Doa Syukur Agar Dapat Berkah dari Makanan Sebelum Disantap

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 21 Agustus 2020 20:00
Doa Syukur Agar Dapat Berkah dari Makanan Sebelum Disantap
Makanan termasuk salah satu nikmat Allah.

Dream - Tak bisa kita pungkiri, makanan merupakan sebagian dari rezeki kita. Makanan juga merupakan bentuk nikmat yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.

Lezatnya makanan tak hanya membuat hati kita tentram. Fisik kita pun menjadi kembali kuat untuk beribadah maupun bekerja.

Mungkin banyak orang menganggap makanan adalah persoalan sepele. Sebabnya, mereka merasa begitu mudah mendapatkan nikmat satu ini.

Padahal, makanan memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Tanpa makanan, fungsi tubuh terganggu dan menjadikan kita kesulitan beraktivitas.

Sepatutnyalah kita memanjatkan syukur atas makanan yang didapatkan. Agar semakin berkah, dianjurkan membaca doa ini sebelum makan.

1 dari 5 halaman

Doa Syukur Sebelum Makan

Doa Syukur Sebelum Makan© Dream.co.id

Subhanaka ma ahsana ma tabtalina subhanaka ma ahsana ma tu'thina rabbana wa rabba abainal awwalin.

Artinya,

" Maha Suci Engkau, alangkah baik apa yang Engkau ujikan kepada kami. Maha Suci Engkau, alangkah baik apa yang Engkau berikan kepada kami, wahai Tuhan kami dan Tuhan nenek moyang kami yang terdahulu."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Niat Puasa 10 Hari Pertama Muharram

Dream - Tahun 1441H sudah berlalu dan kita saat ini berada di awal tahun 1442H. Selain itu, kita juga menjalani hari-hari di awal Muharram.

Sebagai bulan pembuka tahun, Muharram mengandung banyak keutamaan. Sehingga ada banyak amalan yang dianjurkan dilakukan di bulan ini.

Salah satu amalan tersebut yaitu puasa sunah di 10 hari awal Muharram. Anjuran ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk Muharram saja melainkan semua bulan dalam kalender Islam.

Sebab, terdapat keutamaan yang terkandung di sepertiga awal bulan. Momen tersebut dapat kita manfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ketika berniat puasa Muharram, dianjurkan membaca lafal ini.

 

3 dari 5 halaman

Niat Puasa Muharram

Doa Niat Puasa Muharram© Dream.co.id

Nawaitu shauma mukharramin sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa Muharram, sunah karena Allah Ta'ala."

4 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun Baru Hijriah, Semoga Diberi Keberkahan

Dream - Tepat pada Maghrib tadi, kalender Hijriah telah berubah tahun. Kini kita berada di tanggal 1 Muharram 1442H.

Awal tahun membawa harapan baru bagi kita semua. Tentu, kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

Terutama dalam hal agama. Kita ingin di tahun yang baru dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kita juga berharap semua hajat hidup dapat terkabul. Baik urusan agama maupun urusan duniawi.

Di momen awal tahun ini, mantapkan hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan lupa, baca doa ini agar dapat menjalani tahun baru dengan penuh khidmat.

 

5 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun

Doa Awal Tahun© Dream.co.id

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadllikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu, Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Beri Komentar