Doa Syukur Atas Nikmat Kesehatan yang Diterima

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 30 September 2020 20:00
Doa Syukur Atas Nikmat Kesehatan yang Diterima
Kesehatan, salah satu nikmat Allah yang kerap kita abaikan.

Dream - Kesehatan, tidak bisa kita pungkiri, adalah salah satu nikmat yang sangat berarti. Nikmat ini merupakan karunia Allah yang begitu besar manfaatnya.

Kita merasakan betul begitu bermanfaatnya kesehatan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan tubuh yang sehat, kita bebas beraktivitas. Terutama lagi dalam melakukan kebaikan.

Sayangnya, kita seringkali tidak menyadari arti pentingnya kesehatan. Kita baru sadar ketika merasakan sesuatu yang tidak beres pada tubuh.

Di tengah pandemi Covid-19, kita perlu menjaga kesehatan agar tidak tertular. Selain itu, patut pula kiranya kita bersyukur atas nikmat kesehatan dari Allah dengan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Bersyukur Atas Kesehatan

Doa Syukur Atas Kesehatan© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan dikhirat lindungilah aku dari siksa neraka."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Selalu Diberi Akhlak yang Baik

Dream - Akhlak menjadi penentu bagaimana seseorang menjalani hidupnya. Akhlak baik akan selalu jadi patokan sekaligus sifat yang harus menjadi pegangan seseorang.

Seseorang yang memiliki akhlak baik dapat menghadirkan manfaat pada diri seseorang bahkan hingga orang lain. Akhlak ini akan mengarahkan orang untuk condong pada kebaikan. Juga berusaha melakukan hal baik dan bermanfaat.

Sebaliknya, akhlak buruk membuat manusia cenderung menyukai hal-hal yang sifatnya merugikan. Terutama pada hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama.

Tetapi, bukan perkara mudah untuk dapat memiliki akhlak baik dan selalu melakukan amalan kebaikan. Oleh karena itu, sepatutnya kita memohon kepada Allah agar selalu diberi akhlak baik lewat doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Akhlak Baik

Doa Akhlak Baik© Dream.co.id

Allahumma ahdini li ahsanil a'mal, wa ahsanil akhlaq, la yahdi li ahsaniha illa anta, wa qini sayyiil a'mal, wa sayyiil akhlaq, la yaqi sayyiaha illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku untuk berbuat sebaik-baik amalan, sebaik-baik akhlak, tidak ada yang bisa menunjuki untuk berbuat sebaik-baiknya kecuali Engkau. Dan lindungi kami dari jeleknya amalan dan jeleknya akhlak, dan tidak ada yang melindungi dari kejelekannya kecuali Engkau."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Saat Berada dalam Situasi Sulit

Dream - Kita mungkin pernah punya pengalaman berada dalam situasi serba sulit. Tak tahu apa yang harus dilakukan.

Situasi sulit dapat memeras akal dan emosi. Kita bahkan sampai kelelahan dalam menghadapinya.

Kekhawatiran demi kekhawatiran datang bergantian. Membuat hidup jadi tidak tenang.

Tidak sedikit orang yang akhirnya memanfaatkan segala cara agar bisa keluar dari situasi sulit. Bahkan sampai berani menghalalkan segala cara.

Tentu langkah tersebut pantang dilakukan oleh seorang Muslim. Meski sulit, kita tidak boleh menghalalkan segala cara.

Ketika berada dalam situasi sulit, dianjurkan membaca doa ini. Insya Allah, kita akan segera terbebas dari kondisi tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Doa Lepas dari Situasi Sulit

Doa Dalam Situasi Sulit© Dream.co.id

Ya wasi'u ya 'alimu ya dzal fadhlil 'adzim, in tamsasni bi dhurrin fala kasyifa lahu illa anta wa in turidni bi khoirin fala radda li fadhlika tushibu bihi man tasyau min 'ibadika wa antal ghafurur rahim.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Luas, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui, wahai Dzat Yang Memiliki keutamaan yang agung, jika Engkau menimpakan kemudaratan padaku maka tidak ada yang bisa menghilangkannya kecuali Engkau. Dan jika Engkau menghendaki kebaikan padaku maka tidak ada yang bisa menolak terhadap karunia-Mu. Engkau memberikan kebaikan itu pada orang yang Engkau kehendaki dari hamba-hamba-Mu, dan Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar