Doa Terhindar dari Tabiat Mengulangi Kesalahan yang Sama

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 5 April 2020 18:00
Doa Terhindar dari Tabiat Mengulangi Kesalahan yang Sama
Seringkali kita tanpa sadar melakukan kesalahan.

Dream - 'Keledai tidak akan pernah jatuh di lubang yang sama'. Ungkapan ini mungkin bukan hal baru dari kita. Ungkapan ini kerap digunakan untuk mengingatkan orang agar tak mengulangi kesalahan yang sama.

Setiap orang tentu berusaha agar tidak melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Tetapi, terkadang tanpa sadar kita justru melakukannya.

Ketika hal itu terjadi, tentu akan menimbulkan penyelasan. Kita perlu memohon ampunan kepada Allah dan menyesalinya.

Tak hanya itu, kita perlu menguatkan niat untuk tidak lagi melakukannya. Kita juga dianjurkan untuk membaca doa ini agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

1 dari 5 halaman

Doa Tak Ulangi Kesalahan

Allahumma inni astaghfiruka mimma tubtu ilaika minhu summa udtu fihi wa astaghfiruka mimma ja'altahu ala nafsi summa la uffi bihi laka wa astaghfiruka mima za'amta anni aradtu bihi wajhaka fakhalit qalbi minhu ma qad amiltu.

Artinya,

" Ya Tuhan, aku memohon maaf kepada-Mu dari apa-apa yang telah aku sesali kemudian aku mengulanginya, dan aku memohon maaf atas apa yang telah Engkau tetapkan namun ku tak melakukannnya, dan aku memohon ampun atas dugaanku terhadap-Mu yang membuat hatiku resah."

2 dari 5 halaman

Doa Mohon Kelancaran Rezeki di Tengah Himpitan Pandemi Corona

Dream - Saat ini, sebagian dari saudara kita mungkin mengalami kesulitan mencari rezeki. Salah satu penyebabnya, pandemi virus corona.

Banyak orang diminta berdiam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sejumlah instansi pemerintah maupun perusahaan swasta mewajibkan karyawan bekerja dari rumah.

Demikian pula yang terjadi pada dunia pendidikan. Aktivitas belajar mengajar dijalankan jarak jauh melalui jaringan internet.

Sayangnya, ada sebagian saudara kita yang bisa terus berada di rumah. Mereka harus berada di luar rumah untuk mencari nafkah.

Para pedagang asongan, pedagang sayur, dan seluruh pekerja sektor informal terkena dampak dari wabah ini. Pendapatan mereka turun drastis akibat semakin sedikit orang belanja ataupun bepergian ke luar rumah.

Dalam kondisi ini, hal yang bisa dilakukan adalah memohon kepad Allah agar situasi kembali pulih dan virus corona segera lenyap. Agar rezeki dapat lancar diterima, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Kelancaran Rezeki

Doa Kelancaran Rezeki© dream.co.id

Allahumma ya ghoniyu ya mughni aghnini ginan abadan wa ya 'azizu ya mu'izzu a'izzani bi-i'zazin 'izzata qudratika, wa ya muyassiral umuri yassir li umurad dun-ya waddini ya khoira man yurja ya Allah.

Artinya,

" Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, Ya Allah."

4 dari 5 halaman

Doa Nabi Ibrahim Ketika Ditimpa Kemalangan

Dream - Tak ada yang bisa menjamin seseorang terbebas dari kemalangan. Meskipun sudah berhati-hati, kemalangan tetap saja bisa datang.

Penyebab kemalangan bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena kelalaian atau kecerobohan, bisa jadi karena berbuatan yang keliru.

Tertimpa kemalangan membuat seseorang merasa sulit. Dia bisa terluka ataupun harta benda dan apapun yang dicintainya hilang.

Dalam kondisi ini, dia akan berada dalam situasi sulit. Tidak jarang orang tertekan karena mengalami kesusahan ditimpa kemalangan.

Ada baiknya membaca doa yang dilafalkan Nabi Ibrahim AS ketika tertimpa kemalangan akibat ulah Firaun. Doa tersebut terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 73.

 

5 dari 5 halaman

Doa Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ibrahim© dream.co.id

Khasbunallah wa ni'mal wakil.

Artinya,

" Cukuplah Allah menjadi Penolong kamu dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."

Beri Komentar