Doa Sujud Syukur Ketika Mendapat Nikmat Kebahagiaan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 27 Januari 2020 06:00
Doa Sujud Syukur Ketika Mendapat Nikmat Kebahagiaan
Sujud ini sebagai ungkapan syukur atas nikmat yang diberikan Allah.

Dream - Bahagia merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Nikmat lainnya masih banyak lagi.

Setiap manusia tentu punya keinginan. Juga, punya masalahnya sendiri.

Tetapi, keduanya bisa menimbulkan bahagia. Yaitu ketika keinginan yang hampir tidak mungkin terkabul terwujud atau ketika masalah yang sangat berat ternyata menemukan jalan keluar.

Tentunya, setiap kali mendapat nikmat yang membahagiakan kita dianjurkan untuk bersyukur. Jika nikmat tersebut terasa sangat besar, maka dianjurkan untuk sujud syukur.

Ketika sujud, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan lafal zikir mengagungkan Allah SWT.

 

1 dari 5 halaman

Doa Sujud Syukur

 Doa Sujud SyukurDoa Sujud Syukur © Dream.co.id

Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallahu wallahu akbar.

Artinya,

" Maha Suci Allah, segala puji milik Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

2 dari 5 halaman

Doa Dibaca Ketika Sujud Tilawah

Dream - Di antara sekian banyak ayat Al-Qur'an, terselip beberapa ayat yang mengandung keistimewaan. Ayat-ayat itu dikenal dengan ayat sajdah.

Ayat ini dituliskan dengan tanda khusus. Bisa berupa tulisan kecil berbunyi as sajdah, bisa juga gambar kubah yang tercantum di akhir ayat.

Ayat sajdah berisi kalimat yang menyanjung kekuasaan Allah. Juga perintah untuk menyembah-Nya.

Ketika membaca atau mendengar ayat ini, kita dianjurkan untuk bersujud tilawah. Manfaatnya seperti disebutkan dalam sejumlah hadis yaitu setan menghindar dan menangis melihat orang yang sujud karena ayat sajdah.

Saat tilawah, doa yang dibaca adalah sebagai berikut. Doa ini diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Abu Daud, Imam Hakim, Imam Tirmidzi dan Imam Nasa'i.

 

3 dari 5 halaman

Doa Sujud Tilawah

 Doa Sujud TilawahDoa Sujud Tilawah © Dream.co.id

Sajada wajhiya lilladzi kholaqohu, wa showwarahu, wa syaqqo sam'ahu, wa bashorahu bi khaulihi wa quwwatihi fatabarakallahu ahsanul kholiqin.

Artinya,

" Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan. Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta."

4 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi Saat Lakukan Kekeliruan dalam Sholat

Dream - Setiap muslim yang menunaikan sholat selalu dianjurkan untuk menjalaninya dengan khusyuk. Segala hal yang bisa menganggu harus disingkirkan lebih dulu.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang sulit mencapai kekhusyukan. Ketika takbiratul ikram, ada saja pikiran datang mengganggu.

Entah itu ingat letak barang yang dicari atau teringat jawaban tugas yang dikerjakan. Tidak jarang pula membayangkan hal-hal tertentu.

Sering kali pikiran yang tiba-tiba datang itu membuat kita lupa gerakan sholat. Paling sering terjadi adalah jumlah rakaat sholat yang sudah ditunaikan.

Ketika hal ini terjadi, kita dianjurkan untuk melaksanakan sujud sahwi sebelum salam. Sujud dilaksanakan dua kali dengan diselinggi duduk sebentar lalu ditutup salam.

Saat melaksanakan sujud sahwi, berikut doa yang dibaca. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Buhainah RA.

 

5 dari 5 halaman

Doa Sujud Sahwi

 Doa Sujud SahwiDoa Sujud Sahwi © Dream.co.id

Subhana ma la yanamu wa la yashu

Artinya,

" Maha Suci Allah, Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa."

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis