki peran penting.

Sebagai alas, sandal melindungi telapak kaki dari benda asing yang berbahaya. Juga bisa menjadi pencegah telapak kaki terbakar akibat menyentuh permukaan tanah panas terkena sinar matahari.

Karena sudah begitu dekat dengan keseharian, orang sering meremehkan fungsi sandal. Baru setelah ada masalah pada sandal, orang merasakan kehilangan fungsinya.

Salah satu masalah yang kerap dialami seputar sandal adalah putus saat dipakai. Kondisi ini sering membuat orang kebingungan sehingga terpaksa bertelanjang kaki.

Hal ini pernah juga dialami Rasulullah Muhammad SAW. Dalam hadis riwayat Ibnu Sunni dari Abu Idris Al Khaulani, diceritakan sandal Rasulullah putus saat berjalan bersama beberapa sahabat.

 

1 dari 5 halaman

Doa Sandal Putus

Ketika sandal putus, Rasulullah mengucapkan doa ini.

Doa Sandal Putus© dream.co.id

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun

Artinya,

" Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali."

© Dream
2 dari 5 halaman

Doa Minta Kesembuhan dari Sakit Kencing Batu

Dream - Setiap penyakit pasti ada obatnya. Sakit yang tidak ada obatnya hanyalah kematian.

Ungkapan di atas kerap kita dengar dalam ceramah maupun pengajian. Para ustaz maupun kiai menyampaikan pesan tersebut agar umat Islam tidak menyerah melawan penyakit.

Seberat apapun penyakit, ada cara untuk menyembuhkannya. Kita hanya diharuskan bersabar dan terus mengupayakan yang terbaik melalui pengobatan dan doa.

Dewasa ini, kencing batu merupakan penyakit yang kerap dialami masyarakat kekinian. Ini bisa terjadi salah satu disebabkan gaya hidup tidak sehat.

Ketika mengalami kencing batu, selain menjalani pengobatan kita dianjurkan untuk memohon kesembuhan kepada Allah. Caranya dengan doa ruqyah Abu Darda yang didapatnya dari Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Thabrani.

 

3 dari 5 halaman

Doa Saat Sakit Kencing Batu

Doa Sakit Kencing Batu© dream.co.id

Rabbunnallahullazi fis samaii taqaddasa ismuka amruka fis samai wal ardhi kama rahmatuka fis samai faj'al rahmataka fil ardhi waghfir lana hubana wa khothoyana anta rabbut thoyyibin fa anzil syifaan min syifaika wa rahmatan min rahmatika 'ala hazal waja'i fa yabrou.

Artinya,

" Tuhan kami di langit Yang Maha Suci nama-Nya, urusan-Mu di langit dan bumi. sebagaimana rahmat-Mu di langit, maka jadikanlah ia juga di bumi, dan ampunilah dosa-dosa dan kesalahan kami, Engkau Tuhan orang-orang yang baik, maka turunkanlah kesembuhan dari kesembuhan-Mu, dan rahmat dari rahmat-Mu atas penyakit ini sehingga ia sembuh."

© Dream
4 dari 5 halaman

Doa Mohon Turun Hujan Dibaca Rasulullah Saat Kekeringan

Dream - Ketika terjadi kekeringan parah, kehadiran hujan sangat diharapkan. Hujan ibarat momen pembangkit energi yang hampir lenyap.

Air merupakan benda yang memiliki fungsi amat vital bagi kehidupan. Setiap makhluk mungkin bisa bertahan dalam waktu lama jika tanpa makanan namun tidak dengan kekurangan air.

Kondisi kekeringan yang terjadi seperti sekarang ini menyebabkan sebagian daerah kekurangan air. Masyarakat harus mengeluarkan upaya lebih demi bisa mengakses air bersih.

Sementara di daerah lain, musim kering menjadi faktor yang mendukung terbakarnya lahan. Sedikit saja api menyala di semak, dengan cepat menyebar dan menimbulkan kebakaran hutan.

Kekeringan juga pernah dialami Rasulullah Muhammad SAW. Agar diturunkan hujan, Rasulullah memanjatkan doa kepada Allah.

Ada beberapa doa Rasulullah meminta hujan kepada Allah. Salah satunya doa berikut, yang diriwayatkan Imam Abu Dawud.

5 dari 5 halaman

Doa Minta Hujan

Doa agar hujan turun© dream.co.id

Allahummasqina ghaitsan mughitsan mariam mari'a, nafi'an ghaira dlarrin, 'ajilan ghaira ajilin.

Artinya,

" Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda."

© Dream
Beri Komentar