Doa Setelah Wudhu dan Artinya, Ketahui Juga Sunah yang Dianjurkan oleh Nabi Saw

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 26 April 2022 06:00
Doa Setelah Wudhu dan Artinya, Ketahui Juga Sunah yang Dianjurkan oleh Nabi Saw
Wudhu tak sekadar membasuh beberapa bagian tubuh dengan air. Doa juga merupakan rangkaian ibadah yang didalamnya terdapat doa baik sebelum, saat, maupun setelah berwudhu.

Dream - Wudhu merupakan cara bersuci dari hadas kecil yang ada dalam agama Islam. Wudhu wajib dilakukan ketika seseorang hendak mengerjakan sholat mengaji ataupun saat melakukan thowaf ketika menunaikan ibadah haji atau umroh.

Tak hanya hendak beribadah, wudhu juga sering dilakukan ketika hendak belajar atau saat hendak tidur. Hal ini dilakukan agar tubuh selalu dalam keadaan suci.

Wudhu tak hanya sebatas membasuh air ke beberapa bagian tubuh, melainkan juga terdapat niat dan doa berwudhu yang perlu diketahui. Bahkan terdapat doa sebelum dan setelah wudhu. Berwudhu dengan cara yang benar sesuai ajaran Islam juga bisa menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang dibasuh.

Bacaan doa setelah wudhu menjadi penting agar wudhu yang dilakukan lebih sempurna. Bacaan doa setelah wudhu dan artinya akan dibahas berikut ini.

1 dari 6 halaman

Rukun dan Syarat Wudhu

Rukun Wudhu

Menurut madzhab Imam Syafi'i, terdapat enam rukun wudhu yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Membaca niat wudhu.
  • Membasuh wajah dengan telapak tangan.
  • Membasuh kedua tangan sampai siku.
  • Mengusap sebagian kepala.
  • Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.
  • Tertib atau berurutan.

Syarat Wajib Wudhu

Adapun syarat wajib wudhu adalah sebagai berikut:

  • Beragama Islam.
  • Dapat membedakan yang baik dan yang buruk.
  • Suci dari menstruasi dan persalinan.
  • Tidak ada apa pun di dalam tubuh yang dapat mengubah sifat air, seperti lipstik dan riasan.
  • Tidak ada yang dapat mencegah air menyentuh kulit, seperti cat kuku, lipstik dan lain-lain.
  • Mengetahui mana yang sunah dan mana yang wajib.
  • Air yang diambil untuk wudhu adalah air bersih dan suci (tidak bau, tidak kotor, atau tercampur bahan lain)
2 dari 6 halaman

Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Allah tidak akan menerima sholat seorang Muslim yang sedang berhadas. Hal ini sebagaimana terdapat dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda: “ Allah SWT tidak akan menerima sholat dari salah seorang di antara kamu jika ia sedang berhadas, sehingga ia berwudu.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Ketika berwudhu, Sahabat Dream perlu membaca niat wudhu. Berikut bacaan niat wudhu yang perlu diketahui:

نَوَيْتُالْوُضُوْءَلِرَفْعِالْحَدَثِالْاَصْغَرِفَرْضًاللَِّهِتَعَالَى

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa.

Artinya: “ Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

3 dari 6 halaman

Tak hanya niat, setelah berwudhu kamu juga dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu dan artinya. Kebiasaan membaca doa setelah wudhu dan artinya juga dilakukan oleh Rasulullah saw ketika sedang bersuci. Berikut bacaan doa setelah wudhu dan artinya yang bisa kamu hafalkan dengan mudah:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin.

Artinya:

“ Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

4 dari 6 halaman

Sunah Wudhu

Setelah mengetahui doa setelah wudhu dan artinya, ketahui pula sunnah yang bisa dilakukan saat berwudhu berikut ini:

1. Bersiwak

Sunah sebelum wudhu yang pertama adalah bersiwak. Bersiwak adalah membersihkan gigi dengan tujuan menghilangkan warna kucing dan bau mulut.

Bersiwak sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw, “ Seandainya aku tidak khawatir memberatkan umatku, niscaya telah kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Ahmad dalam Shohibul jami’)

2. Mencuci Kedua Telapak Tangan

Sunah sebelum wudhu yang selanjutnya adalah mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Sebagaimana hadis yang menjelaskan Nabi Saw saat berwudhu:

“ Lalu beliau menuangkan (air) di atas telapak tangannya tiga kali kemudian mencucinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5 dari 6 halaman

3. Berkumur-kumur dan Memasukkan Air ke Hidung

Sunah saat wudhu yang selanjutnya adalah berkumur dan memasukkan air ke hidung atau disebut istinsyaq. Sunah ini juga dilakukan sebanyak tiga kali. Berkumur bertujuan menghilangkan kotoran di mulut.

Penjelasan tentang berkumur dan memasukkan air ke hidung ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini: “ Bahwasanya beliau berkumur-kumur dan istinsyaq dari satu telapak tangan. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali.” (HR. Muslim)

4. Membaca Doa Setelah Wudhu dan Artinya

Dianjurkan membaca doa setelah wudhu dan artinya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya sebagai berikut:

“ Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan sempurna, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu allaa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rosuluhu’ kecuali dibukakan baginya delapan pintu surga dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia suka.” (HR. Muslim)

6 dari 6 halaman

5. Sholat Dua Rakaat setelah Wudhu

Setelah membaca doa setelah wudhu, kemudian Sahabat Dream juga disunahkan mengerjakan sholat sunnah dua rakaat setelah wudhu. Rasulullah Saw melakukan hal tersebut seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim berikut ini:

“ Aku melihat Nabi saw berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian sholat dua rakaat dengan penuh kekhusyukan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah penjelasan tentang doa setelah wudhu dan artinya lengkap dengan syarat, rukun, dan sunah sebelum wudhu.

Saat berwudhu, umat Muslim disarankan untuk melaksanakannya dengan sungguh-sungguh sesuai tata cara yang benar. Sebab jika wudhu tidak sah, maka sholatnya pun otomatis tidak sah pula.

Beri Komentar