Doa Setelah Membaca Al-Quran dan Kumpulan Hadis tentang Keutamaan Membaca Al-Quran

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 14 Mei 2022 18:00
Doa Setelah Membaca Al-Quran dan Kumpulan Hadis tentang Keutamaan Membaca Al-Quran
Umat Islam dianjurkan membaca doa setiap memulai dan mengakiri membaca Al-Quran.

Dream - Al-Quran merupakan landasan sekaligus pedoman hidup bagi umat Islam. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ini sekaligus untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan manusia.

Terdiri dari 30 juz dan 114 surat, Al-Quran dijadikan sebagai hukum Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari manusia. Membaca Al-Quran bernilai ibadah, sehingga sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Sebab Al-Quran memberikan petunjuk jalan yang lurus kepada umat manusia.

Rasulullah SAW bersabda, “ Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Membaca satu huruf Al-Quran bernilai satu kebaikan, kemudian dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Hal ini telah tercantum dalam hadis dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu.

Rasulullah SAW bersabda, " Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan satu huruf 'Alif Laam Miim' akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi)

Begitu besarnya pahala dan kebaikan dari membaca Al-Quran, maka kamu dianjurkan membaca doa setiap memulai dan mengakirinya. Doa setelah membaca Al-Quran diucapkan agar Al-Quran yang kita baca bernilai pahala dan memberikan berkah bagi kehidupan.

Lantas bagaimana bacaan doa setelah membaca Al-Quran? Berikut informasi selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Doa Setelah Membaca Al-Quran

Pada umumnya orang hanya akan membaca shodaqallahul azhim sebagai doa setelah membaca Al-Quran. Kalimat tersebut sebagai penegasan dan memperkuat keyakinan tentang kebenaran firman Allah Swt dalam Al-Quran.

Selain membaca kalimat shodaqallahul azhim, kamu juga bisa mengucapkan doa setelah membaca Al-Quran di bawah ini:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika

Artinya:

“ Maha suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada diri-Mu.”

Doa setelah membaca Al-Quran tersebut sebagaimana disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Nasai. Dalam hadis disebutkan bahwa siapa saja yang mengucapkan kebaikan dengan kalimat tersebut maka amal tadi akan dipatri dengan kebaikan.

Barang siapa yang mengucapkan kejelekan maka kalimat tersebut berfungsi untuk menghapus dosa. Yang dimaksud kalimat dalam hadis ini adalah kalimat 'Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.'

2 dari 4 halaman

Doa Setelah Membaca Al-Quran yang Paling Umum

Selain bacaan di atas, ada pula bacaan doa setelah membaca Al-Quran lainnya. Bahkan doa ini lebih sering dibaca oleh umat Islam.

Mungkin Sahabat Dream juga sudah tidak asing dengan bacaan doa ini. Berikut bunyi doa setelah membaca Al-Quran yang paling umum:

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن

Allhummarhamni bilqur’an. Waj'alhuli imaman wa nuuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya:

“ Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

3 dari 4 halaman

Hadis Keutamaan Membaca Al-Quran

Doa setelah membaca Al-Quran dibaca dengan harapan mendapatkan berkah dari Allah Swt. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan membaca Al-Quran seperti yang tertulis dalam kitab Riyaadhus-Shaalihiin oleh Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, dikutip Dream dari kemenag.go.id:

Membaca Al-Quran bisa menjadi syafaat atau penolong ketika hari kiamat, sebagaimana hadis dari Abu Amamah ra, bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda, " bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat’." (HR. Muslim)

Keutamaan yang kedua adalah orang yang membacanya akan menjadi sebaik-baiknya manusia. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya’.” (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Keutamaan yang selanjutnya adalah orang yang rajin membaca Al-Quran kelak akan bersama malaikat. “ Dari Aisyah ra berkata: bahwa Rasulullah saw bersabda, ‘Orang yang membaca Al-Quran dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya, keutamaan membaca Al-Quran juga akan meningkatkan derajat seorang Muslim di mata Allah Swt. “ Dari Umar bin Khatab ra, Rasulullah saw bersabda: ‘Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Quran), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Itulah bacaan doa setelah membaca Al-Quran dan kumpulan hadis tentang keutamaan membaca Al-Quran. Dengan membaca doa setelahnya, Al-Quran akan menjadi penerangan bagi jalan hidup pembacanya.

Beri Komentar