Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Mudah Diamalkan, Jangan Lupa untuk Membacanya!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 13 Januari 2022 11:00
Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Mudah Diamalkan, Jangan Lupa untuk Membacanya!
Setelah menyelesaikan sholat, usahakan meluangkan waktu sejenak untuk membaca doa berikut ini.

Dream – Berdoa adalah bagian dari komunikasi seorang hamba kepada Tuhannya. Melalui doa inilah sahabat Dream bisa menyampaikan apa yang menjadi keinginanmu dan berharap suatu saat akan dikabulkan. Kegiatan berdoa ini juga dilakukan oleh umat Islam, bahkan Islam sendiri juga menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Salah satu waktu yang paling tepat untuk memanjatkan doa adalah setelah sholat fardhu lima waktu, yang terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Jadi, alangkah lebih baik jika sudah menyelesaikan sholat, sahabat Dream tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Tetapi membaca doa sesudah sholat fardhu dengan bersungguh-sungguh.

Dalam Islam sendiri telah diajarkan banyak sekali bacaan doa sesudah sholat fardhu, baik yang panjang maupun yang pendek. Tentunya setiap doa tersebut sangatlah baik untuk diamalkan. Sehingga sahabat Dream bisa memilih doa sesudah sholat fardhu yang menurut kamu mudah dibaca dan dihafalkan.

Untuk mengetahui bacaan doa sesudah sholat fardhu, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Doa sesudah Sholat Fardhu Berupa Bacaan Dzikir

Doa sesudah Sholat Fardhu Berupa Bacaan Dzikir© Unsplash.com

Sahabat Dream tentu pernah melihat umat Islam lainnya yang setelah menyelesaikan sholat, mereka tetap duduk di sajadahnya untuk berdoa. Baik itu di rumah maupun di masjid. Nah, di saat itulah orang tersebut sedang membaca doa sesudah sholat fardhu yang berupa bacaan dzikir. Berikut adalah bacaan dzikir yang bisa sahabat Dream baca setelah sholat fardhu:

Membaca Istitighfar 3 Kali 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ 

Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih.

Artinya: “ Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

Mohon Ampunan dan Memuji Allah SWT

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ 

Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.

Artinya: Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

Mohon Perlindungan dari Siksa Neraka Dibaca 3 Kali 

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan-naar.

Artinya: “ Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka.”

Memuji Allah SWT 

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam. 

Artinya: “ Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan.” (HR. Muslim).

Membaca Tasbih 33 Kali

سبحان الله

Subhanallah.

Membaca Tahmid 33 Kali

الحمد لله

Alhamdulillah. 

Membaca Takbir 33 Kali

الله أكبر

Allahu Akbar. 

Membaca Tahlil 33 Kali

لا إلهَ إِلاَّ اللهُ

Lailaha illallah.

2 dari 3 halaman

Doa sesudah Sholat Fardhu Berupa Bacaan Surat-surat Pendek

 

Doa sesudah Sholat Fardhu Berupa Bacaan Surat-surat Pendek© Unsplash.com

 

Setelah membaca doa sesudah sholat fardhu yang berupa dzikir tersebut, maka sahabat Dream bisa melanjutkannya dengan membaca beberapa surat pendek yang ada dalam Al-Quran. Surat-surat pendek yang biasa dibaca tersebut adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Ayat Kursi. Kesemua surat tersebut sebagian besar umat Islam sudah hafal dan inilah bacaannya:

Surat Al-Ikhlas

Qul huwallaahu ahad. Allaahusshamad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya: “ Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (QS. Al-Ikhlas: 1 – 4).

Surat Al-Falaq

Qul a’uudzu birabbil falaq. Min syarri maa khalaq. Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqaba. Wamin syarrin naffaatsaati fii al’uqadi. Wamin syarri haasidin idzaa hasada.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu subuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakan-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki” (QS. Al-Falaq: 1 -5).

Surat An-Nas

Qul a’uudzu birabbin naas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khannaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas. Minal jinnati wannaas.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (QS. An-Nas: 1 – 6).

3 dari 3 halaman

Doa sesudah Sholat Fardhu Berupa Bacaan Surat-surat Pendek

Ayat Kursi

Allaahu laa ilaaha illaa huu, al hayyul qoyyum, la ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh. Man djalladjii yasyfa’u ’indahuu illa bi idjnih. Ya’lamu maa bayna aydiihim wa maa kholfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syay-im min ’ilmihii illa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiiyyuhussamaawaati wal ardh. Walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wa huwal’aliiyul ’azhiim.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255).

Itulah bacaan doa sesudah sholat fardhu berupa dzikir yang kemudian dilanjutkan dengan membaca beberapa surat pendek dalam Al-Quran. Doa tersebut sangatlah baik diamalkan setelah menyelesaikan sholat. Hal ini sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tentunya mendatangkan pahala untuk diri kita.

Beri Komentar