Doa Saat Tak Bisa Khusyuk Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 6 Juni 2021 18:00
Doa Saat Tak Bisa Khusyuk Sholat
Dengan kekhusyukan, kita bisa menjalankan sholat tanpa gangguan.

Dream - Dalam sholat, kita dituntut untuk menepikan lebih dulu semua urusan dunia. Sehingga, kita bisa khusyuk dalam sholat.

Kekhusyukan menandakan kita hanya fokus pada ibadah. Segala hal di luar ibadah tidak bisa menganggu kita.

Sayangnya, seringkali kita sulit khusyuk. Ada saja hal yang mengganggu konsentrasi kita.

Padahal, kita sudah mempersiapkan diri sebelum sholat. Tetap saja, gangguan datang membuyarkan fokus.

Meski sulit, kita tetap harus berusaha. Agar bisa khusyuk, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Agar Khusyuk

Doa Khusyuk© Dream.co.id

Allahumma inna na'udzubika min 'ilmin la yanfa'u wa min qolbin la yakhsya'u wa min nafsin la tasyba'u wa min 'amalin la yutaqobbalu wa min du'a-in la yusma'u. Ilahana dholamna anfusana faqod amartana fatarakna wa nahaitana fartakabna fala yasa'una illa 'afwuka allahumma taqobbal a'malana wa tammin taqshirana wamnahnal khosyyata wal khusyu'. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak kenyang (puas), dari amal yang tidak diterima dan dari doa yang tidak dikabulkan. Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, Engkau memerintahkan kami berbuat tetapi kami tidak mengerjakannya, Engkau melarang kami, tetap larangan-Mu kami abaikan, sehingga tiada yang kami harapkan kecuali pengempunan-Mu. Ya Allah, terimalah amal-amal kami dan sempurnakanlah apa yang kurang dari kami serta anugerahilah kami rasa takut dan khusyuk terhadap-Mu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan juga kepada keluarga dan sahabatnya. Semoga Allah juga memberikan keselamatan kepada mereka." (mut)

 

2 dari 5 halaman

Ketika Bersin di Tengah Sholat, Ini Doanya

Dream - Kita pernah mengalami bersin. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika kita menghirup udara yang tak bersih.

Bersin sendiri menjadi semacam mekanisme tubuh untuk menolak benda asing seperti bakteri. Sehingga, tubuh bisa akan dari infeksi.

Tetapi, bersin bisa juga muncul di kala kita sedang sakit. Seringnya saat kita mengalami gejala flu.

Dalam kondisi normal, bersin bisa kita alami dalam berbagai situasi maupun kegiatan. Kita pun dianjurkan mengucap lafal hamdalah.

Demikian pula ketika sholat, kita tetap dianjurkan membaca hamdalah ketika bersin. Tetapi, lafalnya tidak sama melainkan seperti di bawah ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Bersin di Tengah Sholat

Doa Bersin di Tengah Sholat© Dream.co.id

Alhamdulillahi hamdan katsiran thoyyiban mubarakan fihi mubarakan 'alaihi kama yuhibbu rabbuna wa yardla.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan diberkahi di dalamnya dan diberkahinya atasnya, sebagaimana Tuhan kami cinta dan ridha."

4 dari 5 halaman

Doa Ketika Salam Dalam Sholat

Dream - Sholat merupakan ibadah inti dalam Islam. Dalam satu hari, kita mendapat kewajiban untuk melaksanakannya selama lima kali pada waktu yang telah ditentukan.

Dengan sholat, kita mengakui diri sebagai hamba Allah. Lewat rukun Islam kedua ini, kita menyembah Allah.

Gerakan sholat diawali dengan takbiratul ikram, sebuah takbir yang dibarengi dengan mengangkat kedua tangan.

Sedangkan sholat diakhiri dengan salam. Gerakan ini dilakukan sembari duduk, lalu menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri.

Dalam salah satu riwayat, Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berdoa usai melakukan salam. Doa tersebut memohon kemuliaan Allah agar kita tidak dihinakan di hari akhir.

Doa ini dibaca setiap kali kita menolehkan kepala saat salam. Tepatnya dibaca setelah lafal 'Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.'

5 dari 5 halaman

Doa Usai Salam

Doa Usai Salam© Dream.co.id

Allahumma la tukhzini yaumal qiyamati wa la tukhzini yaumal ba'si fa inna man tukhzihi yaumal ba'si faqod akhzaitahu.

Artinya,

" Ya Allah, jangan Engkau hinakan aku di hari kiamat, dan jangan Engkau hinakan aku di hari kengerian, karena sesungguhnya orang yang Engkau hinakan di hari kengerian, maka sungguh Engkau telah menghinakannya."

Beri Komentar