Doa Saat Terjadi Perselisihan dengan Keluarga Agar Segera Membaik

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 22 Juni 2020 06:01
Doa Saat Terjadi Perselisihan dengan Keluarga Agar Segera Membaik
Berselisih bisa berdampak buruk pada hubungan keluarga.

Dream - Dalam interaksi dengan orang lain, tidak jarang muncul perselisihan. Sebabnya, setiap manusia punya cara pandang dan kepentingan yang berbeda.

Jangankan dengan orang lain. Dengan keluarga sendiri saja kita bisa berselisih.

Malah dampaknya bisa lebih parah jika terjadi perselisihan dengan keluarga sendiri. Karena akan menyangkut anggota keluarga lainnya.

Yang paling dicemaskan adalah hubungan yang muncul sejak dulu bisa terancam merenggang. Lebih parah lagi, bisa memutus silaturahmi.

Untuk itulah, dianjurkan untuk tidak membuat perselisihan berlarut. Kemudian, membaca doa yang terdapat dalam Surat Al 'Araf ayat 151 agar kita dan saudara diampuni Allah.

1 dari 5 halaman

Doa Saat Berselisih

Doa Saat Berselisih© Dream.co.id

Rabbighfirli wa li akhi wa adkhilni fi rahmatika wa anta arhamur rahimin

Artinya,

" Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Tersesat di Jalan Saat Beribadah di Tanah Suci

Dream - Arab Saudi memang masih menutup akses pelaksanaan ibadah haji maupun umrah tahun ini. Sejumlah negara juga sudah menyatakan tidak mengirimkan jemaah haji tahun ini karena khawatir penularan Covid-19.

Tetapi, bukan berarti haji dan umrah tidak bisa dilakukan selamanya. Insya Allah, Saudi akan kembali membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk haji dan umrah jika pandemi Covid-19 berakhir.

Salah satu persoalan yang kerap muncul pada jemaah Indonesia ketika berhaji atau berumrah adalah tersesat di jalan. Hal ini melanda jemaah di hampir semua usia meski didominasi lanjut usia.

Sebagai pendatang, tersesat di Masjidil Haram wajar terjadi karena bangunan itu memiliki pintu yang sangat banyak. Belum lagi banyak bangunan tinggi di sekitar masjid sehingga menyulitkan seseorang untuk mengingat jalan pulang ke penginapan.

Nah, agar tidak sampai tersesat, dianjurkan membaca doa ini saat berangkat melaksanakan prosesi ibadah haji dan umrah dari penginapan.

 

3 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Tersesat

Doa Tak Tersesat Saat Haji atau Umrah© Dream.co.id

Bismillahi dzisy sya'ni ‘adzimil burhani syadidis sulthoni kulla yaumin huwa fi sya'nin la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah, yang selalu dalam kesibukan, yang agung bukti-bukti kebenaran-Nya, yang kuat kerajaan-Nya, setiap hari Dia dalam kesibukan. Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah, Yang Maha Tinggi dan Maha Agung."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Untuk Santri Berangkat Mondok

Dream - Tahun Ajaran Baru akan berlangsung sebentar lagi. Pemerintah juga telah memutuskan Juli tetap menjadi bulan dimulainya Tahun Ajaran 2020-2021.

Mungkin ada sebagian dari para orangtua tidak memasukkan buah hatinya di institusi pendidikan formal seperti sekolah dan madrasah. Mereka lebih merasa aman jika anak-anaknya menempuh pendidikan di lingkungan pesantren.

Sudah banyak dipahami, Indonesia memiliki banyak sekali pesantren. Tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Pesantren menjadi institusi pendidikan yang kini mulai banyak digemari. Sebab, institusi ini tidak hanya mengajarkan materi formal seperti ilmu-ilmu agama melainkan juga mendidik akhlak para santri.

Nah, saat Juli nanti, sejumlah pesantren mulai menggelar pembelajaran. Meski tidak sedikit juga yang masih tutup dan menunggu pandemi Covid-19 berakhir.

Untuk para orangtua, ajarkan doa ini kepada buah hati saat hendak berangkat mondok.

5 dari 5 halaman

Doa Berangkat Mondok

Doa Berangkat Mondok© Dream.co.id

Nawaitut ta'alluma wat ta'lima wat tadzakkura wat tadzkira wan naf'a wal intifa’a wal istifadata wal hatstsa 'alat tamassuki bi kitabillahi wa sunnati rasulihi wad du'a ilal huda wad dalalata alal khairi ibtighaa wajhillahi wa mardlatihi wa qurbihi wa tsawabihi. Allahumma nawwir bil kitabi bashari wasyrah bihi shadri wasta'mil bihi badani wa athliq bihi lisani wa qowwi bihi janani wa asri' bihi fahmi wa qowwi bihi azmi bi hawlika wa quwwatika fa innahu la hawla wa la quwwata illa bika ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Saya niat belajar dan mengajar, mengingat dan mengingatkan (ilmu), memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, menganjurkan berpegang teguh dengan kitab Allah dan sunah rasul-Nya, menyeru kepada petunjuk, menunjukkan kepada kebaikan, demi mengharap dapat berjumpa dengan Allah dan keridaan serta pahala-Nya. Ya Allah, berilah cahaya pada pandanganku dengan kitab (Mu), dan lapangkan dadaku dengannya, dan gerakkan badanku untuk beramal dengannya, dan gerakkan lisanku untuk berucap dengannya, dan kuatkan dengannya hatiku, dan cepatkan pahamku atasnya, dan kuatkan niatku dengannya, melalui pertolongan dan kekuatan-Mu, karena tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih."

Beri Komentar