Doa Bersyukur Terlepas dari Masa-Masa Sulit

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 2 Januari 2020 18:00
Doa Bersyukur Terlepas dari Masa-Masa Sulit
Bisa melewati masa-masa sulit tentu membuat hidup terasa nyaman.

Dream - Berada di masa-masa penuh kesulitan menjadi ujian hidup bagi seseorang. Tentu kondisi ini membuat seseorang merasa tertekan.

Entah karena bencana atau musibah, masa sulit menjadi pemicu gejolak emosi. Namun demikian, seseorang tetap diharuskan menahan diri dengan bersabar dan tabah.

Misalnya ketika terjadi banjir besar atau tanah longsor. Hal itu menimbulkan banyak kerugian.

Seseorang bisa kehilangan harta benda yang sudah lama didapatnya. Jika tidak bersabar, kondisi ini bisa memicu ketegangan batin maupun fisik.

Lepas dari masa-masa sulit menjadi kebahagiaan tersendiri. Perasaan lega muncul seiring hadirnya kemudahan usai kesulitan.

Ketika lepas dari masa-masa sulit, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut merupakan Surat Al Mukminun ayat 28-29.

1 dari 5 halaman

Doa Lepas Dari Masa Sulit

 Doa Lepas dari Masa Sulit© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi najjana minal qaumidz dzalimin. Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khairul munzilin.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.

2 dari 5 halaman

Doa Saat Melihat Bulan di Malam Hari

Dream - Bulan mungkin jadi penghias malam. Bulan tampak indah saat dipandang di malam gelap.

Namun demikian, malam bisa berubah menjadi saat yang mengerikan. Banyak kejahatan terjadi di malam hari, termasuk segala perbuatan sihir.

Di sebagian masyarakat, sihir menjadi ancaman yang kerap ditakuti. Praktik sihir masih lestari hingga saat ini meski zaman sudah modern.

Karena kebencian tidaklah mengenal zaman. Kapanpun kebencian bisa muncul dan menjelma menjadi kejahatan.

Saat melihat bulan di malam hari, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut adalah surat Al Falaq.

 

3 dari 5 halaman

Doa Lihat Bulan

 Doa Lihat Bulan© Dream.co.id

Bismillahir rahmanir rahim. Qul a'udzu bi rabbil falaq. Min syarri ma kholaq. Wa min syarri ghosiqin idza waqob. Wa min syarrin naffatsati fil 'uqod. Wa min syarri hasidin idza hasad.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah; Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh. Dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

4 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun Baru Agar Terlindung dari Keburukan

Dream - Dalam beberapa jam lagi, kita menyambut datangnya tahun baru masehi. Segala harapan menjadi lebih baik tersemat di tahun selanjutnya.

Pergantian tahun dialami oleh semua orang. Bergantinya tahun merupakan penanda kehidupan yang terus berjalan.

Alam beraktivitas seperti biasa, dengan waktu yang terus berjalan ke depan. Hal tersebut berpengaruh terhadap kebiasaan manusia baik fisik maupun kejiwaan.

Yang muda semakin menua, yang kecil mendewasa. Tumbuhan bersemai hingga panen terjadi. Semua kejadian di alam terjadi secara berulang berdasarkan garisnya.

Bagi seorang mukmin, pergantian tahun membawa harapan untuk pribadi yang lebih baik. Meninggalkan segala keburukan dan kekurangan masa sebelumnya dan membuka lembaran baru kehidupan.

Ketika tahun baru, dianjurkan untuk memanjatkan doa agar menjadi pribadi lebih baik di masa mendatang.

5 dari 5 halaman

Doa Awal Tahun

 Doa Awal Tahun© Dream.co.id

Allahumma antal ilahul qodim, wa hadzihi sanatun jadidah. Fa as'aluka fihal 'ishmata minas syaithon, wal quwwata 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighola bi ma yuqorribuni ilaika ya karim, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Ya Allah, Engkaulah Tuhan Yang Maha Terdahulu. Hari ini adalah tahun yang baru. Maka aku memohon kepada-Mu perlindungan dari setan, kekuatan mengendalikan hawa nafsu dari amarah yang buruk, dan disibukkan dengan sesuatu yang mendekatkanku kepada Engkau, Yang Maha Mulia, Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan."

Beri Komentar