Doa Terhindar dari Rasa Malas yang Kerap Mengganggu Ibadah dan Aktivitas

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 2 Juni 2022 06:01
Doa Terhindar dari Rasa Malas yang Kerap Mengganggu Ibadah dan Aktivitas
Salah satu cara untuk melawan kemalasan adalah dengan doa.

Dream - Rasa malas sering datang kapan saja yang bisa mengganggu aktivitas. Ketika kerjaan menumpuk, rasa malas akan sangat merugikan.

Inilah mengapa Rasulullah Saw mewanti-wanti umatnya untuk menghadapi dua hal yait sehat sebelum sakit dan waktu luang sebelum waktu sempit.

Sebab kemalasan bisa datang kapan saja, terutama pada saat sehat dan saat memiliki banyak waktu luang. Orang yang menyia-nyiakan dan bermalasan pada saat sehat dan punya banyak waktu luang, tentu saja akan sangat merugi.

Maka dari itu kaum Muslim dianjurkan untuk selalu semangat dan sebisa mungkin melawan rasa malas. Salah satu cara untuk melawan kemalasan adalah dengan doa. Doa terhindar dari rasa malas wajib kamu baca setiap hari agar kamu dianugerahi semangat untuk menjalani aktivitas.

Adapun bacaan doa terhindar dari rasa malas akan dipaparkan Dream di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Doa Terhindar dari Rasa Malas

Rasa malas adalah musuh terbesar manusia, baik malas untuk bekerja, belajar maupun malas untuk beribadah. Padahal rasa malas bisa menghancurkan manusia dari dalam. Kesempatan besar akan hilang begitu saja jika manusia terlena dengan kemalasan.

Rasulullah Saw telah mengajarkan kepada umatnya tentang doa terhindar dari rasa malas yang menghambat manusia untuk maju dan berkembang.

Mengutip dari laman NU Online, doa ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memohon perlindungan dengan berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya:

“ Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

2 dari 3 halaman

Doa Terhindar dari Rasa Malas dalam Beribadah

Sholat merupakan kewajiban bagi kaum Muslim yang harus dilakukan sebanyak lima kali sehari. Tak hanya sholat fardhu, seorang muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan sunnah lainnya.

Begitu banyak manfaat dan keutamaan ibadah, namun manusia kerap dilanda kemalasan dan bosan dalam beribadah. Semangat dalam beribadah akan naik turun sepanjang waktu. Sehingga umat Islam pelru menyikapinya dengan benar dan tepat. Sebab rasa malas bisa menjauhkan diri dari Sang Pencipta.

Maka dari itu Sahabat Dream perlu membaca doa agar terhindar dari rasa malas dalam beribadah. Untuk memicu semangat dalam beribadah, dianjurkan rutin membaca doa ini sebagaimana dikutip Dream dari Bincang Syariah berikut ini:

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَٰلِمُ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ ۖ هُوَ ٱلرَّحْمَٰنُ ٱلرَّحِيمُ

Huwallahul ladzi la ilaha illa huwa 'alimul ghaibi wasy syahadati huwar rahmanur rahim.

Artinya:

" Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

3 dari 3 halaman

Itulah bacaan doa terhindar dari rasa malas yang perlu dipanjatkan kaum Muslim. Selain membaca doa, kita juga perlu menyadarkan kepada diri sendiri betapa pentingnya menyegerakan suatu pekerjaan.

Sebab menunda pekerjaan sejatinya adalah bagian dari bisikan setan untuk menyebarkan virus kemalasan kepada anak cucu Adam.

Maka dari itu seseorang harus bertakwa kepada Allah SWT dan tidak boleh menunggu hari esok untuk melakukan apa yang diinginkan. Membaca doa terhindar dari rasa malas bisa membantumu mengatasi kemalasan yang melanda.

Beri Komentar