Doa Syukur Saat Terbangun dari Tidur dari Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 18 Januari 2021 06:01
Doa Syukur Saat Terbangun dari Tidur dari Rasulullah
Bangun tidur, menandakan kita bangkit dari kematian ringan.

Dream - Ketika bangun tidur, kita merasakan badan yang ringan. Segala lelah sirna berkat tidur semalam. Tubuh kembali segar seperti semula. Kita pun siap beraktivitas kembali.

Bangun tidur menjadi saat yang tepat untuk mengingat Allah. Menandakan kita masih diberi kesempatan untuk menjalani hari dan berbuat amal.

Sejatinya, tidur adalah kematian ringan. Kita kehilangan daya gerak maupun berpikir saat tidur, meski sebenarnya tubuh kita masih berfungsi.

Untuk itu, dianjurkan untuk membaca salah satu doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Sinni dari Abu Hurairah RA.

1 dari 5 halaman

Doa Bangun Tidur© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi kholaqon nauma wa yaqdhota, alhamdulilllahil ladzi ba'atsani saliman sawiyya, asyhadu annallaha yuhyil mauta wa huwa 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan tidur dan jaga. Segala puji bagi Allah Yang telah membangunkan diriku dalam keadaan selamat dan sempurna. Aku bersaksi bahwa Allah SWT yang menghidupkan orang yang mati, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

2 dari 5 halaman

Doa Melancarkan Rezeki Seret, Dibaca Ketika Keluar Rumah

Dream - Saat ini mungkin menjadi masa bagi sebagian orang mengalami seretnya rezeki. Situasi memang sedang sulit.

Meski begitu, kita tetap membutuhkan pemasukan. Minimal untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok.

Kita tentu perlu tetap berusaha. Semata agar dapur tetap mengebul.

Tentunya, usaha tersebut dilakukan dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini.

Saat keluar rumah, baca doa ini agar rezeki yang seret menjadi lancar.

 

3 dari 5 halaman

Doa Rezeki Seret© Dream.co.id

Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radldlini bi qadla'ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta, wa la ta'khira ma ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

Sumber: NU Online

4 dari 5 halaman

Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Siksa Akhirat, Dibaca Sebelum Tidur

Dream - Hari Akhir, tidak ada yang bisa menyangkal keberadaannya. Pn demikian, tidak ada pula yang tahu kapan terjadinya.

Ketika hari itu tiba, seluruh kehidupan akan berhenti. Perhitungan akan amal manusia akan dimulai.

Di hari itu, seluruh makhluk dibangkitkan. Setiap makhluk mendapatkan ganjaran atas apa yang telah dilakukannya semasa hidup.

Tidak ada yang bisa menghindar dari siksa Allah yang sangat pedih. Hanya tumpukan catatan amal baik yang bisa menyelamatkan kita.

Karena pedihnya siksa itu, Rasulullah Muhammad SAW rajin membaca doa ini setiap akan tidur. Berharap agar dihindarkan dari azab yang pedih.

 

5 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Siksa© Dream.co.id

Allahumma qini 'adzabika yauma tab'atsu 'ibadaka.

Artinya,

" Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau bangkitkan para hamba-Mu."

Sumber: NU Online

Beri Komentar