Doa Syukur yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari dan Manfaat Bersyukur kepada Allah SWT

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 13 Mei 2022 13:01
Doa Syukur yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari dan Manfaat Bersyukur kepada Allah SWT
Salah satu wujud syukur kita kepada Allah SWT adalah dengan memanjatkan doa.

Dream – Sebagai umat manusia, tentunya kita menyadari bahwa ada banyak sekali hal yang didapatkan selama ini. Di mana apa yang kita dapatkan tersebut adalah nikmat dan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Misalnya saja tubuh yang sehat, udara yang segar, alam yang indah, keluarga yang harmonis, rezeki yang melimpah, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai umat Islam selalu bersyukur kepada Allah SWT. Karena semua pemberian Allah SWT tersebut bisa terus kita nikmati secara gratis. Bentuk rasa syukur tersebut bisa sahabat Dream lakukan dengan cara memanfaatkannya sebaik mungkin dan memanjatkan doa syukur kepada-Nya. Nah, doa syukur tersebut bisa kamu baca setelah menyelesaikan sholat fardhu.

Berikut adalah beberapa doa syukur yang bisa kamu amalkan sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Doa Syukur yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari

Doa Syukur yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari© Shutterstock.com

Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu bersyukur kepada Allah SWT. Salah satu wujud syukur itu bisa sahabat Dream lakukan dengan cara berdoa. Berikut adalah beberapa doa syukur yang bisa kamu panjatkan setiap hari:

Doa Syukur Atas Nikmat Allah SWT

Ada banyak sekali nikmat yang diberikan Allah SWT kepada setiap manusia. Nikmat-nikmat itu pun tidak bisa dihitung seberapa banyaknya dan bahkan tak ada manusia yang mampu untuk membalasnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai umat Islam harus pandai-pandai bersyukur atas pemberian nikmat tersebut. Berikut adalah bacaan doa syukur atas nikmat Allah SWT yang bisa sahabat Dream panjatkan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya:Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, dan bagi-Mu segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Doa Syukur Diberi Kecukupan Rezeki

Rezeki yang diberikan Allah SWT kepada setiap manusia tidak hanya berupa materi saja. Tetapi memiliki kesehatan yang baik, keluarga yang harmonis juga adalah bagian dari rezeki. Nah, rezeki-rezeki yang kita dapatkan tersebut hendaknya disyukuri. Berikut adalah bacaan doa syukur diberi kecukupan rezeki yang bisa sahabat Dream amalkan:

الحمدللهالذيكفاناالمؤنتىوأوسعلنارزقا

Alhamdulillahil ladzi kafanal mu'nata wa awsa'a lanar rizqa.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah, Dzat yang telah mencukupkan sandang pangan kami dan telah memperluas rezeki kepada kami.”

Doa Syukur Atas Kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat membuat kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik dan nyaman. Oleh karena itu, kesehatan tubuh haruslah dijaga dengan sebaik mungkin. Dan tak lupa juga untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT melalui bacaan doa syukur atas kesehatan berikut ini:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِالنَّهَارِ وَجَاءَ بِاللَّيْلِ سَكَنًا نِعْمَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ مِنَ الشَّاكِرِينَ الْحَمْدُ اللَّهِ الَّذِي عَافَانِي فِي يَوْمِي هَذَا فَرُبَّ مُبْتَلًى قَدِ ابْتُلِيَ فِيمَا مَضَى مِنْ عُمْرِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِيمَا بَقِيَ مِنْهُ وَفِي الْآخِرَةِ وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya:Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan di akhirat lindungilah aku dari siksa neraka.”

2 dari 2 halaman

Manfaat Bersyukur kepada Allah SWT

Manfaat Bersyukur kepada Allah SWT© Shutterstock.com

Perintah untuk bersyukur kepada Allah SWT tentunya memiliki alasan tersendiri. Di mana seorang hamba yang mengungkapkan rasa terima kasihnya melalui bersyukur kepada Allah SWT, maka akan mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat bersyukur kepada Allah SWT yang penting sahabat Dream ketahui:

Hidup Jadi Penuh Berkah

Manfaat bersyukur yang pertama adalah menjadikan hidup penuh berkah. Di mana dengan bersyukur, itu tandanya orang tersebut merasa mendapatkan rezeki yang cukup. Bahkan rezeki tersebut bisa mendatangkan manfaat untuk orang lain dan hal tersebut juga akan mendatangkan berkah bagi orang yang memilikinya.

Dihindarkan dari Penyakit Hati

Manfaat bersyukur berikutnya adalah bisa dihindarkan dari penyakit hati. Misalnya saja iri hati, dengki, sombong, dan dendam. Karena penyakit hati tersebut bisa memberikan dampak yang buruk bagi diri sendiri. Di mana ada rasa tidak tenang dalam hidupnya. Bahkan Allah SWT sendiri pun tidak suka dengan orang yang memiliki penyakit di hatinya.

Dijanjikan Surga

Orang yang bersyukur, maka Allah SWT telah berjanji akan memberikan surga kepada orang tersebut. Karena surga sendiri adalah tempat di mana hal-hal baik berada, yakni orang yang yang beriman dan bertakwa. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

Sesungguhnya Allah SWT berfirman: ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.” (HR. Bukhari).

Nikmatnya Ditambah

Allah SWT juga berjanji bahwa orang yang bersyukur akan ditambah nikmatnya. Sedangkan orang yang selalu iri dan suka mengeluh, maka kesengsaraan pun akan dirasakan. Manfaat ini dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Ibrahim ayat 7 berikut:

وَاِذْتَاَذَّنَرَبُّكُمْلَىِٕنْشَكَرْتُمْلَاَزِيْدَنَّكُمْوَلَىِٕنْكَفَرْتُمْاِنَّعَذَابِيْلَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

Beri Komentar