Doa Tidur agar Mendapatkan Mimpi Indah dan Ayat-ayat yang Disunahkan Membacanya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 2 Desember 2021 18:01
Doa Tidur agar Mendapatkan Mimpi Indah dan Ayat-ayat yang Disunahkan Membacanya
Demi terhindar dari mimpi buruk, doa tersebut bisa dibaca sebelum tidur.

Dream – Setelah lelah beraktivitas seharian, maka tidur menjadi istirahat yang paling tepat. Sahabat Dream bisa merebahkan tubuh, memejamkan mata, dan berhenti untuk memikirkan hal-hal berat sejenak. Nah, di saat tidur ini tentunya setiap orang ingin mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas kan?

Selain menyediakan tempat tidur yang bersih dan nyaman, sahabat Dream juga jangan lupa untuk memanjatkan doa tidur. Baik itu sebelum maupun sesudah bangun. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah membaca doa tidur agar bisa memimpikan hal-hal indah.

Karena tidak sedikit orang yang pernah mengalami mimpi buruk dalam tidurnya dan cukup mengganggu pikiran setelah bangun. Untuk menghindari hal tersebut, maka doa tidur ini jangan sampai lupa untuk kamu baca ya, sahabat Dream.

Berikut adalah doa tidur agar mendapatkan mimpi indah yang disertai dengan artinya sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa Tidur agar Mimpi Indah

Doa Tidur agar Mimpi Indah© Freepik.com

Saat sedang tidur, hadirnya mimpi memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Namun pastinya setiap orang berharap bisa mimpi yang indah dan terhindar dari mimpi buruk. Karena jika sudah mimpi buruk, biasanya akan terus dipikirkan bahkan sampai menimbulkan rasa cemas dan takut.

Agar sahabat Dream bisa mendapatkan mimpi yang indah dalam tidurnya, berikut adalah doa tidur yang bisa kamu panjatkan:

Nu’minu billahi natsiqu billahi naruddu umurana ilallahi wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.”

Artinya: Kami beriman kepada Allah, kami percaya kepada Allah, kami mengembalikan semua urusan kami kepada Allah, cukup bagi kami Allah, Dia adalah sebaik-baik penolong, dan tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

2 dari 3 halaman

Ayat-ayat Al-Quran yang Disunahkan Membacanya sebelum Tidur

Selain membaca doa tidur agar mendapatkan mimpi yang indah, dalam Islam juga disunahkan untuk membaca beberapa ayat Al-Quran sebelum tidur. Ayat-ayat apa saja yang perlu sahabat Dream baca?

Ayat Kursi

Ayat pertama yang disunahkan membacanya sebelum tidur adalah ayat kursi. Sebagaimana kisah dari Abu Hurairah RA yang saat itu bermimpi bertemu dengan pencuri zakat:

إذا أويتَ إلى فراشِكَ فاقرأ آيةَ الكرسي ، فإنه لن يزالَ معكَ من اللّه تعالى حافظ ، ولا يقربَك شيطانٌ حتى تُصْبِحَ

Artinya: Jika Engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi. Jika Engkau membacanya, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai subuh tiba.”

2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Ayat lainnya yang disunahkan dibaca sebelum tidur adalah 2 ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah. Melalui hadis Abu Mas’ud Al Anshari, Rasulullah saw bersabda:

مَن قَرَأَ بِالآيَتَينِ مِن آخِرِ سُورَةِ البَقَرَةِ فِي لَيلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: Siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari, maka keduanya akan mencukupinya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Al-Ikhlas dan Mu’awwidzatain

Sunah yang selanjutnya sebelum tidur adalah membaca surat Al-Ikhlas dan mu’awwidzatain (surat An-Naas dan Al-Falaq). Setelah membaca surat-surat tersebut, lalu meniupkannya pada kedua telapak tangan dan diusapkan pada seluruh badan sebanyak tiga kali.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari ibu ‘Aisyah RA:

