Doa Sebelum Mencoblos dalam Pemilu

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 17 April 2019 06:06
Doa Sebelum Mencoblos dalam Pemilu
Mendapat pemimpin yang peduli adalah harapan semua orang.

Dream - Tinggal beberapa jam lagi, ajang Pemilihan Umum akan berlangsung. Seluruh rakyat akan menyalurkan suaranya dalam memilih pemimpin yang dianggap amanah.

Mungkin ada orang yang sudah mantap dengan calon pemimpin pilihannya. Tidak sedikit yang masih ragu dalam menetapkan pilihan.

Ada pula yang merasa enggan memilih karena semua calonnya dianggap tidak sesuai harapan.

Belum lagi kekhawatiran akan adanya pemimpin hasil pemilu yang ternyata tidak memperhatikan nasib rakyatnya.

Tentu, setiap orang bebas memilih yang terbaik. Namun demikian, Allah lah yang menentukan siapa yang bakal terpilih.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa yang tepat dibaca sebelum menyalurkan suara di pemilihan umum. Doa ini dapat dibaca sebelum menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

1 dari 5 halaman

Doa Sebelum Mencoblos

 Doa sebelum mencoblos

Allahumma la tusallith 'alaina bidzunubina man la yakhafuKa wa la yarhamuna

Artinya

" Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami, karena dosa-dosa kami, orang yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami."

(ism)

2 dari 5 halaman

Rasulullah SAW Selalu Doakan yang Baik Pada Para Pembenci

Dream - Rasulullah Muhammad SAW dilahirkan sebagai sosok yang sempurna. Tidak ada cela sedikitpun pada diri Rasulullah, baik dalam perilaku maupun perkataan.

 Cara Rasulullah Hadapi Dedengkot Kafir

Allah SWT memang menyiapkan Rasulullah dengan segala kesempurnaannya. Ini karena Rasulullah menjadi suri teladan bagi segenap manusia, sehingga harus punya banyak sifat baik.

Sebagai manusia, Rasulullah juga punya pembenci. Tetapi, Rasulullah selalu memperlakukan mereka yang membencinya dengan santun.

Salah satunya, tidak pernah muncul ucapan kotor ataupun umpatan kepada semua orang termasuk musuhnya. Malah Rasulullah selalu mendoakan yang baik untuk mereka.

Ada banyak riwayat yang menceritakan hal ini. Seperti riwayat yang dinukil Abdul Mun'im Al Hasyimi dalam bukunya Akhlak Rasul Menurut Al Bukhari dan Muslim.

Ketika umat Islam memenangkan Perang Badar, Rasulullah melarang para sahabat untuk mengumpati korban dari pihak lawan. Rasulullah beralasan umpatan hanya akan menyakiti hari orang yang masih hidup.

 

 

3 dari 5 halaman

Doa Rasulullah, Agar Para Musuh Dapat Hidayah

Dream - Demikian pula yang terjadi ketika Rasulullah bersama sahabat berjalan melewati kaum Tsaqif. Kala itu, salah satu sahabat meminta Rasulullah mendoakan kaum Tsaqif agar dilaknat oleh Allah.

 Lantunkan Doa Rasulullah Ini di Awal Tahun

Apa yang terjadi? Rasulullah menolak permintaan itu dan justru mendoakan yang baik. Doa Rasulullah yaitu agar kaum Tsaqif mendapatkan hidayah.

Kaum Tsaqif adalah penguasa Thaif. Ketika hijrah dari Mekah ke Thaif, Rasulullah berharap perlindungan dari kejaran dan ancaman kaum Quraisy.

Apa yang didapat Rasulullah dan sahabat yang mengiringi justru sebaliknya. Kaum Tsaqif malah melempari Rasulullah dengan batu sampai kaki Rasulullah terluka.

Peristiwa serupa juga terjadi ketika umat Islam kalah dalam Perang Uhud. Kala itu, beberapa sahabat meminta Rasulullah mendoakan kaum Quraisy terkena laknat.

Permintaan itu dijawab sebaliknya oleh Rasulullah.

" Sesungguhnya saya diutus dengan membawa kasih sayang. Saya tidak diutus sebagai tukang melaknat. Ya Allah, ampunilah kaumku karena mereka tidak mengetahui," kata Rasulullah.

Begitulah sifat Rasulullah yang harus kita teladani. Sehingga kita sebisa mungkin tidak mendoakan hal buruk kepada orang yang membenci kita.

Sumber: NU Online

4 dari 5 halaman

Doa Saat Menyaksikan Kabah di Tanah Suci

Dream - Minat generasi muda Islam Indonesia untuk umroh dan berhaji terus menunjukkan peningkatan. Mudahnya perjalanan menuju Tanah Suci serta meningkatnya kemampuan ekonomi menjadi beberapa faktor yang mendorong umroh dan berhaji.

 Kiblat Muslim Dunia, Kabah Pernah Jadi Pusat Berhala

Tidak ada tempat lain yang lebih utama dikunjungi ketika umroh dan haji selain Masjidil Haram. Menyaksikan Kabah tentu merupakan keinginan setiap Muslim.

Mungkin, Kabah bisa dilihat banyak orang lewat foto atau rekaman video. Tetapi, kenikmatan tersendiri jika bisa menyaksikan Kabah secara langsung.

Kabah merupakan bangunan yang diagungkan dalam Islam. Ketika menyaksikan Kabah, dianjurkan untuk membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Doa Menyaksikan Kabah Secara Langsung


  Doa Melihat Kabah

Allahumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta'dziman wa takriman wa mahabatan wa zid man syarafahu wa karamahu mim man hajjahu awi'tamarahu tasyrîfan wata'dziman watakman wabirran.

Artinya,

" Ya Allah, tambahkan lah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan."

(ism)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida