Doa Setelah Melaksanakan Sholat Sunah Tasbih

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 26 Januari 2022 20:00
Doa Setelah Melaksanakan Sholat Sunah Tasbih
Sholat Sunah Tasbih merupakan amalan yang amat ditekankan para ulama untuk dilakukan.

Dream - Sholat sunah dalam Islam ada banyak sekali. Semuanya sangat dianjurkan untuk dilakukan, sebagai tambahan catatan amal ibadah.

Salah satu sholat sunah yang begitu ditekankan oleh para ulama adalah Sholat Sunah Tasbih. Dinamai demikian karena dalam sholat tersebut kita banyak membaca tasbih.

Sholat sunah ini mengandung banyak keutamaan. Di antaranya mendapat keteguhan hati dan memohon ampunan dari berbagai kesalahan.

Tata laksana sholat ini tidak jauh berbeda dengan sholat sunah lainnya. Bisa dilakukan di malam atau siang hari, dengan dua rakaat salam dua rakaat salam.

Setelah melaksananakan sholat sunah ini, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 4 halaman

Doa Usai Sholat Tasbih

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ حَتَّى أَخْلُصَ لَكَ النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُوْنَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ

Allahumma inni as'aluka taufîqa ahlil huda, wa a'mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa 'azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta'abbuda ahlil wara'i, wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhafak. Allahumma inni as'aluka makhafatan tahjizuni 'an ma'ashika hatta a'mala bi tha'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya'an minka wa hatta atawakkala 'alaika fil 'umuri kulliha wa hatta akuna 'uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur.

Artinya,

" Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara', dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada ridha-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya."

Sumber: NU Online

2 dari 4 halaman

Panduan Lengkap Cara Sholat Tasbih Disertai Bacaan Doa dan Keutamaannya

Dream – Sholat tasbih merupakan salah satu sholat sunah yang di dalamnya banyak dibaca bacaan tasbih. Sholat tasbih juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Banyak keutamaan sholat tasbih jika dikerjakan rutin oleh orang muslim.

Allah SWT telah memerintahkan kepada umat muslim untuk selalu bertasbih kepada-Nya. Salah satunya tertuang dalam Surat Thaha ayat 130.

“ Maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbih-lah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.”

Terkait dasar hukum cara sholat tasbih, dalam berbagai kitab fiqih, para ulama menyebutkan hadis yang memiliki derajat lemah. Namun para ulama Madzhab Syafi’iyah seperti Abu Muhammad Al-Baghawi dan Abul Mahasin Ar-Rayani menetapkan hukum sholat tasbih adalah sunnah. Hal ini seperti yang dituturkan oleh Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar.

Sementara itu, waktu pelaksanaan cara sholat tasbih bisa dilakukan kapan saja, baik siang hari ataupun malam hari, sepanjang tidak pada waktu yang dilarang untuk shalat. Lantas bagaimana cara sholat tasbih yang benar? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat Tasbih

Menurut tuntunan cara sholat tasbih sesuai ajaran Rasulullah SAW., ada 300 kali tasbih yang harus dibaca di dalam sholat sunnah yang satu ini. Bacaan niat dalam cara sholat tasbih siang ataupun malam ada perbedaan sedikit, yaitu pada peletakan salamnya.

1. Niat Sholat Tasbih Siang Hari

Niat sholat sunnah tasbih pada siang hari (4 rakaat dengan 1 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

Usholli sunnatat tasbihi arba’a rak’aatin lillahi ta’alaa

Artinya: Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala.

2. Niat Sholat Tasbih Malam Hari

Niat sholat sunnah tasbih pada malam hari (4 rakaat dengan 2 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

Usholli sunnatat tasbihi rak’ataini lillahi ta’alaa

Artinya: Aku Niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala.

4 dari 4 halaman

Cara Sholat Tasbih Sesuai Sunnah

Setelah mengetahui dan menghafalkan bacaan niat sholat tasbih di atas, maka kamu juga harus mengetahui secara lengkap cara sholat tasbih sesuai sunnah berikut ini:

  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat dari Alquran.
  • Membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW berikut ini: Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar.
  • Ruku’ dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • I’tidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.
  • Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  • Diakhiri dengan salam.
Beri Komentar