Doa Sholat Tahajud, Bertawakal dan Pasrah Pada Allah SWT

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 8 Mei 2019 15:01
Doa Sholat Tahajud, Bertawakal dan Pasrah Pada Allah SWT
Tahajud merupakan ibadah sunah utama.

Dream - Selain sholat fardlu lima waktu, umat Islam dianjurkan mengiringinya dengan sholat sunah. Baik itu sholat sunah sebelum (qabliyah), sesudah (ba'diyah) sholat fardlu ataupun di luar sholat itu.

Di antara sekian sholat sunah, yang paling utama adalah Tahajud. Sholat ini disebut sebagai qiyamul lail atau ibadah malam karena dikerjakan di sepertiga malam terakhir.

Ketika Ramadan, umat Islam mengisi malam hari dengan ibadah sholat Tarawih. Tetapi, sholat tersebut tidak menjadi penghalang pelaksanaan sholat Tahajud.

Artinya, Tahajud bisa dikerjakan meski telah melaksanakan sholat Tarawih. Bisa dengan cara menutup Tarawih dengan Sholat Witir lebih dulu ataupun mengakhirkan Witir usai Tahajud.

Sholat sunah Tahajud merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah ini dapat dijadikan jalan untuk memanjatkan permohonan kepada Allah SWT.

 

1 dari 1 halaman

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud© dream.co.id

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu laka mulkus samawati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samawati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samawaati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaukal haqqu, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wan nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqqun, was saa'atu haqqun, allahumma laka aslamtu, wa bika amantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khashamtu, wa ilaika hakamtu, faghfir lii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu wa ma asrartu wa ma a'lantu, antal muqaddimu, wa antal muakhkhiru, laa ilaha illa anta aw la ilaha ghairuka wa la haula wa la quwwata illa billahi.

Artinya,

" Ya Allah, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi serta apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, milik-Mu lah kerajaan langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa langit dan bumi , milik-Mu lah segala puji, Engkaulah yang benar dan janjimu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga-Mu itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan kiamat itu benar ada. Ya Allah, hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-mu lah aku menghadapi musuh, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosa yang telah aku lakukan dan yang mungkin akan aku lakukan, dosa yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Engkaulah yang Maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah."

Beri Komentar