Doa Tegar Hadapi Kegagalan

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 29 Februari 2020 18:03
Doa Tegar Hadapi Kegagalan
Kegagalan memang menyakitkan, tetapi tetap harus dihadapi.

Dream - Setiap rencana mengandung potensi keberhasilan sekaligus kegagalan. Kita tidak pernah bisa memastikan mana yang akan terjadi.

Manusia memang punya kemampuan untuk menyusun rencana. Tetapi, berhasil tidaknya adalah urusan Allah.

Bisa jadi, rencana yang disiapkan secara matang ternyata berantakan dan gagal. Bahkan kegagalan yang terjadi begitu berat bebannya.

Tentu, menghadapi kegagalan terasa menyakitkan. Di titik tertentu, kegagalan bisa menguras emosi.

Tetapi, bukan ciri orang beriman jika sampai tersulut emosi ketika mengalami kegagalan. Dia akan memasrahkan segala sesuatu kepada Allah, lalu bangkit dan kembali berusaha.

Ketika menghadapi kegagalan, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Hadapi Kegagalan

 Doa hadapi kegagalan© Dream.co.id

Qaddarallahu wa ma sya a fa'ala

Artinya,

" Allah telah menentukan takdirnya dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Mandiri dalam Berbisnis

Dream - Setiap manusia dituntut untuk berusaha dalam mencari rezeki. Dengan rezeki yang didapat, manusia bisa memenuhi kebutuhannya.

Mungkin kita pernah mendengar petuah berbunyi " rezeki terbaik adalah rezeki yang dihasilkan dari keringat sendiri." Petuah ini berisi pesan mengenai keutamaan mandiri dalam mencari rezeki.

Mandiri dalam hal ini menggunakan segenap potensi diri. Tidak peduli apakah bekerja kepada orang lain maupun dengan melakukan usaha sendiri.

Dengan sikap mandiri, kita dapat berusaha sekuat tenaga tanpa mengandalkan orang lain. Kemandirian juga melahirkan sikap profesional.

Sikap mandiri memang perlu dilatih sejak awal. Selain itu, dianjurkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW untuk memohon rezeki yang halal.

 

3 dari 5 halaman

Doa Kemandirian Berusaha

 Doa Mandiri Berusaha© Dream.co.id

Allahumma ya ghaniyyu ya hamîd, ya mubdi'u wa yu'îd, ya rahimu ya wadud. Aghnini bi halalika 'an haramik, wa tha'atika 'an ma'shiyatik, wa bi fadhlika 'amman siwak.

Artinya,

" Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu."

4 dari 5 halaman

Doa Menolak Wabah Penyakit

Dream - Bala, salah satu bentuk musibah yang bisa dialami siapapun. Kejadian ini bisa berbentuk segala macam.

Bala bisa datang dalam bentuk kejadian buruk yang mengubah nasib seseorang secara drastis. Bisa pula dalam bentuk wabah penyakit.

Datangnya bala sebenarnya bisa dicegah. Caranya dengan memperbanyak ibadah agar lebih dekat kepada Sang Pemberi Hidup.

Selain itu, bala juga bisa ditangkal dengan amalan shaleh. Salah satunya memperbanyak dan menggiatkan sedekah.

Tak hanya itu, doa bisa menjadi jalan agar terhindar dari bala'. Doa ini bisa dibaca untuk mencegah bala, terutama wabah penyakit.

 

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Terhindar Dari Segala Bala

 Doa Tolak Bala© Dream.co.id

Allahumma bikhaqqil fatihah wa sirril fatihah, ya farijal hammi ya kashifal ghommi, ya mal li'abdihi yaghfiru wa yarhamu, wa ya dafi'al bala i ya allahu ya rahmanu, wa ya dafi'al bala i ya allahu ya rahim.

Artinya,

" Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al Fatihah, wahai Pemberi Jalan Keluar, Wahai Pembuka atas kegelisahan, wahai Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai Penolak Bala Ya Allah wahai Pengasih, wahai Penolak Bala Ya Allah wahai Penyayang."

Sumber: NU Online

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup