Doa Terhindar dari Sakit Akibat Makanan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 September 2021 20:00
Doa Terhindar dari Sakit Akibat Makanan
Semua makanan itu baik dan menyehatkan, hanya kita perlu mengatur polanya agar tidak jadi sakit.

Dream - Makanan dikonsumsi agar tubuh kita jadi sehat dan kuat. Dari asupan berupa makanan ataupun minuman yang kita konsumsi setaiap hari akan berubah menjadi sumber energi untuk membantu beraktivitas.

Mereka yang memiliki kondisi badan sehat tentu tidak khawatir mengonsumsi apapun. Semua bisa disantap tanpa rasa takut. Tentu saja semua dilakukan dengan terlebih dahulu memanjatkan doa sebelum makan agar asupan apapun menjadi berkah ketika disantap

Beda cerita bagi orang dengan masalah kesehatan tertentu. Menu makanan atau minuman yang akan dikonsumsi harus diseleksi dengan baik. Jangan sampai bahan-bahan makanan itu memicu munculnya penyakit dalam tubuh.

Misalnya, orang dengan gejala darah tinggi atau stroke tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Atau penderita gangguan kesehatan tertentu. 

Setelah memastikan makanan tersebut aman, kita juga berikhtiar dengan senantiasa mengucapkan doa agar terhindar dari kandungan buruk makanan ketika hendak menyantapnya.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga pola makan. Selain itu, juga berdoa agar kita terhindar dari sakit akibat makanan dengan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Tak Sakit Akibat Makanan

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمَا رَزَقْتَنَا مِمَّا نُحِبُّ وَاجْعَلْهُ عَوْنًا لَنَا إِلَى مَاتُحِبُّ وَمَا زَوَيْتَ عَنَّا مِمَّا نُحِبُّ اِجْعَلْهُ فَرَاغَا لَنَا فِيْمَا تُحِبُّ

Allahumma shalli ala muhammadin wa ala ali muhammadin wa ma razaqtana mimma nu hibbu waj alhu aunan lana ila ma tuhibbu wa ma zawaita 'anna mimma nihubbu, ij'alhu faraghalana fima tukhibbu.

Artinya,

" Ya Allah, sampaikan shalawat dan salam kami kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, dan sampaikanlah apa yang telah Engkau berikan rezeki kepada kami dari apa yang kami cintai."

Sumber: Bincang Syariah.

2 dari 5 halaman

Doa Usai Menikmati Makanan Hantaran Orang

Dream - Hantaran termasuk salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Saling berbagi makanan jadi momen mengesankan terutama ketika menyambut Idul Fitri maupun Idul Adha.

Di luar dua Hari Raya tersebut, hantaran juga kerap dilakukan. Seperti ketika perayaan ulang tahun pernikahan, tasyakuran, dan lain sebagainya.

Hantaran dimaksudkan untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan. Dengan harapan, orang yang menerima hantaran turut merasakan kebahagiaan si pemberi.

Tidak bisa kita pungkiri, hantaran memang mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Kita bisa menikmati makanan yang lezat pemberian orang lain.

Kepada mereka yang memberikan hantaran, kita dianjurkan untuk membalasnya. Salah satunya dengan membacakan doa ini setelah menikmati hidangan hantaran.

 

3 dari 5 halaman

Doa Menikmati Hantaran

اَللَّهُمَّ اَكْثِرْ مَالَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيْمَا رَزَقْتَهُ وَيَسِّرْ لَهُ اَنْ يَفْعَلَ فِيْهِ خَيْرًا وَقَنِّعْهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَهُ وَاجْعَلْنَا وَاِيَّاهُ مِنَ الشَّاكِرِيْنَ

Allahumma aktsir malahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, permudahlah padanya untuk melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah kelapangan hati padanya agar menerima rezeki yang Engkau berikan padanya, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Agar Terhindar dari Kandungan Buruk Makanan bagi Tubuh

Dream - Makanan termasuk salah satu kenikmatan dunia. Tetapi, makanan juga bisa menjadi penentram batin.

Ketika makan, kita akan merasa tenang dan senang. Kemudian, segala kekhawatiran hilang dan kita bisa beribadah dan bekerja dengan nyaman.

Tetapi, tidak bisa kita pungkiri ada kandungan dalam makanan yang bisa berdampak buruk pada tubuh. Apalagi jika tubuh kita mengalami penyakit tertentu.

Misalnya, penderita kolesterol tentu harus berhati-hati makan daging. Atau penderita hipertensi, tentu harus menghindari makanan terlalu asin agar tekanan darah tidak naik.

Nah, itu sebagian contoh dampak buruk makanan pada tubuh. Agar terhindar dari dampak tersebut, biasakan membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Dampak Buruk Makanan

بِسْم ِاللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الاَرضِ وَلاَ فِي السَّمَاء وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْم

Bismillahil ladzi la yadlurru ma'asmihi syaiun fil ardli wa la fis samai wa huwas sami'ul 'alim.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui."

Sumber: Laduni.id

Beri Komentar