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيلَةٍ جَمَعَ كَفَّيهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُل هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) و ( قُل أَعُوذُ بِرَبِّ الفَلَقِ ) و ( قُل أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ، ثُمَّ يَمسَحُ بِهِمَا مَا استَطَاعَ مِن جَسَدِهِ ، يَبدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأسِهِ وَوَجهِهِ وَمَا أَقبَلَ مِن جَسَدِهِ ، يَفعَلُُ ذَلكَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ

 Artinya: “ Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya ketika akan tidur di setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian meniup keduanya dan membaca (Qul huwallahu’ahad) dan (Qul a’udzubi rabbil falaq) dan (Qul a’udzubirobbin nass). Kemudian mengusap tubuh dengan keduanya semaksimal mungkin, dimulai dari kepala dan wajahnya, serta bagian depan tubuhnya. Hal itu dilakukan sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

3 dari 3 halaman

Hal yang Dianjurkan saat Mimpi Baik

Hal yang Dianjurkan saat Mimpi Baik© Freepik.com

Setelah mengatahui bagaimana doa tidur agar bisa mendapatkan mimpi yang indah, selanjutnya adalah cara untuk meresponse ketika mendapatkan mimpi indah tersebut. Ada beberapa anjuran yang bisa sahabat Dream lakukan dan tentunya hal ini berdasarkan dengan hadis. Berikut adalah beberapa hal yang dianjurkan jika sahabat Dream mengalami mimpi yang baik sebagaimana dikutip melalui nu.or.id:

Memuji Allah SWT

Hal pertama yang perlu sahabat Dream lakukan ketika mengalami mimpi baik atau mimpi indah adalah memuji nama Allah SWT. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Ad-Darim sebagai berikut:

الرُّؤْيَاالصَّالِحَةُمِنَاللَّهِ،فَإِذَارَأَىأَحَدُكُمْمَايُحِبُّفَلْيَحْمَدِاللَّهَ،وَلَايُحَدِّثْبِهَاإِلَّامَنْيُحِبُّ

 Artinya: Mimpi baik itu dari Allah, jika kalian bermimpi sesuatu yang kalian suka maka memujilah pada Allah dan jangan kalian ceritakan mimpi itu kecuali pada orang yang juga menyukainya.” (HR. Ad-Darimi).

Melalui hadis tersebut disebutkan bahwa setelah mengalami mimpi baik, sahabat Dream dianjurkan untuk memuji Allah SWT dengan cara mengucapkan “ Alhamdulillah”. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur karena dalam tidurmu sudah dihadirkan indahnya mimpi.

Merasa Bahagia

Saat mengalami mimpi yang baik, maka sahabat Dream dianjurkan untuk merasa bahagia dengan mimpi tersebut. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Muslim berikut ini:

فَإِنْرَأَىرُؤْيَاحَسَنَةً،فَلْيُبْشِرْ

Artinya: “ Jika kalian bermimpi baik, maka berbahagialah” (HR. Muslim)

Tidak Menceritakan Mimpi

Hal lainnya yang dianjurkan ketika mengalami mimpi baik adalah tidak menceritakan mimpi yang kamu alami tersebut pada orang yang tidak menyukainya. Dalam hadis riwayat Muslim pun juga telah dijelaskan tentang anjuran ini:

 وَلَايُخْبِرْإِلَّامَنْيُحِبُّ

Artinya: dan jangan ceritakan kecuali pada orang yang juga turut menyukainya” (HR. Muslim)

Dijelaskan dalam kitab Mirqah al-Mafatih, Syekh ‘Ali bin Muhammad al-Qari telah menafsirkan bahwa yang dimaksud golongan orang-orang yang menyukai adalah seperti, para ulama, orang-orang sholeh, dan para kerabat.

Di luar dari ketiga orang tersebut, maka dikhawatirkan cerita mimpi tersebut tersampaikan pada orang yang salah dan akan memunculkan fitnah dan iri yang bisa menjadi bahaya untuk diri sendiri.

Beri Komentar